Cara Membuat Email: Sejarah, Penyedia Layanan dan Panduan Membuat Email Via HP dan Komputer

Cara Membuat Email – Halo Ratakaners, Kini kami akan berbagi pengetahuan seputar cara membuat email super lengkap.

Mulai dari cara membuat email gmail, cara membuat email yahoo, cara membuat email google, cara membuat email outlook, cara membuat email zoho, hingga membuat disposable temporary email..

Kamu juga bisa membuat email di hp dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya itu, kami juga akan mengulas kelebihan dan kekurangan email diatas, juga fitur – fitur pendukungnya yang bisa kamu manfaatkan sesuai kebutuhan kamu.

Tapi sebelum itu, kami akan menjelaskan apa itu email dan cara kerjanya, bagaimana email dapat bermanfaat untuk kehidupan digital kamu. 😉

Daftar Isi :

1. Apa itu email?
2. Cara Kerja Email
3. Fungsi dan Manfaat Email
4. Fitur - fitur layanan email yang harus kamu ketahui
5. Cara membuat akun Gmail
6. Cara membuat akun Yahoo mail
7. Cara membuat akun email Outlook
8. Cara membuat akun Zoho mail
9. Cara membuat Disposable Temporary Email
10. Kesimpulan

Apa itu email?

cara membuat email
 Source: Google Image

Pada zaman dahulu mengirim surat kepada orang lain dilakukan dengan menulis pada selembar kertas, lalu mengirimnya melalui layanan pos atau yang sejenisnya.

Dengan cara tersebut, pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk hanya sekedar mengirim kabar atau informasi kepada rekan atau teman dekat dari tempat yang jauh.

Namun sekarang, perkembangan teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat, kita tidak perlu membuang banyak tenaga untuk mengirim surat. Kita bisa menggunakan email untuk mengirim surat dengan cepat dan mudah.

Mungkin banyak dari kalian yang sudah tidak asing dengan kata email.

Email adalah sarana yang digunakan untuk mengirim maupun menerima pesan atau surat dengan format digital melalui jaringan computer dan internet.

Email sendiri merupakan kepanjangan dari Electronic Mail. Dengan email, tentunya mengirim pesan dapat dilakukan dengan mudah, murah, dan cepat (hanya butuh beberapa detik saja).

Email tidak hanya digunakan untuk sekedar mengirim pesan teks saja, namun bisa digunakan untuk mengirim file yang lain seperti gambar, video, dan dokumen lainnya yang sudah berbentuk soft file.

Baca Juga : Strategi Mencetak Repeat Order di Online Shop Hanya Melalui Email, Ini Caranya …

Cara Kerja Email :

Cara kerja email cukup sederhana, tidak jauh beda pada saat kita menulis surat kepada orang lain, yang membedakan adalah email dapat disertai dengan file-file tertentu dan perangkat yang digunakan adalah computer/laptop dan gadget lainnya yang terhubung dengan koneksi internet.

Berikut merupakan gambaran sederhana mengenai proses pengiriman email :

cara kerja email

Fungsi dan Manfaat Email

Berdasarkan pengertian email yang sudah kita bahas sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa fungsi utama dari email adalah menerima dan mengirim pesan.

Namun disamping fungsi utama email tersebut, masih terdapat banyak fungsi email yang perlu kita ketahui.

Berikut adalah fungsi dan manfaat dari email :

  1. Mengirim dan Menerima Pesan dengan Cepat

cara membuat email

 

Mengirim dan menerima pesan dimanapaun dan kapanpun merupakan kegunaan email yang paling umum. Asalkan ada laptop/gadget dan internet rasanya kita tidak perlu bingung-bingung lagi untuk mengirim pesan walau dalam jarak sejauh apapun. Selain itu, kita juga dapat mengirim pesan kepada lebih dari satu orang secara bersamaan.

 

  1. Mengirim dan Menerima File

Selain pesan teks, email juga dapat mengirim berbagai jenis file dan dokumen digital dengan ukuran tertentu. Setiap jenis email memiliki batas maksimal ukuran file yang dapat dikirim.

