7 Kriteria Dasar Menulis Ebook

Ebook datang dengan banyak manfaat bila dibandingkan dengan buku cetak tradisional. Biaya penerbitan secara signifikan berkurang, pendapatan membelah minimal, dan tidak ada biaya pengiriman. Juga, Anda dapat menargetkan pemasaran ebook untuk kelompok inti dari pembaca.

Biaya mempromosikan ebook cukup murah, karena Anda dapat memberikan salinan promosi gratis tanpa biaya. Proses produksi ini juga sangat efisien, karena buku umumnya lebih pendek daripada publikasi cetak. Secara keseluruhan, menciptakan sebuah ebook adalah cara yang bagus untuk menampilkan bakat Anda dengan cara yang lebih sederhana dan ekonomis.

Pertimbangan yang harus diperhitungkan untuk menulis ebook yang sukses dapat sedikit berbeda dari kriteria untuk buku cetak. Berikut adalah tujuh kriteria dasar yang perlu anda perhatikan ketika Anda menulis/membuat ebook:

  1. Topik

Memilih topik yang Anda kuasai adalah kunci untuk menciptakan sebuah ebook yang informatif dan menguntungkan. Tapi Anda juga ingin mempertimbangkan target pasar Anda bahkan sebelum Anda mulai menulis. Buat ebook pertama Anda dan kemudian identifikasi target pasar. Memutuskan niche mana yang ingin Anda targetkan, identifikasi kebutuhan mereka, dan buat topik ebook Anda berdasarkan kebbutuhan mereka.

  1. Panjang ebook

Tidak ada aturan baku untuk panjang sebuah ebook. Dalam beberapa kasus, banyak ebook informatif dan kreatif yang kurang dari lima halaman panjang. Bisa dibilang ebook tersebut disajikan secara ringkas, terorganisir, dan komprehensif sehingga ebook tersebut nampak informatif dan kreatif di mata pembacanya.

Beberapa orang menyamakan jumlah halaman dalam ebook untuk nilai, tapi ini adalah asumsi yang salah. Jika ebook Anda memiliki 100 halaman, namun dikemas dengan ide-ide unik dan kreatif, itu hebat. Tapi jika Anda dapat memberikan pembaca dengan apa yang mereka inginkan dalam lima halaman, itu sudah cukup bagus.

  1. Judul
Baca juga  Instagram Marketing

Untuk menghindari kompetisi pada ebook market, gunakan judul yang memiliki “wow” factor. Sebagai contoh sebuah ebook berjudul “Membagun Home Recording Murah Sendiri”. Bandingkan dengan judul “$10.000 Pertama Anda dari $300 Home Recording”. Terlihat kan mana yang memiliki “wow” factor.

  1. Konten Unik

Dengan tingkat persaingan yang tinggi di pasar ebook, pengepakan pekerjaan digital Anda dengan konten yang unik adalah kunci keberhasilan secara keseluruhan. pengetahuan Anda dan gairah untuk topik yang Anda pilih akan memungkinkan Anda untuk memberikan wawasan kunci untuk pembaca bahwa ebook lain tidak menawarkan hal yang sama.

Terakhir, jangan lupa bagian penting dari buku ini. Pastikan untuk menyertakan semua informasi yang berlaku hak cipta, daftar isi, dan bagian “tentang penulis”.

  1. Format

Anda hanya perlu untuk menyimpan pekerjaan Anda dalam format PDF. Jika Anda mulai memformat pekerjaan Anda di Microsoft Word, proses transisi ke PDF dapat mengganggu, link memiliki kecenderungan untuk hilang. Salah satu pilihan untuk menghindari ini adalah untuk menghasilkan karya, Anda dapat menggunakan Open Office dan kemudian menyimpannya sebagai PDF. Manfaat tambahannya adalah bahwa tidak seperti Word, Open Office dapat didownload secara gratis online. Juga, format buku Anda untuk standar 8 1/2 halaman “x 11” akan membuatnya lebih nyaman untuk pencetakan.

  1. Editing

Anda dapat menawarkan ebook terbaik di dunia, yang berisi tips dan ide yang belum pernah dipublikasikan, tetapi jika terdapat kesalahan tata bahasa, itu akan menyebabkan kegagalan. Sangat direkomendasikan menggunakan layanan editing profesional untuk memastikan bahwa buku Anda memiliki tata bahasa yang benar. Jika tidak, kesalahan dapat menyebabkan pembaca berfikir bahwa penulis ceroboh dalam menulis, atau berfikir bahwa konten mungkin tidak akurat.

  1. Cover Design
Baca juga  6 Hobi Yang Berpotensi Menjadi Bisnis Yang Menguntungkan

Setelah ebook Anda selesai, Buat cover ebook yang menarik. Cover ebook yang menarik adalah salah satu kunci ebook anda terlihat menarik dan profesional. Banyak para pembaca yang menilai buku hanya dari covernya. Jika anda menghiasi ebook anda dengan cover yang kurang profesional, konten unik ebook anda juga tak akan pernah terlihat.

Tinggalkan komentar