Copywriting, Apa Saja Yang Perlu Anda Ketahui?

Anda berusaha memahami copywriting? Copywriting bukan hal yang bisa dengan mudah dilakukan. Tapi ada trik yang bisa Anda pelajari.

Semua tentang audience. Copywriting lebih dari sekedar menyempurnakan tiap kalimat dengan ejaan dan tata bahasa yang benar.

Copywriting adalah menulis persuasif, berarti mendorong konsumen untuk membeli apapun yang Anda jual dan mempercayai brand yang mereka tidak familiar. Berikut ini tips untuk membantu Anda menciptakan copywriting yang tepat:

Beritahukan produk Anda membuat hidup lebih mudah

copywriting
Photo credit: Google

Fitur sangat diapresiasi, tapi selalu ada keuntungan sekunder. Misalnya, Anda menulis copy tentang aplikasi baru yang membantu pengusaha mengatur waktu mereka.

Fitur pada aplikasi, seperti bagaimana mengatur pengingat dan bisa sinkronisasi dengan yang lain, jadi kurang begitu penting dibanding kenyataan kalau aplikasi ini bisa membantu profesional memperoleh lebih banyak uang dan bekerja lebih efisien. Tarik perhatian mereka dengan manfaat ini, lalu berikan detailnya.

Membangun relasi

Photo credit: Google

Anda perlu peroleh kepercayaan konsumen, karena Anda hanya bisa menggunakan kata tertulis, Anda harus mengeluarkan teknik nada dan suara persuasif untuk menciptakan koneksi.

Untuk bisa menulis copy yang mewakili manfaat produk atau layanan Anda dengan efektif, pertama Anda harus mengenal audiens Anda, siapa mereka, apa yang mereka lakukan di waktu senggang, apa yang membuat hidup mereka lebih mudah, dan apa yang kurang dari mereka.

Copy Anda jadi bagian dari langkah awal yang penting untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

  • Cari aspek dari produk atau layanan Anda yang sangat berarti bagi pembaca dan menarik bagi mereka.
  • Tepati janji Anda dan berikan layanan dan produk berkualitas tinggi
  • Bersikap responsif terhadap keluhan, pujian, permintaan, dan interaksi media sosial dengan pelanggan
  • Buat pelanggan mudah membicarakan Anda dengan menerbiktan konten media sosial yang berharga.
Baca juga  Cara Sederhana Agar Website Anda Terlihat di Hasil Pencarian Google

Anda tidak perlu teks panjang untuk meyakinkan orang untuk membeli

Photo credit: Google

Sebagai copywriter, salah satu kesalahan terbesar adalah merasa halaman website harus mengandung ribuan kata untuk bisa efektif. Tidak demikian.

Bila Anda bisa menjual produk dengan 95 kata saja, kenapa perlu membuat pembaca bosan dengan ribuan kata? Apa yang Anda perlu katakan dengan jelas dan ringkas? Hadirlah dengan info penting, menarget sasaran utama, berikan perhatian pada kata kunci dan SEO. Lalu berhenti.

Pembaca akan membaca cepat tulisan Anda

Photo credit: Google

Daripada menampilkan teks ke pembaca yang membuat mereka mengabaikannya, pecah teks agar mudah bagi pembaca membaca sepintas dan mengambil informasi penting dengan cepat. Bagaimana caranya?

  • Bagi paragraf panjang menjadi dua atau lebih yang lebih pendek
  • Gunakan bullet point atau daftar angka
  • Gunakan bold pada kalimat atau teks penting
  • Pisahkan paragraf dengan gambar menarik.

Bila pembaca merasa mudah memperoleh informasi, mereka lebih mungkin untuk melanjutkan membaca.

Buat copywriting tentang pembaca, bukan tentang Anda

Kunci keberhasilannya adalah membuat audiens merasa seperti seluruh copy Anda tentang mereka dan kebutuhan mereka, bukan tentang Anda atau uang yang Anda harap mereka keluarkan.

Pada hubungan interpersonal, Anda bisa ajukan pertanyaan untuk menunjukkan seseorang tertarik pada Anda. Tapi pada copywriting, tidak terjadi percakapan dua arah, tapi Anda masih harus menunjukkan minat tulus pada pelanggan.

Bagaimana melakukannya? Dengan menulis copy yang memberitahu cerita menarik, dan bisa diterima atau dipahami pembaca.