Berikut adalah batas maksimum ukuran file lampiran email dari berbagai email provider :

  • Gmail : 25MB

Batas maksimum file yang dikirim via Gmail adalah 25MB, namun kita dapat mengirim file dengan ukuran yang lebih besar melalui Google Drive (sampai 15GB untuk versi gratis, dan 1TB untuk versi berbanyar).

Selain Google Drive, kita dapat menggunakan alternative yang lain yaitu Dropbox jika kita mengirim dari Google Chrome.

  • Yahoo : 25MB

Unlimited jika menggunakan Dropbox, tergantung pada ruang penyimpanan yang dimiliki, untuk akun Gratis biasanya hanya mendapat space 2GB.

  • Hotmail/Outlook.com : 10MB atau 15GB jika diupload terlebih dahulu ke OneDrive.

File dan dokumen tersebut dapat ditambahkan melalui menu “lampiran” atau attachment pada email.

 

  1. Mengirim Gambar dengan Kualitas Bagus (sama dengan file aslinya)

Berbeda dengan media lain seperti WA, Facebook, dan social media lainnya yang mengurangi kualitas gambar pada saat pengiriman gambar.

Email dapat dijadikan sebagai sarana sharing gambar dengan kualitas yang sama dengan file aslinya.

Pengiriman gambar via email tidak mengurangi jumlah pixel pada gambar sehingga gamber tidak rusak atau pecah pada saat di zoom.

  1. Sebagai Identitas Diri

Email dapat digunakan sebagai identitas diri kita di internet, dimana orang dapat menghubungi kita melalui alamat email yang kita miliki.

Tidak jarang pula email dijadikan sebagai syarat mutlak untuk proses aktivasi di berbagai layanan digital, misalnya : untuk aktivasi smartphone, untuk aktivasi berlangganan newsletter, dan lain lain.

  1. Email untuk Pendaftaran di Berbagai Situs

Banyak sekali situs, seperti : situs e-commerce, situs media social, situs forum, dan lain-lain yang mengharuskan penggunanya untuk mendaftarkan email milik mereka untuk memulai aktivitas di situs-situs tersebut.

Hal ini dikarenakan beberapa situs tersebut memerlukan verifikasi dari penggunanya, dan hal tersebut hanya dapat dilakukan jika pengguna memiliki alamat email yang valid.

  1. Email sebagai Media Pemasaran

Email Marketing masih menjadi pilihan utama strategi pemasaran bagi banyak pelaku bisnis online.

Walaupun pemasaran via email dapat dikatakan sebagai cara lama, namun strategi pemasaran ini terbukti sangat efektif dalam meningkatkan penjualan karena dapat menjangkau banyak pelanggan melalui daftar email yang dimiliki.

Promosi via email ini juga dirasa lebih murah jika dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya.

Baca Juga : Pondasi Dasar Membangun Email Marketing yang Sukses Menghasilkan Konversi Tinggi

Fitur-fitur Penyedia Layanan Email yang Harus kamu Perhatikan

Tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi, nyatanya email juga banyak digunakan untuk keperluan bisnis.

Oleh sebab itu, kamu dituntut untuk memilih layanan email terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Walaupun setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, namun pada dasarnya ada beberapa fitur dasar Email yang menjadi acuan kita untuk memilih Layanan Email yang bagus. Berikut diantaranya :

