Cara Menulis Konten Yang Banyak Orang Share di Media Sosial

Bila konten yang Anda tulis tidak mendapat komentar, share, atau like, apa yang harus dilakukan? Anda perlu tahu bagaimana orang lain menciptakan konten yang orang suka membacanya dan membagikannya.

Ada setidaknya 373 juta blog di Tumblr dari 2011 hingga 2017. Bagaimana blog Anda bisa bersaing di angka yang luar biasa ini dan bagaimana mendapat perhatian pembaca untuk konten yang Anda buat?

Kita coba jawab pertanyaan ini dengan cara berbeda.

Jenis produk apa yang laku di pasaran untuk jangka panjang? Produk yang memberikan apa yang mereka janjikan. Produk yang kemasannya sesuai isi produk dan produk yang sesuai dengan kemasannya. Dan keduanya digabungkan dengan skill marketing yang baik.

Begitu juga halnya dalam menulis konten.

Kebanyakan orang mencari jawaban tentang bagaimana menulis konten. Berikut tips yang bisa Anda ikuti tentang cara menulis konten:

Cari ide topik yang tepat

Photo credit: Google

Ini jadi bagian paling sulit dari menciptakan konten. Anda harus menemukan ide topik yang banyak orang cari.

Lalu bagaimana menemukan ide topik yang tepat?

Pada dasarnya, Anda perlu melakukan banyak riset dan belajar tentang niche Anda sebelum Anda melangkah ke penciptaan konten. Seiring waktu, ini akan jadi lebih mudah. Ketika bicara tentang bagaimana menulis konten di niche Anda, Anda pertama harus memahami topik populer di niche Anda.

Trending topic jadi teman terbaik karena Anda tahu orang sudah menyukainya. Trending topic juga bisa diterima dengan baik di situs media sosial. Dan bila konten Anda ditulis dengan baik, kemungkinan lebih besar postingan blog Anda akan di-share.

Ada banyak tool untuk membantu Anda menemukan trending topic, seperti BuzzSumo, Google Trends, dan Feedly. Tool ini akan memberi Anda informasi tentang topik yang paling banyak orang bagikan. Anda bisa melacaknya secara teratur untuk menemukan trending content.

Baca juga  Panduan Facebook Ad Untuk Pemula

Anda juga bisa masuk ke forum tanya jawab seperti Quora, Reddit, dan Yahoo Answers untuk mencari pertanyaan yang sama yang banyak orang tanyakan.

Melakukan riset

Photo credit: Google

Riset merupakan bagian yang paling menyita waktu dari menulis konten yang menarik. Penelitian menunjukkan kalau menghabiskan lebih banyak waktu pada tiap postingan bisa memberi hasil yang berbeda.

Riset yang Anda lakukan bisa mencakup:

  • Mencari topik serupa di Google dan lihat blog dan postingan para ahli. Informasi apa yang mereka punya? Seberapa bagus hasil postingan ini?
  • Baca komentar pada postingan blog yang ditulis oleh kompetitor. Ini akan membantu Anda mengetahui poin yang belum mereka sampaikan di postingan blog mereka, dan bisa jadi cara Anda menulis postingan.
  • Cari data, fakta, studi kasus, dan contoh yang relevan untuk mendukung Anda.

Anda juga perlu luangkan waktu untuk meriset audiens target. Bila audiens lebih banyak di konten video, tambahkan video pada postingan blog Anda. Bila audiens berusia muda dan menyukai GIF, tambahkan GIF pada postingan blog Anda.

Postingan blog yang ditulis dengan baik didasarkan pada riset di baliknya. Jadi bila Anda ingin tahu bagaimana menulis konten yang pembaca suka, sediakan waktu untuk melakukan riset.

Gunakan subheading yang menarik perhatian

Photo credit: Google

Orang tidak membaca dengan seksama postingan sebuah blog, mereka hanya membaca cepat. Rentang perhatian manusia hanya 8 detik. Dan bila heading atau subheading tidak menarik, Anda kehilangan perhatian mereka bahkan sebelum mereka mulai membaca postingan Anda.

Jadi ketika Anda menulis postingan blog, ingat, orang tidak membacanya secara keseluruhan. Orang hanya akan membaca cepat. Mereka akan melihat subheading, gambar, dan video untuk mencerna apa yang Anda tulis. Menurut riset, sekitar 80 persen orang membaca headlines. Sedang hanya 20 persen membaca konten sisanya.

