Masih Pake CorelDraw? Ini 3 Kekurangannya

Di kalangan para desainer grafis, ada satu software yang sudah sangat terkenal dan banyak digunakan. Apa Itu? CorelDraw. Ya, software editor gambar berbasis vektor ini sudah sangat familier bagi orang yang belajar desain.

Banyak sekolah dan juga lembaga pendidikan keterampilan yang mengajarkan desain dengan CorelDraw. Penulis sendiri mengenal dan belajar software ini sejak masih di bangku SMA.

CorelDraw memang powerful untuk membuat berbagai desain grafis, seperti desain logo, banner, spanduk, cover buku, brosur, pamflet, dan sebagainya. Selain mudah digunakan, hasil desainnya pun berkualitas bagus.

Meski demikian, ternyata software sekelas CorelDraw masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Apa Saja Kekurangan CorelDraw?

Baca Juga : Dahsyat, Bikin Desain Keren Cuma Pake PowerPoint

3 Kekurangan Software CorelDraw

1. Membutuhkan Resource Komputer yang Besar

Image Source : Google Image

CorelDraw termasuk software yang berat, karena ukuran software-nya memang begitu besar ningga bergiga-giga. Konsekuensinya, Anda harus menyediakan komputer / laptop yang memiliki spesifikasi (spek) DEWA, yaitu spek yang mumpuni (tinggi).

Setidaknya RAM nya minimal 8 GB dengan processor yang handal, misal Intel Core i7 agar CorelDraw bisa digunakan dengan lancar, tanpa ngadat / nge-hang.

Jika spek komputer Anda rendah, misal RAM nya hanya 4 GB apalagi 2 GB, siap-siap frustasi. Komputer atau laptop Anda hampir bisa dipastikan akan sering Not Responding atau Nge-hang.

Jadi, kalau Anda ingin menggunakan software CorelDraw untuk membuat desain grafis, pastikan komputer atau laptop Anda memiliki spek yang mumpuni.

2. Harganya Super Mahal

Software CorelDraw dengan lisensi yang resmi, harganya sangat mahal. Misalnya CorelDraw Graphics Suite 2019 harganya kisaran Rp 7 jutaan. Woow, Gila!

Bisa Anda cek sendiri, harga CorelDraw sebesar $569. Jika kita konversikan ke rupiah dengan kurs 14.000 perdolar, maka harganya adalah 569*14.000 = 7.966.000.  Hampir 8 jutaan, sangat mahal.

Bagi Anda yang tidak memiliki budget sebesar itu, CorelDraw sangat tidak direkomendasikan. Gunakan saja tools / software lain yang lebih murah dan mudah.

Baca Juga : Mahir Desain Grafis dengan Adobe Illustrator, Ini Panduannya

Di akhir artikel ini, saya akan memberitahu kepada Anda software alternatifnya yang tak kalah powerful. Bahkan lebih powerful dari CorelDraw. So, pastikan baca sampai akhir ya. 😀

Mungkin ada yang bisik-bisik begini …

Kan versi bajakannya banyak mas di Internet? Hemm, hargailah karya dan kerja keras orang lain bos. Belilah yang lisensi resmi saja, biar bisnis Anda lebih berkah. Setuju? :D

3. Susah Membuat Tabel

Image Source : Google Image

Membuat objek tabel akan sangat mudah ketika Anda menggunakan aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word. Apalagi jika menggunakan Microsoft Excel, pasti lebih mudah lagi.

Berbeda ketika Anda ingin membuat tabel di CorelDraw. Anda perlu melakukan banyak langkah hanya untuk membuat 1 tabel saja di CorelDraw. Membuat tabel di CorelDrwa cukup menyulitkan, karena dilakukan secara manual.

Itulah 3 kekurangan CorelDraw ketika Anda ingin membuat desain grafis. Nah, sekarang apakah ada solusi dari 3 kekurangan CorelDraw tersebut?

Pastinya ada dong, mau tahu?

Solusi Software Desain Grafis Selain CorelDraw

Horee… Solusinya adalah menggunakan software aplikasi PowerPoint (PPT). Lho kok PPT mas, bukannya PPT itu aplikasi untuk presentasi?

Baca Juga : Tools Desain Grafis Ini Lebih Murah dan Ringan Daripada CorelDraw

Ya, betul. PowerPoint merupakan aplikasi yang fungsi utamanya untuk membuat file-file presentasi.

Tetapi, itu fungsi PPT yang paling dasar. Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang terus update, kini PPT sudah multifungsi.

PPT bertransformasi menjadi aplikasi yang serbaguna, bukan sekadar bikin presentasi saja. Anda bisa membuat beragam desain grafis yang menarik dan berkualitas tinggi hanya dengan PPT saja.