  • Kehkamulan–Penyedia email haruslah selalu siap ketika kamu membutuhkannya, karena kamu harus selalu terkoneksi dengan pelanggan maupun klien kamu yang lain. Jika email kamu tiba-tiba terhenti, maka hal tersebut dapat menyebabkan pelanggan atau klien kamu pergi dan menghilang.
  • Integrasi– Berbagai layanan email bekerja dengan baik dengan perangkat lainnya. Seperti : kalender dan suite produktivitas. Jika bisnis kamu sangat bergantung dengan perangkat tersebut, maka kamu harus mempertimbangkan dalam memilih layanan email yang cocok dengan kebutuhan kamu.
  • Spam Filter– Jika kamu menerima pesan spam, maka waktu kamu akan terbuang secara percuma. Jika kamu tidak ingin waktu kamu terbuang dengan sia – sia, maka kamu harus memilih layanan email yang memiliki fitur spam filter atau yang dapat menyaring kotak masuk spam.
  • Kemudahan Penggunaan– ketika bisnis kamu berkembang, maka kamu perlu memilih layanan email yang dapat memudahkan para penggunanya. Karena pastinya staf dan karyawan kamu diharuskan memiliki email untuk memudahkan mereka dalam segala aspek, khususnya dalam hal komunikasi.
  • Keamanan– Banyak sekali berita tentang peretasan email yang sedang marak saat ini, maka kamu perlu mencari layanan email yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi, sehinnga email yang berisi pesan – pesan penting kamu akan aman dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Reputasi– Suatu penyedia jasa layanan email haruslah memiliki reputasi yang baik, baik untuk para penggunanya ataupun untuk orang lain. Karena alamat email yang kamu gunakan merupakan salah satu informasi yang akan diihat oleh calon klien.
  • Penyimpanan– Dalam memilih sebuah layanan email, kamu juga harus memperhatikan jumlah penyimpanan yang di sediakan oleh layanan email tersebut pada akun kamu, karena pastinya kamu tidak ingin kehabisan ruang untuk menyimpan berbagai dokumen penting kamu.
  • Kemampuan Arsip – Penyedia layanan email yang baik pastinya akan menyediakan cara dalam menyelamatkan, menyimpan dan mengatur pesan email dan daft kamu. Untuk banyak bisnis, menjaga rekaman komunikasi bisnis dengan akurat dan terorganisir dengan baik merupakan hal yang sangat peting.
  • Fitur Canggih– layanan email yang memiliki fitur yang canggih dapat membantu kamu dalam berbisnis misalnya seperti, kemampuan untuk pembatasan email terkirim dan penjadwal tugas akan menjadi sangat penting, karena fitur yang canggih ini tergantung kepada kebutuhan dari bisnis yang kamu jalankan.

Nah itulah fitur – fitur yang wajib ada dalam sebuah layanan penyedia email.

Jadi sekarang kamu sudah tahu kan apa saja fitur – fitur yang harus ada dalam sebuah layanan email yang ingin kamu gunakan.

Sangat di sarankan, jika kamu mempunyai suatu bisnis yang memiliki beberapa karyawan dan harus mempunyai email, maka plihlah satu penyedia layanan email yang sama untuk tujuan bisnis.

Hal ini memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan karyawan kamu.

Karena setiap penyedia layanan email memiliki fitur yang berbeda – beda, maka dari itu para staf akan mengalami kesulitan dalam menangani pesan bisnis jika layanan email yang di gunakan berbeda.

Baca Juga : Taktik Menulis Email yang Unik, Tampil Beda, dan Menghasilkan Penjualan

Daftar Penyedia Layanan Email yang Direkomendasikan

Berdasarkan fitur-fitur yang Kami jelaskan di pembahasan sebelumnya, Kami merekomendasikan beberapa Penyedia Layanan Email terbaik yang Kami rekomendasikan untuk kamu.

Berikut daftar layanan juga cara membuat email baik melalui HP atau Komputer:

1. Gmail

Gmail merupakan salah satu penyedia layanan email yang paling popular, terbaik dan paling banyak digunakan oleh semua kalangan mulai dari keperluan pribadi hingga keperluan berbisnis. Menurut KOMPAS.com, layanan surat elektronik besutan Google tersebut sudah memiliki lebih dari 1,5 Miliar pengguna aktif (diumumkan Google melalui sebuah tweet resmi di akun Google pada 26/10/2018).

Gmail memiliki reputasi yang baik dan memiliki banyak fitur-fitur canggih seperti fitur Undo Send dan Email Forwarding. Google juga menambahkan langkah keamanan yang diperkuat seperti verifikasi dua langkah dan filter spam yang kuat untuk mengurangi kemungkinan akun kamu diretas atau kamu menerima pesan sampah. Akhirnya, hal tersebut terintegrasi penuh dengan alat produktivitas populer termasuk Google Calendar, dan Google Docs.

 

Cara Membuat Email Akun Gmail :

  1. Buka Gmail

Buka Gmail melalui https://gmail.com

  1. Buat akun baru

Klik pada menu “Buat Akun”

  1. Pilih jenis email

Untuk pembuatan email kali ini saya akan memilih email pribadi > “untuk diri sendiri”

  1. Isi formulir data diri

Isi sesuai data pribadi kamu

  • Nama Depan dan Nama Belakang diisi sesuai nama kamu
  • Nama Pengguna : merupakan nama yang nantinya akan menjadi alamat email kamu, contohnya : [email protected]
  • Masukkan kata sandi sesuai dengan karakter yang diminta, selain itu pastikan sandi yang kamu buat mudah diingat oleh kamu.