Baca juga  Pembayaran Vendor Bulan Juli 2014

Optimasi keterbacaan melalui paragraf dan daftar

Photo credit: Google

Bila Anda ingin tahu bagaimana menulis konten yang akan di-share, maka langkah ini jadi keharusan. Meski bila Anda telah meriset dan menciptakan konten yang baik, bila konten sulit dibaca, orang tidak akan membaca atau membagikannya. Orang suka membaca sesuatu dengan jarak, paragraf, dan daftar.

Ingat tips ini ketika membuat struktur postingan blog:

  • Sebelum mulai menulis konten, bagi teks menjadi subheading yang tepat. Lalu buat struktur teks dan data di dalamnya.
  • Buat struktur teks menjadi beberapa paragraf dan coba buat paragraf pendek, tdak lebih dari 4 hingga 6 baris.
  • Gunakan daftar bullet atau angka ketika menjelaskan langkah, contoh, point, studi kasus, atau point terkait. Bullet akan membuat data Anda mudah di-scan. Juga membuat postingan blog lebih menarik.

Super Ads. Super Ads adalah sebuah tool digital berbasis Web, berfungsi menyisipkan penawaran dan iklan Anda pada artikel, berita, dan website orang lain.

Tambahkan pengalaman dan orisinalitas pada konten

Photo credit: Google

Ada banyak postingan blog daur ulang di internet. Apa Anda ingin menambahnya? Atau Anda ingin menulis konten yang orang akan benar-benar suka?

Tak ada yang bisa mengalahkan konten orisinil.

Tapi yang jadi permasalahan, seberapa sering Anda bisa menciptakan konten yang original? Ada banyak sekali artikel untuk tiap topik. Bahkan pencarian sederhana tentang bagaimana cara duduk punya 38,2 juta hasil pencarian.

Lalu bagaimana Anda menciptakan konten yang baru? Pengalaman jadi guru terbaik. Pengalaman Anda sifatnya unik dan apapun yang Anda tulis berdasarkan pengalaman sendiri akan jadi hal unik.

Berikut ini beberapa tips untuk membantu menciptakan konten yang orisinil:

Pilih satu sudut pandang

Photo credit: Google

Cari topik blog yang diperdebatkan. Pilih sesuatu yang sangat Anda yakini atau yang Anda sangat tidak setujui dan tulis. Manfaatnya? Anda akan menciptakan konten original.

Baca juga  Diskon Spesial Ramadhan 1439H

Memecahkan masalah

Photo credit: Google

Bila ada solusi yang telah Anda ciptakan, ini kesempatan untuk membuktikannya. Kebanyakan postingan blog tentang “how to” diciptakan oleh orang yang membagikan solusi yang mereka temukan. Anda bisa lakukan hal yang sama. Tambahkan video penjelasan ke konten untuk membuatnya lebih mudah dipahami.

Tambahkan sedikit humor dan emosi

Photo credit: Google

Bila Anda sering menggunakan Facebook, Anda akan tahu konten yang paling banyak di-share dan disukai adalah konten humor.

Humor selalu jadi pemenang. Dan humor adalah sebuah karya seni dan tidak bisa ditiru. Begitu juga, mengungkapkan emosi yang kuat membutuhkan keberanian. Dan orang menghormati ketika Anda menunjukkan apa yang benar-benar Anda rasakan. Jadi pastikan menambahkan sedikit humor bila Anda ingin menulis konten yang bisa dinikmati pembaca.

Bicara ke pembaca dan tambahkan sentuhan personal

Photo credit: Google

Yang terpenting adalah membangun koneksi dengan audiens. Tapi bagaimana caranya?

Tulislah postingan blog seperti Anda bicara pada orang itu. Buat seperti sebuah percakapan. Tidak seperti artikel surat kabar yang membosankan. Akan lebih mudah menulis seolah berbicara pada orang dibanding menulis dengan nada formal. Jadi cobalah menulis seolah audiens ada tepat di depan Anda.

Nah demikianlah beberapa hal penting tentang bagaimana menulis konten yang akan di-share orang banyak. Teruslah menulis. Selalu pastikan konten Anda semakin baik, dna jangan takut untuk bereksperimen.

Tinggalkan komentar

Pengin Dapat Passive Income? Download GRATIS Ebook "Rahasia Passive Income dari Produk Digital"

Bikin Sekali, Untungnya Berkali-Kali.

This information will never be shared for third part