Berikut ini 3 transformasi fungsi PPT yang luar biasa :

1. Bisa untuk Membuat Video

Ini benar-benar luar biasa. Hanya dengan PPT, Anda bisa membuat aneka video yang mengesankan, seperti video company profile, video promosi, video undangan, dll.

Bikin video yang menarik, sekarang tidak harus menggunakan software editing video yang berat dan harganya mahal. Cukup menggunakan PPT pun jadi.

2. Bisa untuk Membuat Video Animasi

Selain video biasa, Anda juga bisa membuat video animasi menggunakan PowerPoint. Video animasi ini lebih mengesankan dari video biasa. Dengan animasi, video Anda terlihat lebih dinamis dengan adanya objek-objek gambar bergerak.

3. Bisa untuk Membuat Beragam Desain Grafis

Nah, ini juga luar biasa. Ternyata PowerPoint bisa juga untuk membuat aneka desain grafis. Anda bisa membuat desain logo, banner promosi, brosur, pamflet, dan semisalnya dengan sangat mudah menggunakan PowerPoint.

PowerPoint kini bisa menjadi alternatif terbaik bagi Anda untuk membuat beragam jenis desain grafis. Benar-benar sangat mudah, ringan, dan praktis.

Kerennya lagi, Anda juga bisa membuat beragam template desain grafis menggunakan PowerPoint. Template desain adalah format desain yang sudah jadi serta tinggal edit gambar dan konten desain sesuai kebutuhan.

Misalnya template desain promosi Instagram, tempate desain video undangan, template desain Instagram Story, dan sebagainya.

Baca Juga : Sudah Coba Fitur Fingerprint Lock di WA? Begini caranya ..

Pertanyaanya adalah ….
Bagaimana Cara Membuat Desain Grafis Menggunakan PowerPoint?

Taraa …
Anda bisa langsung belajar banyak di Jago PowerPoint.

Jago PowerPoint adalah video panduan lengkap cara membuat desain grafis dan video dengan mudah hanya menggunakan PowerPoint.

GABUNG JAGO POWERPOINT SEKARANG

Inilah panduan yang akan mengajarkan Anda dasar-dasar desain grafis menggunakan PowerPoint.

Jika Anda sudah menguasai materi di Jago PowerPoint ini, Anda akan bisa membuat template-template desain grafis dalam format PPT. Seperti template-template berikut ini :

1. Fabolous PowerPoint Template
2. Desain Suite
3. Wedding Suite
4. InstanPPT Creator, dll

Kini sudah banyak orang yang menghasilkan uang dari jualan template desain grafis maupun template video dalam format Powerpoint.

Template-template tersebut sangat praktis, mudah, dan cepat untuk membuat berbagai desain promosi maupun video promosi, sehingga banyak orang yang membutuhkan.

Baca Juga : Cara Bikin Toko Online Keren Langsung Di Whatsapp

Nah, Jago PowerPoint ini akan mengajarkan Anda untuk membuat template-template desain grafis dan video animasi dengan PowerPoint dari nol.

Dengan menguasai skill desain PowerPoint, Anda bisa membuat template-template desain apapun yang Anda inginkan, seperti template desain promo Instagram, template undangan nikah, template video promosi, dan masih banyak yang lainnya.

Kemudian, template-template karya Anda tersebut bisa Anda jual dan menghasilkan uang. Jualan template desain grafis dalam format PowerPoint kini menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Anda bisa menjual template-template tersebut di Ratakan.

GABUNG JAGO POWERPOINT DI SINI

Jago PowerPoint berisi lebih dari 70 video yang terbagi ke dalam 12 Modul berikut ini :

1. Modul #1 : Membuka PowerPoint (5 Video)
2. Modul #2 : Bekerja dengan Slide (5 Video)
3. Modul #3 : Bekerja dengan Teks (7 Video)
4. Modul #4 : Bekerja dengan Shape (10 Video)
5. Modul #5 : Bekerja dengan Picture (12 Video)
6. Modul #6 : Letak dan Posisi (3 Video)
7. Modul #7 : Efek Animasi (8 Video)
8. Modul #8 : Musik dan Suara (3 Video)
9. Modul #9 : Transisi (4 Video)
10. Modul #10 : Chart (1 Video)
11. Modul #11 : Hasil Akhir (3 Video)
12. Modul #12 : Praktek-Praktek (11 Video)

GABUNG JAGO POWERPOINT DI SINI

Saatnya Anda jago bikin desain dengan PowerPoint dan hasilkan uang dari PowerPoint. Bikin desain grafis tidak harus menggunakan CorelDraw yang harganya supermahal, cukup gunakan PowerPoint saja. Mudah, Murah, dan Ringan. Mau Coba Sekarang?

Tinggalkan komentar

Inilah Kursus Teknik SEO Terlengkap, Rahasia Terdalam dari Dunia SEO Saya Bongkar di Sini. Anda Bisa Dengan Mudah Merangkingkan Kata Kunci Apapun Di Search Engine.