Panduan Facebook Ad Untuk Pemula

Apakah Anda ingin mengiklankan sebuah brand di Facebook? Berikut ini adalah panduan dengan informasi penting dan jelas yang akan membantu Anda dalam menciptakan iklan di Facebook agar tujuan Anda bisa tercapai.

Apa yang dimaksud Facebook Ads?

Photo credit: Google

Anda perlu tahu apa yang dimaksud Facebook ads. Facebook menawarkan platform iklan yang akan membantu Anda dalam proses menciptakan iklan di Facebook.

Melalui tool ini, Anda bisa mendesain dan menciptakan kampanye iklan agar Anda bisa mendapat lebih banyak interaksi, traffic lebih tinggi ke website, meningkatkan jumlah follower, penjualan, subskripsi, dan sebagainya.

Karena segmentasi dan penargetan, Anda bisa menjangkau audiens target dengan lebih mudah. Tapi, pada akhirnya, yang jadi tujuan utama adalah peningkatan profit.

Tool iklan di Facebook

Photo credit: Google

Ada dua jenis tol yang Anda perlu tahu untuk menjalankan iklan di Facebook:

  • Power editor. Platform ini diarahkan ke akun dengan beberapa klien. Misalnya, agensi iklan atau marketing yang biasanya menciptakan beberapa iklan di waktu bersamaan. Ini akan membantu mereka punya kontrol yang baik terhadap hasil kampanye iklan.
  • Ads manager. Bila Anda menjalankan projek sendiri atau untuk beberapa klien, maka tool ini lebih tepat untuk Anda. Anda bisa menjalankan kampanye dengan cara yang sangat mudah.

Jenis ads di Facebook

 Photo credit: Google

 

Perhatikan semua jenis ads dan pilih yang paling tepat dengan kebutuhan Anda:

  • Brand Awareness. Ini jadi pilihan tepat bila Anda ingin membangun brand awareness dan menjangkau orang yang mungkin mengenali brand Anda. Anda akan mendapat jumlah pengguna lebih tinggi terkait dengan brand dengan jenis iklan ini.
  • Reach.  Anda bisa pilih pilihan ini bila ingin menunjukkan iklan ke audiens lebih besar. Apakah tujuan Anda meningkatkan jumlah like, share dan komentar? Maka ini pilihan terbaik untuk mencapainya. Jenis iklan ini dikenal sebagai promosi publikasi dan akan membantu meningkatkan engagement. Akan lebih banyak orang datang ke halaman Facebook atau toko online Anda dengan jenis kampanye ini.
  • App installs. Apa Anda punya aplikasi untuk bisnis? Dengan fitur ini Anda bisa buat lebih banyak orang men-download aplikasi Anda.
  • Video Views. Anda bisa juga promosikan video dan desain original Anda dengan gambar Anda sendiri. Ini akan membantu Anda meningkatkan brand recognition.
  • Lead Generation. Apakah tujuan Anda untuk meningkatkan subscription? Dengan jenis kampanye ini, semua akan jadi lebih mudah. Di iklan yang sama Anda bisa kumpulkan semua info relevan menggunakan formulir yang diisi oleh orang yang tertarik di bisnis Anda. Anda tentukan data yang Anda inginkan dari mereka, seperti nama, alamat email, nomor telepon, dan sebagainya.
  • Conversions. Dengan iklan ini, Anda bisa peroleh konversi yang Anda butuhkan, misalnya: penjualan di online store Anda, subskripsi di newsletter blog,download ebook atau agar jasa Anda digunakan.
Baca juga  Tips Mempersiapkan Kehamilan

Bagaimana menggunakan Facebook Ads?

Photo credit: Google

Bila ini pertama kali Anda menciptakan iklan menggunakan Facebook, jangan khawatir, ada panduan cukup detail tentang bagaimana menggunakan jaringan sosial ini untuk menjalankan kampanye Anda.

Misalnya Anda ingin mempromosikan salah satu postingan Facebook Anda untuk meningkatkan jumlah interaksi. Setelah Anda menerbitkan postingan di halaman Facebook, ikuti langkah berikut:

Desain kampanye Anda

Photo credit: Google

Masuk ke profil Facebook atau halaman perusahaan dan pilih “Create Ads” yang bisa Anda temukan di menu drop-down di sisi kanan atas.

