Apa Itu Produk Digital?

Produk digital adalah suatu produk yang tidak berwujud, tidak dapat diraba dan tidak memiliki bentuk secara fisik yang diperjual-belikan. Umumnya produk digital ini diperjual-belikan melalui media internet atau secara online mulai dari proses penjualan, transaksi, pengirimannya dan penggunaanya pun juga secara elektronik.

 

Seiring dengan perkembangan dunia internet yang semakin maju, produk digital kini sudah umum diperjual-belikan dan memiliki konsumennya sendiri. Selain itu, perkembangan produk digital sendiri tidak lepas karena efisiensi dan praktisnya dibanding dengan produk fisik yang membutuhkan perlakukan khusus seperti ruang penyimpanan, packaging dan pengiriman yang harus dilakukan secara konvensional. Berbeda dengan produk digital yang tidak memerlukan ruangan fisik untuk menyimpan dan untuk pengirimannya biasanya melalui digital download via internet.

 

Berikut ini adalah beberapa contoh dari produk-produk digital:

  • Ebook (biasanya dalam format PDF atau Kindle)
  • video (biasanya dalam format MP4 atau FLV)
  • software (biasanya dalam format exe atau air)
  • Musik MP3 (dalam format MP3)
  • Tiket Online (dalam format kode atau email)
  • Aplikasi (Android apps atau iPhone apps)

Berikut ini adalah beberapa marketplace yang khusus menjual produk dalam bentuk digital:

Pembelian produk digital selain menggunakan metode pembayaran konvensional seperti transfer bank lokal, Western Union, atau Giro/Check, juga biasa menggunakan pembayaran online menggunakan kartu kredit, PayPal atau Bitcoin.

 

Baca juga  Tips Usaha Baju: Cara Berbisnis Pakaian dari Rumah Tanpa Rugi

Satu pemikiran pada “Apa Itu Produk Digital?

Tinggalkan komentar