 

Klik “Berikutnya”

  1. Masukkan no. telepon aktif yang sudah kamu siapkan untuk keperluan verifikasi

Google akan mengirim kode verifikasi 6 digit ke nomor yang kamu masukkan tersebut. Masukkan kode verifikasi yang dikirim oleh Google.

 

  1. Setujui Privasi dan Persyaratan

Baca dengan cermat Privasi dan Persyaratan yang sudah dibuat Google. Jika kamu setuju, klik “Saya Setuju”, jika kamu tidak setuju proses pembuatan email akan ditolak dan kamu tidak akan mendapatkan akun email.

 

  1. Mulai Menggunakan Gmail

Setelah tahap – tahap pendaftaran yang sudah dilakukan sebelumnya, tibalah pada halaman awal Gmail. Di halaman ini kamu akan diberi ucapan Selamat Datang dan panduan singkat untuk menggunakan fitur-fitur di Gmail. kamu bisa mengikuti step – step selanjutnya untuk mengetahui fitur apa saja yang tersedia di Google, atau jika kamu merasa tidak memerlukan informasi tersebut, kamu bisa menutupnya dengan cara klik tkamu silang di bagian pojok kanan atas.

 

2. Yahoo

Yahoo! adalah salah satu dari perusahaan-perusahaan di awal Internet, yang masih menjadi saingan terkut Gmail, Windows Live Hotmail, dan AOL Mail.

Berikut adalah beberapa fitur Yahoo! Mail yang menguntungkan jika kamu memilihnya sebagai penyedia email kamu:

  • Penghapusan pesan di sampah secara otomatis setelah 90 hari
  • Kapasitas penyimpanan sangat besar (1 TB)
  • Alat pencarian web terintegrasi, kalender, dan notepad
  • Filter spam dan enkripsi SSL

Mendaftar untuk akun Yahoo! Mail juga memberi kamu akses ke layanan Yahoo! lainnya termasuk feed berita mereka, Yahoo! Messenger, dan utilitas kalender.

Cara Membuat Email Akun Yahoo

  1. Buka Yahoo melalui https://id.yahoo.com/
  2. Untuk membuat akun baru, klik ikon Sign Up

 

Lalu klik “Buat Akun Baru”

  1. Isi formulir data diri

Isi sesuai data pribadi kamu

  • Nama Depan dan Nama Belakang diisi sesuai nama kamu
  • Alamat Email : merupakan alamat yang nantinya akan menjadi alamat email kamu, contohnya : [email protected]
  • Masukkan kata sandi yang mudah diingat oleh kamu, namun tetaplah melakukan kombinasi karakter, seperti : huruf, angka, dan symbol agar sandi kamu lebih aman
  • Isi Nomor Ponsel menggunakan nomor kamu yang aktif, nomor inilah yang digunakan untuk pengiriman kode verifikasi.
  • Isi data lahir kamu, seperti : Bulan Lahir, Hari, Tahun, dan juga Jenis Kelamin kamu

 

Klik “Lanjutkan” untuk beranjak ke step selanjutnya

 

  1. Yahoo akan memverifikasi nomor telepon kamu dengan cara mengirim kode verifikasi pada nomor telepon yang sudah kamu daftarkan sebelumnya.

Klik “Kirimi saya kode verifikasi via SMS” untuk mendapatkan kode verifikasi

 

  1. Masukkan kode verifikasi yang dikirim yahoo ke nomor telepon kamu


Klik “Verifikasi”

 

  1. Akan muncul tampilan Selamat dari Yahoo, karena kamu sudah berhasil melakukan pendaftaran

Klik “Lanjutkan” untuk langsung diarahkan ke tampilan awal Yahoo

 

  1. Beginilah tampilan awal akun Yahoo kamu


3. Outlook

Penyedia email Outlook.com dari Microsoft adalah pilihan yang kuat jika kamu sedang mencari penyedia email terbaik. Paket email populer ini memiliki dukungan dan sumber daya dari raksasa teknologi Microsoft. Outlook.com menawarkan fitur-fitur canggih seperti Clutter, yang mencari email yang mungkin prioritasnya lebih rendah dan memisahkan mereka dari kotak masuk kamu. Fitur canggih Outlook.com lainnya adalah kemampuan untuk Undelete, atau memulihkan email setelah kamu tidak sengaja membuang pesan. Outlook terintegrasi baik dengan perangkat lunak populer termasuk produk Microsoft lainnya.

