Cara Menghasilkan Uang Melalui Ebook

Internet telah mengubah banyak hal. Surat telah digantikan oleh email. Kita menggunakan Skype dibanding mengeluarkan uang banyak untuk telepon jarak jauh. Dan kita lebih memilih berbelanja di toko online, daripada susah mencari parkir dan berdesakan di tempat belanja.

Di sisi lain, pengusaha internet menggunakan email untuk memasarkan produk dan layanan, menggunakan Skype untuk mengadakan rapat, dan menghasilkan uang dengan berjualan di marketplace.

Diantara industri yang bisa jadi jalan untuk menghasilkan uang secara online adalah penerbitan buku, terutama menerbitkan dan menjual ebook secara online.

Banyak pihak merasa self-publishing jadi pilihan yang lebih baik, dan juga lebih menguntungkan. Ada perbedaan antara self-publishing dan proses penerbitan tradisional. Di self-publishing Anda tidak harus berurusan dengan mencetak buku. Ini menghindari pengeluaran dalam pembuatan buku, penyimpanan, dan pengiriman.

Semua akan dalam bentuk digital. Ebook ini bisa dibaca di perangkat digital, seperti tablet, smartphone, bahkan komputer.

Penjualan ebook semakin meningkat setiap tahunnya. Dan sekarang kita lihat bagaimana cara menghasilkan uang melalui ebook.

Apa yang dimaksud ebook?

Photo credit: Google

Ebook sama seperti buku biasa, tapi di format yang bisa di-download secara online. Anda bisa menulis sendiri, mempekerjakan penulis, menggunakan domain konten, dan menciptakan ebook untuk banyak kursus. Ebook Anda bisa mencakup lebih banyak subjek dibanding yang diterbitkan penerbit tradisional.

Anda yang akan mengurus semuanya, termasuk pemasaran dan penjualan dan ini berarti semua keuntungan masuk ke kantong Anda.

Memulai bisnis ebook, dimana menjual ebook?

Photo credit: Google

Sebagai penerbit ebook Anda punya beberapa pilihan. Anda bisa mulai di website sendiri dan menjual ebook langsung secara online. Anda bisa buat buatkan format PDF untuk pembaca.

Baca juga  Punya Jasa Digital? Rilis Saja di Ratakan

Pembaca mengunjungi situs, mereka memesan, dan mereka mendapat link download untuk mendapatkan buku Anda. Ini bisa diatur secara otomatis dan Anda cukup mengawasi untuk memastikan situs berjalan dengan lancar.

Keuntungan dari cara ini adalah Anda bisa mengontrol seluruh prosesnya, mendapat semua informasi pelanggan sehingga Anda bisa mempromosikan layanan produk atau buku tambahan, dan Anda bisa mematok harga lebih tinggi.

Satu cara paling mudah untuk menjual ebook adalah dengan menggunakan situs pihak ketiga seperti Amazon.

Keuntungan terbesar dengan memanfaatkan Amazon Kindle Direct Publishing, meski mereka akan meminta komisi penjualan, adalah jangkauannya. Ada banyak pembaca potensial di sana. Bisa jadi buku Anda yang mereka cari.

Meski Anda tidak mendapat uang sebanyak ketika Anda menjual langsung di situs, Anda punya kesempatan untuk menjangkau audiens yang Anda tidak bisa jangkau sebelumnya.

Anda hanya perlu sign up, lalu mengupload ebook. Mereka akan mengurusnya menjadi format yang tepat. Lalu Anda siap untuk menjual dan menumbuhkan bisnis.

Mana dari pilihan ini yang perlu Anda ikuti? Anda bisa lakukan keduanya.

Masukkan satu atau dua buku di Amazon dan jadikan ini sebagai cara orang menemukan Anda, dan Anda mendapat lebih banyak profit dari penjualan ebook. Gunakan ebook Amazon untuk mengarahkan orang ke website Anda dan memasukkan mereka ke email list.

Setelah mereka masuk di email list, Anda bisa follow up dan menjual ebook tambahan dari situs Anda sendiri, di harga yang lebih tinggi.

Dimana mencari konten untuk ebook?

