8 Cara Sukses Menjadi Youtuber

Menjadi Youtuber sukses saat ini menjadi salah satu yang banyak dicita-citakan orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Kisah-kisah Youtuber sukses dengan jutaan subscriber dan penghasilan dari AdSense yang fantastis menjadi motivasi utama banyak orang untuk ikut terjun di dunia Youtube.

Sebut saja Youtuber sukses seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, Baim Wong, Londo Kampung dan masih banyak yang lainnya. Mereka menjadi sumber inspirasi banyak generasi milenial untuk mencoba terjun ke Youtube.

Nah, jika Anda juga ingin menjadi Youtuber dan ingin membuat Channel Youtube yang sukses, maka Anda harus tahu dulu ilmunya. Tidak bisa asal jalan tanpa dibarengi dengan ilmu yang cukup. Tujuannya adalah agar Channel Youtube Anda bisa cepat berkembang, semakin tumbuh subscriber-nya dan konten Anda diterima masyarakat.

Baca Juga : Cara Dahsyat untuk Mengotomatisasi Konten di Unlimited Blogspot, Sangat Cocok untuk Pemain AdSense

Berikut ini ada beberapa tahapan yang perlu Anda perhatikan ketika ingin sukses terjun di dunia Youtube :

1. Memilih Topik / Niche yang Potensial

Pilih topik (niche) yang akan dibahas di channel Anda. Pilihlah topik yang Anda bisa, Anda sukai, Anda kuasai, dan mampu Anda lakukan. Jangan sampai memilih topik yang Anda sendiri tidak suka dan tidak menguasainya. Tujuannya agar Anda tidak bingung dalam membuat konten ke depannya.

2. Pikirkan Siapa Target Subscriber Anda

Setelah memilih topik, pikirkan siapa target dari subscriber Anda. Apakah anak-anak, remaja, orang tua. Ini penting untuk menentukan gaya video Anda, misalnya gaya editing, gaya bicara, dll. Misal video Anda untuk orang tua, tapi gaya bahasanya menggunakan bahasa alay, jelas tidak nyambung?

3. Buat Nama Channel yang Menarik

Buat nama channel yang simpel, menarik, dan sedikit yang menggunakan. Jangan membuat nama channel yang terlau panjang dan susah diingat. Bikin yang singkat dan mudah diingat, agar orang mudah berkunjung ke channel Anda. Selain itu, nama ini juga nanti penting untuk dipasang di URL Channel Youtube Anda.

Baca juga  Workshop Facebook AdBreaks

4. Siapkan 20-30 Judul Video Awal

Siapkan 20-30 judul video yang akan Anda buat di awal. Lebih banyak judul lebih baik. Jika Anda bisa menyiapkan 20-30 judul artinya Anda sudah memiliki gambaran tentang video apa saja yang Anda buat untuk mengisi channel Anda. Sebaliknya, jika Anda tidak bisa menyiapkan 20-30 judul video awal, artinya Anda belum memiliki gambaran besar tentang konten channel Anda.

Baca Juga : Tips Sukses Menjadi Selebriti di Youtube

5. Manfaatkan Peralatan yang Ada Dulu

Jangan terlalu idealis terlebih dahulu. Gunakan peralatan yang Anda punya untuk tahap awal. Misalnya menggunakan kamera smartphone, microphone, dan laptop yang Anda miliki. Syukur-syukur jika Anda punya budget lebih, bisa membeli peralatan-peralatan yang mumpuni dan lengkap.

6. Membuat Channel Youtube

Langkah selanjutnya adalah membuat channel Youtube. Buat channel Youtube Anda dengan nama yang sudah Anda tentukan di awal. Lengkapi channel Youtube Anda dengan deskripsi dan desain banner yang menarik.

7. Mulai Membuat Video

Setelah channel Youtube Anda siap, berikutnya mulai membuat beberapa video berdasarkan judul-judul yang sudah Anda tentukan. Buat 5-10 video dulu sebagai konten awal di channel Anda.

8. Editing Video dan Upload Ke Channel Youtube

Setelah Anda memiliki video mentah, video hasil rekaman / shooting yang belum diedit, langkah selanjutnya adalah editing video. Edit video Anda dengan sebaik-baiknya menggunakan video editor yang Anda miliki, misalnya Adobe Premiere, Sony Vegas, dll. Setelah video Anda selesai diedit, berikutnya tinggal Anda upload ke channel Youtube.

Baca Juga : Membuat Thumbnail Youtube yang Clickable ala Youtuber Terkenal, Ini Caranya

Selanjutnya Anda harus konsisten untuk terus mengisi Channel Youtube Anda dengan konten-konten yang menarik dan berkualitas. Berikan konten yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh target market video Anda.

Baca juga  Cara Cepat & Mudah Bikin Video Promosi Profesional

Itulah beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan ketika ingin sukses terjun ke dunia Youtube. Semoga bermanfaat, nantikan tulisan-tulisan menarik berikutnya mengenai seluk-beluk Youtube, hanya di Blog Ratakan.

Satu pemikiran pada “8 Cara Sukses Menjadi Youtuber”

Tinggalkan komentar