Photo credit: Google

Selama Anda telah melakukan ini dan mengetahui tentang audiens, Anda bisa secara alami menyentuh topik dan poin yang penting untuk mereka.

Mereka akan merasa Anda menulis secara spesifik untuk mereka dan Anda memenuhi kebutuhan mereka. Ini akan membangun rasa percaya, membantu membangun hubungan yang Anda inginkan. Dan yang paling penting menarik mereka untuk mengeluarkan uang untuk produk Anda.

Baca juga  ENTREPRENEUR GATHERING #5 Strategi Menumbuhkan dan Melejitkan Bisnis Online Shop Anda

Copywriting adalah seni persuasi. Memahami apa yang audiens inginkan adalah langkah awal yang penting. Menyajikannya dengan cara terbaik jadi kunci untuk membuat mereka membeli.

Kenali audiens Anda

Tiap orang tidak mungkin melihat semua iklan. Tiap iklan punya audiens spesifik, dan tugas marketer untuk menemukan penempatan paling baik untuk memastikan target audiens melihatnya.

Misalnya, iklan untuk skateboard ditempatkan di newsletter perumahan untuk pensiunan tidak akan menghasilkan banyak penjualan. Bahkan ini akan membuang uang percuma. Target audiens untuk skateboard adalah remaja dan anak muda.

Kebanyakan orang usia lanjut tidak menggunakan skateboard, dan ini bukan kategori produk yang biasanya mereka beli. Sebelum membeli tempat, pastikan Anda mengeluarkan uang untuk lapak yang tepat untuk memperoleh keuntungan terbaik dalam hal paparan dan membangun kesadaran atas produk atau layanan Anda.

Photo credit: Google

Pertama, luangkan waktu melakukan riset pelanggan secara menyeluruh. Evaluasi pelanggan dan buat profil demografik dari pelanggan yang paling berharga, agar Anda bisa mengiklankan di tempat terbaik untuk menemukan orang yang mungkin bisa jadi prospek.

Baca artikel lainnya tentang tips mempersiapkan kehamilan.

Bila Anda pemilik usaha kecil, Anda mungkin tidak punya anggaran untuk melakukan riset menyeluruh dan menganalisa dasar pelanggan Anda, jadi Anda harus berimprovisasi dengan menggunakan kemampuan komunikasi dan investigasi visual.

Ingat, Anda mencoba mengembangkan profil dasar dari pelanggan target. Lakukan yang terbaik dengan informasi yang Anda miliki.

Ada banyak atribut yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan profil demografik pelanggan. Berikut ini adalah contoh untuk membantu memulai profil demografik berdasarkan:

  • Kelamin
  • Usia
  • Etnis
  • Hubungan pernikahan
  • Pemasukan
  • Pekerjaan
  • Minat

Miliki KITAB SANTET COPYWRITING yang membekali Anda dalam pembuatan copywriting, pembuatan aset digital, dan pengantar singkat digital system management.

Baca juga  Pesta DISKON Produk Digital Ulang Tahun Ratakan Ke-3

Kesalahan dalam copywriting

Perhatikan kualitas tulisan Anda dan hindari kesalahan copywriting berikut:

Lupa tentang SEO

 

Photo credit: Google

Konten harus menarik. Penting untuk memperhatikan strategi konten yang menyertakan SEO, kata kunci fokus serta bahasa yang digunakan oleh audiens target.

Terlalu fokus pada SEO dan lupa pembaca manusia

Marketer online bisa terjebak dengan selalu menulis konten untuk Search Engine Optimization (SEO). Meski SEO tidak bisa diabaikan, jangan lupa kalau manusia akan membaca konten Anda. Selalu fokus menciptakan copy yang berharga yang klien akan menyukai dan membagikannya. Sertakan kata kunci di halaman judul dan header tapi jangan berlebihan.

Fokus pada deskripsi produk bukan nilai proposisi

Photo credit: Google

Pertama, Anda perlu menemukan masalah yang  perlu dipecahkan atau tugas yang harus dikerjakan. Abaikan spesifikasi produk. Fokus pada nilai proposisi. Bagaimana produk Anda membuat hidup lebih mudah? Dan bagaimana produk ini lebih baik dibanding yang lainnya.

Tinggalkan komentar