5 Alasan Kenapa Anda Membutuhkan Asisten Virtual

Kebanyakan pemilik bisnis kecil mempertanyakan apakah mereka perlu mendapat bantuan tambahan untuk melakukan pekerjaan. Baik ketika Anda baru memulai bisnis, ingin memperluasnya, atau hanya ingin jadi lebih teratur dan efisien, kebutuhan untuk mendelegasikan tugas administratif jadi masalah yang biasa.

Menyadari kalau Anda membutuhkan bantuan adalah bagian yang mudah, tapi membuat keputusan bagaimana cara mendapat bantuan ini akan sedikit sulit. Apakah lebih baik mempekerjakan pegawai di kantor atau Anda membutuhkan asisten virtual? Apakah asisten virtual efektif dari segi harga? Apa manfaatnya bagi bisnis Anda bila Anda menggunakan asisten virtual?

Berikut ini alasan kenapa Anda perlu mempekerjakan asisten virtual dan dampak positifnya terhadap bisnis serta keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda:

Menggunakan asisten virtual bisa menghemat uang Anda

Photo credit: Google

Waktu Anda sangat berharga. Misalnya, bila Anda bisa menghasilkan uang 1 juta per jam dan Anda menggunakan waktu ini untuk mengurus tugas-tugas kecil, bukan membayar orang lain sebesar 100 ribu per jam, Anda akan mengalami kerugian.

Waktu Anda seharusnya dihabiskan untuk mengerjakan tugas penting yang tidak bisa digantikan oleh orang lain dan membuat bisnis semakin maju. Setelah Anda mendelegasikan tugas yang memakan waktu ke virtual asisten, peningkatan produktivitas dan penjualan potensial bisa punya dampak berarti terhadap bisnis dan budget Anda.

Menggunakan asisten virtual menghemat waktu Anda

Photo credit: Google

Anda hanya punya beberapa jam dalam sehari, apa Anda akan menggunakannya untuk mengerjakan tugas yang paling produktif, atau apakah waktu yang Anda miliki terpakai untuk mengurus email dan penjadwalan yang tak ada habisnya?

Sebuah penelitian menunjukkan, mendelegasikan tugas yang kurang produktif bisa menghemat hingga seperlima waktu produktif Anda setiap hari. Ini berarti penghematan satu hari penuh dalam seminggu.

Baca juga  Platform Blogging Terbaik Untuk Pemula

Anda bisa manfaatkan waktu untuk melakukan lebih banyak penjualan atau terhubung dengan lebih banyak orang. Atau Anda bisa menyeimbangkan pekerjaan dengan punya waktu untuk prioritas personal seperti pergi ke gym atau menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Mendelegasikan tugas kecil membantu Anda lebih baik menggunakan waktu yang berharga.

Asisten virtual tidak serumit pegawai in-house

Photo credit: Google

Ada waktunya Anda perlu mempekerjakan orang di kantor. Tapi bila Anda tidak membutuhkan tugas fisik seperti mengganti toner printer atau menandatangani paket kiriman, menggunakan asisten virtual jadi pilihan yang lebih tepat.

Biasanya menemukan pegawai yang tepat butuh proses perekrutan, training, dan pemecatan yang akan Anda ulangi hingga menemukan yang tepat. Ini sangat makan biaya, baik waktu dan uang, dan bisa punya efek negatif pada budaya kerja kantor Anda.

Dengan ada asisten virtual Anda bebas dari pemberian gaji bulanan serta tunjangan, dan tidak perlu ruang kantor atau peralatan. Menggunakan layanan asisten virtual membuat Anda mendapat keuntungan dengan memperoleh bantuan yang Anda butuhkan dengan mudah.

Anda bisa gunakan asisten virtual sesuai kebutuhan

Photo credit: Google

Banyak bisnis dan pengusaha kecil tidak punya cukup banyak tugas untuk dikerjakan oleh satu orang pegawai full time. Bisnis lain mungkin butuh lebih banyak bantuan saat periode sibuk, tapi kemudian membutuhkan lebih sedikit atau tidak membutuhkan bantuan sama sekali saat masa senggang.  Beberapa bisnis hanya butuh bantuan untuk durasi projek tertentu.

