5 Keunggulan Sistem Pembayaran Digital yang Perlu Anda Ketahui

Transaksi non-tunai di Indonesia kini semakin berkembang dan mulai menemukan momentumnya seiring perkembangan ekonomi digital dan ecommerce.

Munculnya beberapa perusahaan financial technology (fintech) di Indonesia yang menyediakan sistem pembayaran digital, semakin memudahkan masyarakat untuk bertransaksi non-tunai.

Perusahaan fintech yang dimaksud di antaranya GoPay, OVO, Dana, dan LinkAja. Empat fintech tersebut kini menjadi pemain besar di ranah penyedia sistem pembayaran digital di Indonesia.

Masyarakat pun sudah mulai banyak yang menggunakan uang digital untuk membayar berbagai kebutuhan, seperti beli pulsa, paket data, pesan makanan, hingga membayar berbagai tagihan bulanan.

Sebenarnya, layanan pembayaran digital di Indonesia sudah dirintis cukup lama, lebih dari 10 tahun yang lalu. Perintisnya adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi.

Baca Juga : Omzet 39 Juta dalam 1 Minggu dengan Biaya Promosi Cuman 300 Ribuan

Dimulai oleh Telkomsel yang merilis layanan T-Cash pada tahun 2007 yang kemudian disusul Indosat pada tahun 2008 dengan layanan Dompetku. Tak mau ketinggalan, provider XL Axiata pada tahun 2012 merilis XL Tunai.

Ketika itu, teknologi aplikasi mobile belum begitu berkembang, sehingga layanan pembayaran digital yang berkembang masih menggunakan teknologi USSD (Unstructured Supplementary Service Data).

Teknologi USSD tersebut saat itu bisa untuk melayani pembayaran digital dalam bentuk pembelian pulsa, bayar tagihan, dan pengiriman uang oleh perbankan.

Pembayaran digital ini semakin berkembang pesat ketika perusahaan ecommerce, marketplace, dan transportasi online mulai mengembangkan sendiri sistem pembayaran digital.

Baca Juga : Alasan Bisnis Kos-Kosan Banyak Diminati

Teknologinya pun berkembang, sudah tidak lagi menggunakan USSD, melainkan menggunakan teknologi aplikasi mobile, baik aplikasi Android maupun iOS.

Seperti GoPay yang dikembangkan oleh Gojek dan OVO yang kini menjadi platform pembayaran di aplikasi transportasi online Grab.

Kini masyarakat sudah mulai teredukasi untuk menggunakan pembayaran digital dalam bertransaksi harian, seperti beli pulsa dan paket data, pesan makanan, hingga membayar beragam tagihan bulanan.

Lalu, Apa Sih Keunggulan dari Sistem Pembayaran Digital menggunakan E-Wallet dibanding pembayaran dengan uang tunai?

Berikut ini 5 Keunggulan E-Wallet (Dompet Digital)

1. Lebih Praktis dan Mudah

Pembayaran digital lebih praktis dan mudah. Anda tidak perlu lagi menyiapkan uang tunai yang memenuhi dompet atau membawa banyak kartu ATM.

Selain itu, Anda juga tidak perlu lagi datang ke counter dan ngantre panjang untuk membeli pulsa atau ke agen pembayaran PLN hanya untuk bayar listrik.

Baca Juga : [Terbaru] Panduan SEO Paling Lengkap 2019, 83+ Video dan 30+ Ebook

Berbagai kebutuhan harian maupun bulanan, bisa dengan mudah Anda penuhi langsung dari genggaman tangan, yaitu smartphone Anda.

Uang Anda sudah tersimpan di dompet digital dan bisa Anda belanjakan kapanpun dan di manapun Anda berada.

2. Transaksi Cepat dan Aman

Tidak ada lagi yang namanya ngantri pembayaran. Transaksi begitu cepat karena Anda bisa langsung membayar kapan saja, tanpa perlu mengantri lama.

Mau beli pulsa, paket data, maupun belanja online, bisa Anda lakukan tanpa keluar rumah. Cukup dari kamar Anda saja, berbagai kebutuhan Anda bisa terpenuhi.

Transaksi pembayaran pun aman, karena sudah dijamin keamanannya oleh penyedia E-Wallet dan juga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Tidak Perlu Ribet Uang Kembalian

Satu hal yang sering kali menyulitkan banyak orang ketika bertransaksi jual beli adalah uang kembalian.

Ketika menggunakan uang tunai, seringkali penjual atau orang yang bertransaksi dengan kita tidak memiliki uang receh untuk kembalian.

Nah, ketika Anda menggunakan uang digital, maka berapapun transaksi yang Anda lakukan, entah besar atau kecil sekalipun, Anda tidak perlu pusing mikirin uang kembalian.

Baca Juga : Page One Kurang dari 24 Jam, Begini Caranya 

Semua sudah otomatis dihitung dengan tepat dan akurat secara digital. Tidak lagi manual menggunakan uang tunai recehan. Uang digital ini sangat memudahkan penjual maupun pembeli.

4. Anti Uang Palsu

Nah, ini yang menarik. Uang digital tidak akan pernah bisa untuk dipalsukan. Mengapa? Karena tidak ada wujud fisiknya.

Berbeda dengan uang tunai dalam bentuk kertas yang mudah untuk dipalsukan oleh oknum yag tidak bertanggung jawab.

Jadi, dengan menggunakan uang digital Anda tidak perlu lagi merasa khawatir akan uang palsu.

5. Aman dari Resiko Kehilangan

Ketika Anda memiliki uang tunai untuk belanja, Anda pasti menyimpan uang tersebut di dompet. Tidak hanya uang saja, berbagai kartu atm dan surat-surat berharga pun sering Anda simpan di dompet.

Ketika misalnya dompet Anda hilang, maka seluruh uang, kartu, dan surat berharga pun ikut hilang. Menyedihkan bukan?

Baca Juga : Cara Praktis Meningkatkan Interaksi di Instagram

Nah, ketika Anda menggunakan dompet digital, uang Anda akan sangat aman dari resiko kehilangan. Karena uang Anda tersimpan secara digital di server aplikasi pembayaran, jadi aman dari bahaya kehilangan.

Sudahkah Anda menggunakan uang digital untuk membayar berbagai kebutuhan?

Jika belum, cobalah untuk mulai menggunakannya dari sekarang. Misalnya untuk membeli pulsa atau paket data.

Hal ini sangat penting bagi Anda, mengingat beberapa tahun ke depan diperkirakan tren pembayaran akan bergeser ke pembayaran digital.

Dan sekarang pun sudah dimulai. Transformasi masyarakat ke cashless society (masyarakat tanpa tunai) tinggal menunggu waktu saja. Apakah Anda sudah siap?

Baca Juga : Tips Dahsyat untuk Mengotomatisasi Marketing di Facebook

Satu pemikiran pada “5 Keunggulan Sistem Pembayaran Digital yang Perlu Anda Ketahui”

Tinggalkan komentar

Inilah Kursus Teknik SEO Terlengkap, Rahasia Terdalam dari Dunia SEO Saya Bongkar di Sini. Anda Bisa Dengan Mudah Merangkingkan Kata Kunci Apapun Di Search Engine.