FB ADS TEMPLATE BOSS – PLR Version. Ada ribuan paket template iklan Facebook dengan lisensi PLR dimana Anda bisa menggunakan paket ini sendiri.

Objektif kampanye

Photo credit: Google

Setelah ada di halaman Ads Manager, pilih “engagement.”

Nama kampanye

Photo credit: Google

Sebelum mengatur akun iklan, Anda harus memilih nama untuk kampanye Anda. Anda bisa pilih engagement diikuti oleh kata yang Anda rasa sangat mewakili iklan.

Anda juga punya pilihan untuk memilih antara post engagement, page like, dan event responses. Anda bisa pilih post engagement.

Info akun

Anda perlu menentukan informasi dasar seperti negara akun Anda, mata uang untuk pembayaran, dan zona waktu. Anda bias pilih nama akun iklan di pilihan advanced. Anda bisa selalu kembali ke bagian ini dan mengubahnya kapanpun Anda mau.

Pilih audiens target

Photo credit: Google

Apa Anda punya pembeli spesifik? Siapa yang ingin Anda jangkau di iklan ini? Ini bisa jadi langkah yang paling penting untuk kampanye Anda karena ini akan menentukan kesuksesannya.

Tentukan target audiens dengan menempatkan Anda di posisi mereka. Yakni menemukan minat, data demografik, status sosial, dan bahkan perilaku mereka. Semakin jelas dan detail Anda mendefinisikan tentang audiens target, semakin cepat Anda akan menjangkau klien potensial.

Baca juga  Pesta Diskon Produk Digital Ratakan Februari 2019

Placement

Photo credit: Google

Dimana Anda ingin menunjukkan iklan Anda? Di Instagram? Di kolom kanan Facebook? Feeds? Di sini Anda bisa punya kesempatan untuk memilih dimana iklan Anda akan muncul.

Bila Anda ingin iklan muncul di Instagram dan Facebook, lebih baik pertama menciptakan iklan untuk instagram dan lalu mendesain yang lebih tepat di Facebook. Cara ini membuat kampanye Anda lebih efektif dibanding bila Anda menciptakan iklan unik untuk kedua platform.

Budget dan jadwal

Photo credit: Google

Sekarang adalah waktunya menentukan anggaran yang akan Anda gunakan untuk menjalankan iklan.

Anda bisa pilih otomatis menjalankan iklan atau mengatur tanggal awal dan akhir, jadi Anda tidak buang energi melakukannya secara manual. Anda yang putuskan berapa banyak yang Anda habiskan.

Tambahkan nama

Photo credit: Google

Anda perlu memilih nama untuk iklan Anda. Anda bisa gunakan nama simpel untuk digunakan di kampanye Facebook di masa datang.

Ad preview

Photo credit: Google

Bagaimana Anda ingin iklan Anda muncul? Anda bisa pilih antara menciptakan iklan baru atau mempromosikan yang sudah diterbitkan di halaman Facebook Anda.

Bila Anda akan menggunakan postingan yang sudah ada, Facebook akan meminta Anda memilih halaman Facebook yang ingin Anda ciptakan untuk kampanye Anda. Anda bisa juga menghubungkan ke akun Instagram bila Anda ingin iklan yang sama muncul di platform ini. Lalu Anda harus pilih postingan yang akan dipromosikan.

Juga, bila Anda klik pilihan advanced Anda bisa pilih pixel tracking yang akan memonitor konversi website Anda. Dengan Facebook pixel, Anda bisa menjalankan kampanye tertarget di masa mendatang dan mengukur konversi dari iklan Anda.

Urutan H3

Kampanye Anda siap diluncurkan tapi Anda bisa lihat tampilan terakhir untuk memastikan semua sudah benar.

Baca juga  Daftar Hobi Untuk Mengatasi Stres

Klik “review” dan setelah Anda puas dengan hasilnya Anda bisa klik “confirm.” Facebook akan me-reviewnya untuk memeriksa semua keperluan untuk diterbitkan terpenuhi dan dalam beberapa menit, iklan Anda siap ditayangkan.

Tinggalkan komentar