4 Keuntungan Mempunyai Produk Digital Sendiri

Finanzas-startup

Masih banyak orang yang belum tahu mengenai produk digital, jadi produk digital itu seperti apa.. Nah produk digital sendiri adalah produk non fisik atau file digital yang dapat dipresentasikan melalui perangkat digital, contohnya seperti karya tulisan (ebook), lagu, aplikasi, game, gambar dan lain sebagainya. Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan perkembangan dunia internet yang semakin canggih menjadi alasan yang sangat kuat mengapa produk digital ini akan memiliki pasar bisnis yang sangat kuat.

Pertanyaan yang paling mendasar “Apakah kita akan terus menjadi konsumen atau mulai mencoba membuat karya kita sendiri ?“. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan kemudahannya dalam mengakses internet hal tersebut bukan lah menjadi suatu perkara yang sulit untuk menciptakan produk digital sendiri. Disini ada beberapa keuntungan jika kita mempunyai produk digital sendiri biar yaitu sebagai berikut :

1. Hemat Biaya Produksi

Sebagai contohnya seperti seorang Penulis yang ingin menjual hasil karyanya. Bisa dibandingkan dengan menjual buku secara offline dan online. Jika penulis tersebut menjual hasil karyanya secara offline, membutuhkan biaya percetakan yang tidak sedikit, meskipun lewat jasa publisher sharing profit yang didapatkan juga tidak banyak karena terpotong biaya produksi.

Akan tetapi tidak sepenuhnya membuat produk digital itu tidak membutuhkan biaya produksi sama sekali, namun secara umum semua produk digital membutuhkan biaya yang relatiF ebih kecil dibanding jika dipasarkan dalam bentuk fisik. Keuntungan lain yang masih berhubungan dengan proses produksi adalah kemudahan dalam memperbanyak produk. Tinggal copy paste dan kita sudah mendapatkan file yang bisa diunduh berkali-kali, keuntungan yang tidak dimiliki produk fisik tentunya.

2. Keuntungan Harga Tambahan

Baca juga  Tips Memasarkan Produk Digital di Internet

Dalam dunia bisnis, ada yang disebut dengan up selling. Up selling adalah biaya tambahan yang harus dibayarkan untuk mendapatkan produk tambahan yang masih berhubungan dengan produk sebelumnya. Pada umunya, hal ini ditemukan di aplikasi game atau mobile. Jika dapat memanfaatkan sistem up selling tentu produk digital ini akan mendapatkan pemasukan yang banyak.

3. Mudahnya Membuat Jaringan Bisnis

Keuntungan lain dalam memasarkan produk digital secara online adalah membangun jaringan bisnis. Seperti yang kita ketahui dalam proses pemasaran online ada banyak alat untuk mengembangkannya seperti media sosial, email dan forum online. Sehingga produk digital akan mudah cepat diakses.

4. Bantuan Marketplace Penjualan

Marketplace adalah layanan produk yang menjembatani penjualan produk digital yang dijual secara online, contohnya adalah google play store yang menjadi marketpalce di android. Kelebihan lain adalah tidak perlu membangun sendiri toko online, pembelian aplikasi akan diproses secara otomatis dan pemasukan akan langsung pada pengembang aplikasi.

Tinggalkan komentar