Photo credit: Google

Percaya atau tidak, Anda mungkin sudah menulis ebook Anda. Bila Anda sudah menghasilkan uang dari blog, postingan blog itu bisa diubah menjadi ebook dengan beberapa pengeditan.

Baca juga  Fitur Terbaru: Sistem Rating dan Review Produk Ratakan

Cukup kumpulkan postingan blog yang relevan menjadi urutan yang masuk akal, lakukan pengeditan yang dibutuhkan agar referensi yang tidak relevan dihilangkan dan tambahkan perkenalan dan kesimpulan, dan Anda selesai. Postingan blog yang Anda gunakan harus mencakup topik yang sama atau terkait dan saling mendukung.

Tentu ini bukan cara satu-satunya untuk mengumpulkan konten untuk ebook. Bila Anda ingin menerbitkan karya orisinil fiksi atau nonfiksi, ini juga jadi pilihan bagus.

Yang jadi bagian penting, bila Anda mulai dari awal, adalah bekerja serius menyelesaikan buku itu. Anda perlu menulis sesuatu setiap hari. Mulai dengan outline dan lalu mengisinya. Pilihan lain, Anda bisa gunakan jasa seseorang untuk menulis buku Anda. Ini sebenarnya hal yang sangat praktis dalam industri penerbitan buku, penulis ini disebut sebagai ghost writer.

Memasarkan ebook

Photo credit: Google

Ada rahasia kecil di dunia penerbitan tradisional. Penerbit biasanya tidak secara aktif memasarkan atau mempromosikan kebanyakan buku yang mereka terbitkan. Hanya mereka yang dari penerbit best seller yang mendapat perhatian.

Tapi sebagai penerbit ebook, Anda akan memiliki kontrol yang sama pada strategi marketing dan penjualan. Dengan semua pilihan yang Anda, Anda tak akan mengalami kesulitan  menemukan cara agar buku Anda menarik perhatian pembaca potensial.

Anda bisa gunakan saluran multichannel serta pendekatan marketing dari sudut berbeda. Satu channel yang pasti adalah media sosial. Manfaatkan halaman Facebook Anda, Twitter, dan kontak LinkedIn. Ketika buku terbit, posting di Facebook dengan link ke website dengan lebih banyak informasi dan cara memesan.

Minta orang untuk memberitahu teman tentang ebook Anda. Buat postingan konten yang terkait dengan buku Anda. Buat kontes dan giveaway. Anda harus kreatif dengan marketing Anda.

Baca juga  Cara Menulis Konten Yang Banyak Orang Share di Media Sosial

Anda juga perlu mempromosikan buku di blog, aktif di forum yang terkait dengan topik buku, dan beritahu orang-orang tentang buku Anda. Bila Anda punya email list, pastikan untuk mempromosikan di sana juga.

Anda bisa tawarkan bab gratis dari ebook Anda. Ini akan membuat pembaca tertarik, sehingga mereka ingin membaca lebih banyak lagi dan membeli ebook Anda.

Kuncinya adalah proaktif dengan usaha marketing yang Anda jalankan untuk terus menghasilkan ketertarikan orang terhadap buku Anda.

Ingat, menghasilkan uang dari ebook tidak bisa otomatis begitu saja. Anda tidak bisa menulis sembarangan lalu berharap mendapat keuntungan besar. Memang ini bukan hal yang sulit, tapi Anda harus ikuti panduan langkahnya untuk memastikan ebook Anda menarik perhatian pembaca dan menghasilkan penjualan.

Setelah tahu kenapa menjual ebook bisa jadi cara menghasilkan uang, waktunya Anda memulai. Cari tahu jenis ebook yang Anda ingin jual, dimana Anda bisa mendapat kontennya, dan lalu dimana Anda akan menjualnya, serta bagaimana Anda akan memasarkannya secara online.

Bisnis eBook, panduan bisnis ebook berisi 11 modul. Semua akan dibahas secara rinci. Anda akan belajar dengan sangat-sangat lengkap sekali tentang membuat hingga menjual dan berbisnis ebook.

Tinggalkan komentar

Pengin Dapat Passive Income? Download GRATIS Ebook "Rahasia Passive Income dari Produk Digital"

Bikin Sekali, Untungnya Berkali-Kali.

Dengan ini Anda akan otomatis berlangganan Newsletter dari Blog Ratakan.