Jadi kenapa membayar orang dengan gaji untuk bekerja 40 jam seminggu bila Anda hanya membutuhkan mereka beberapa jam saja? Dengan layanan asisten virtual Anda punya pilihan untuk menggunakan jasa mereka untuk beberapa jam seminggu, atau beberapa jam dalam sehari, dan Anda bisa sesuaikan seiring perubahan kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga  Harap Untuk Mengganti Email Yahoo Anda

Fleksibilitas dalam menyesuaikan jumlah jam kerja asisten virtual memastikan Anda hanya membayar apa yang Anda butuhkan.

Menggunakan jasa asisten virtual meningkatkan produktivitas dan membantu menghindari stres

Photo credit: Google

Ketika Anda menjalankan bisnis berskala kecil, Anda melakukan banyak tugas, dan bertanggung jawab untuk berbagai macam tugas bisa membuat Anda merasa kewalahan. Bila setiap hari Anda merasa lelah bekerja tapi tidak memperoleh pencapaian yang berarti, kemungkinan produktivitas Anda terhalang oleh begitu banyak tugas-tugas kecil.

Bagaimana bila ada cara untuk mengurus tugas-tugas kecil yang memakan waktu, tapi sangat membantu Anda membuat keputusan penting?

Misalnya, bila Anda perlu melakukan perjalanan untuk konferensi bisnis, memiliki asisten virtual yang melakukan pencarian penerbangan dan pilihan hotel terbaik serta booking atas nama Anda membuat Anda leluasa fokus mempersiapkan konferensi dan koneksi yang akan Anda lakukan di sana.

Atau bila Anda membutuhkan riset artikel blog, memiliki asisten yang membantu menemukan topik dan informasi terbaru yang paling relevan berarti Anda tidak buang waktu untuk hal lain yang tidak Anda gunakan.

Punya orang lain yang melakukan hal kecil dari tugas yang lebih besar membantu Anda fokus pada tugas besar sekaligus menghindari kelelahan membuat keputusan, jadi Anda bisa lebih produktif dan tidak terlalu stres.

Bagaimana memilih asisten virtual?

Photo credit: Google

 

Langkah terbaik adalah dengan menggunakan website terpercaya. Kebanyakan situs ini memiliki sistem ulasan dan rating yang mengindikasikan seberapa terpercaya jasa asisten virtual mereka.

Tiap asisten virtual akan mengatakan mereka bisa melakukan apa yang perlu Anda lakukan, tapi tidak semua orang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan. Coba lihat rating mereka sebelum mereka bekerja untuk Anda.

Untuk bisa memilih asisten virtual yang tepat, pertama Anda perlu memutuskan tugas apa yang akan Anda berikan ke calon asisten yang akan Anda pekerjakan. Anda bisa cari bantuan perusahaan asisten virtual profesional, atau mencarinya sendiri.

Baca juga  Kursus Digital Marketing Murah

Agensi asisten virtual

Photo credit: Google

Ada beberapa perusahaan asisten virtual yag bisa memahami keinginan Anda dan memiliki kandidat yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Pertama, asisten virtual harus bisa menguasai semua pekerjaan administratif, dan perlu jadi customer service yang baik juga, agar pelanggan Anda tidak akan merasa kecewa. Skill tambahan bisa berupa manajemen projek, web research, dan manajemen media sosial.

Kebanyakan asisten virtual untuk bisnis punya skil yang dibutuhkan dan juga bisa menulis, berkomunikasi, menyusun email, dan mengerjakan tugas akunting dasar. Anda pertama perlu putuskan skill apa yang Anda butuhkan yang harus dimiliki asisten virtual.

Anda juga peru putuskan berapa jam kerja yang perlu dipenuhi asisten virtual. Lebih baik Anda spesifik di semua persyaratan dan membuatnya dalam bentuk tertulis.

VitGramBot Tools Instagram Otomatis, asisten virtual untuk membantu pekerjaan Anda di Instagram tiap harinya. Tanpa harus menginstall software, menyewa hosting, membeli domain! Bisa Anda lakukan dimana saja. Tanpa Biaya Bulanan.

2 pemikiran pada “5 Alasan Kenapa Anda Membutuhkan Asisten Virtual”

Tinggalkan komentar

Pengin Dapat Passive Income? Download GRATIS Ebook "Rahasia Passive Income dari Produk Digital"

Bikin Sekali, Untungnya Berkali-Kali.

Dengan ini Anda akan otomatis berlangganan Newsletter dari Blog Ratakan.