Outlook.com juga menggunakan verifikasi dua langkah, yang berarti kamu harus menyediakan dua bentuk identifikasi untuk log in. Hal ini mempersulit hacker untuk mengakses akun kamu.

Cara Membuat Email Akun Outlook.com

  1. Buka Outlook melalui https://outlook.live.com/
  2. Di panduan kali ini saya akan menunjukkan panduan untuk pembuatan akun Outlook.com versi gratis.


Klik “Create free Account”

  1. Masukkan nama email yang ingin kamu jadikan sebagai alamat email kamu


Klik “Next”

  1. Buat Kata Sandi yang ingin kamu gunakan untuk mengakses akun email kamu


Klik “Next”

  1. Masukkan Nama Depan dan Nama Belakang sesuai nama kamu


Klik “Next”

  1. Masukkan data lahir kamu, seperti : nama negara, bulan, tanggal, dan tahun lahir


Klik “Next”

  1. Akan muncul seperti tampilan captcha untuk memverikfikasi apakah kamu benar manusia, dan bukan robot.


Masukkan captcha sesuai dengan gambar yang ditampilkan pada kolom yang sudah disediakan. Setelah itu, klik “Next”

  1. Akan muncul tampilan untuk men set up akun Outlook kamu


Silakan klik tanda panah kanan untuk men set up akun outlook kamu, seperti : Bahasa, tema, dan foto profil kamu.

  1. Setelah selesai, akan muncul tampilan untuk memulai aktivitas kamu di Outlook


Klik “Get Started”

  1. Beginilah tampilan akun Outlook kamu

4. Zoho Mail

Zoho Mail merupakan salah satu platform email yang cukup terkenal di dunia, walaupun pamor nya tidak sebesar Gmail dan Yahoo, namun Zahoo Mail menawarkan banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan pribadi maupun keperluan bisnis.

Webmail Zoho Mail sendiri bersih dari ads dan memiliki interface yang minimalis dengan fitur-fitur powerful.

Di Zoho Mail sendiri, kamu bisa :

  • Memiliki hingga 25 user untuk akun gratis Zoho Mail
  • Mendapat fitur premium meskipun Zoho Mail gratis

Zoho Mail juga memberikan fitur dan tools office kolaborasi.

Bagi kamu yang membutuhkan webmail untuk bisnis, kamu bisa menggunakan Zoho Workplace .

Melalui produk ini, zoho mail menyediakan sebuah servis email yang berorientasi bisnis.

Di dalamnya, kamu mendapatkan office online, manajemen dokumen, dan masih banyak tools kolaborasi dan tambahan-tambahan lainnya.

Untuk akun gratisnya, Zoho mendukung sampai dengan 25 user.

Setiap user akan mendapat storage sebesar 5GB, dan bisa digunakan dengan domain kamu sendiri.

Ini adalah fitur-fitur yang biasa akan kamu dapatkan di produk komersial dan berbayar.

Tidak hanya itu, dengan fitur-fitur seperti office dan tools kolaborasinya, kamu tentu mendapatkan banyak hal meskipun gratis.

Cara Membuat Email Akun Zoho

  1. Buka Zoho Mail melalui https://www.zoho.com/mail/
  2. Pada panduan kali ini saya akan membuat Zoho Mail versi Personal

Pilih “Personal Email” pada bagian bawah tulisan “Get Started with ad free email”

  1. Isi formulir data diri


Isi sesuai dengan data pribadi kamu.

  • Email Address : merupakan alamat yang nantinya akan menjadi alamat email kamu, contohnya : [email protected]
  • Password : Buatlah password yang kuat namun tetap mudah kamu ingat, kamu bisa mengkombinasikan beberapa karakter huruf, angka, dan simbol.
  • First Name dan Last Name diisi sesuai nama kamu
  • Isi Nomor Ponsel menggunakan nomor kamu yang aktif, nomor inilah yang digunakan untuk pengiriman kode verifikasi.

Klik cek box pada “Terms of Service and Privacy Policy” lalu klik “Sign Up For Free”

  1. Masukkan kode verifikasi yang dikirim Zoho ke nomor telepon yang kamu daftarkan sebelumnya.


Klik “Verify My Mobile”

  1. Akan muncul tampilan mengenai beberapa opsi untuk menambah security email Zoho kamu


kamu bisa pilih salah satu, atau skip tahap tersebut dengan meng klik “Remind Me Later” pada bagian bawah kanan layar.

  1. Akan muncul tampilan Selamat Datang beserta beberapa step untuk melakukan setup akun Zoho kamu


Silakan klik tanda panah kanan untuk melakukan setup akun Zoho kamu, seperti : Bahasa, Zona Waktu, Nama Profil, dan Tema. Atur semua informasi tersebut hingga muncul informasi “Access Zoho Mail”

  1. Beginilah tampilan akun Zoho kamu

Disposable Temporary Email

Jika beberapa layanan email seperti Gmail, Yahoo, Outlook, dan Zoho merupakan email yang bersifat permanen atau bisa kamu miliki selamanya.

Berbeda dengan Disposable Temporary Email yang memungkinkan kamu untuk memiliki email yang bersifat sementara atau dapat kadaluwarsa setelah jangka waktu tertentu.

Email jenis ini tentunya sangat bermanfaat untuk kamu pada saat melakukan pendaftaran di banyak situs web dan kamu tidak ingin menerima pesan SPAM dari situs-situs tersebut.

Ada banyak situs yang menyediakan layanan disposable temporary email secara gratis, berikut diantaranya :

  1. Temp-mail.org > https://temp-mail.org/en/
  2. Tempmail.net > https://tempmail.net/
  3. Mytemp.mail > https://mytemp.email/
  4. Mailinator.com > https://www.mailinator.com/
  5. Tempail.com > https://tempail.com/en/
  6. Mohmal.com > https://www.mohmal.com/en
  7. Getnada.com > https://getnada.com/

Berikut Kami berikan panduan pembuatan disposable temporary email melalui salah satu provider yang Kami sebutkan diatas, yaitu Temp-mail.org.

Langkah 1 : Kunjungi https://temp-mail.org/en/

Langkah 2 : Akan muncul tampilan layanan email Temp-mail.org

Pada tampilan tersebut sudah disediakan alamat email yang dapat kamu gunakan sebagai disposable temporary email kamu. Namun jika kamu ingin mengganti alamat tersebut, kamu bisa klik “Change”

Langkah 3 : Jika kamu ingin merubah alamat email kamu dan sudah mengklik “Change”, masukkan username beserta nama domain yang ingin kamu gunakan sebagai alamat email kamu.

Klik “Save”

Langkah 4 : kamu sudah dapat menggunakan akun temporary mail kamu, silakan klik “Refresh” untuk memerikasa apakah ada email masuk atau tidak.

Kesimpulan

Pada artikel ini kita sudah membahas banyak sekali tentang email, mulai dari pengertian email, fungsi email, sampai berbagai jenis layanan email beserta cara pembuatannya.

Kesimpulannya, email merupakan layanan yang sangat penting untuk memudahkan kita di berbagai aktivitas kita, tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi, nyatanya email banyak sekali dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis dari bisnis kecil sampai ke bisnis besar.

Berdasarkan fungsi dan fitur yang sudah dijelaskan pada artikel ini, pilihlah layanan email yang sesuai dengan kebutuhan kamu, dan manfaatkan email untuk menghemat waktu, biaya, dan tenaga.

Buat kamu Ratakaners yang mau baca juga artikel lainya langsung klik di sini ya.

 

Tinggalkan komentar

Dapatkan, Puluhan Produk Digital yang siap Anda Jual Kembali

Template Commercial Desain, Template Viral Quotes, 20 Multipurpose Powerpoint, Berbagai Macam E-Book, Berbagai Macam Musik Background