Memanfaatkan Facebook Untuk Bisnis, Apa Saja Yang Perlu Anda Tahu?

Dengan lebih dari 2 juta pengguna aktif, Facebook jadi cara murah dan efektif untuk memasarkan bisnis Anda. Memanfaatkan Facebook untuk bisnis bukan hal yang simpel, karena aturan dan algoritmanya bisa menyulitkan Anda memastikan follower melihat postingan Anda.

Tapi Facebook jadi satu tool terbaik untuk menargetkan audiens spesifik melalui kampanye berbayar. Facebook tahu banyak tentang penggunanya dan platform ini bisa menggunakan informasi ini untuk keuntungan Anda.

Berikut ini fitur dasar dari halaman Facebook untuk bisnis Anda dan bagaimana menggunakannya:

Menciptakan halaman Facebook

facebook untuk bisnis
Photo credit: Google

Untuk menciptakan halaman bisnis, Facebook bisa memandu langkah-langkahnya. Dan Anda bisa selalu meminta bantuan bila dibutuhkan. Ingat, untuk menciptakan halaman bisnis, Anda perlu memiliki akun personal di Facebook.

Selain  informasi dasar yang dibutuhkan oleh Facebook (nama, username, dan kategori bisnis), pastikan untuk menyertakan detail sebanyak mungkin tentang bisnis Anda, seperti kontak informasi, website, akun sosial, foto, bagian “about,” serta lokasi agar pelanggan tahu telah berada di halaman yang tepat.

Ada beberapa fitur penting lain yang perlu diperhatikan di halaman Facebook untuk bisnis Anda:

Tombol

facebook untuk bisnis
Photo credit: Google

Anda bisa tambahkan tombol call-to-action pada bagian atas halaman untuk mendorong pengunjung berinteraksi. Anda bisa sertakan shop, sign up, dan download aplikasi atau game.

Facebook telah meluncurkan pilihan call-to-action baru untuk memberi Anda pilihan tombol yang lebih luas untuk ditampilkan ke pengunjung halaman Anda.

Ulasan

Di sisi kiri halaman, Anda bisa tambahkan link untuk ulasan. Di sini, pelanggan bisa meninggalkan rating bintang dan menulis ulasan tentang bisnis Anda. Ulasan dan rating muncul di atas halaman.

Ulasan ini membantu memverifikasi bisnis Anda dan jadi mudah bagi pelanggan yang merasa puas untuk merekomendasikan produk Anda.

Baca juga  Jasa Konsultan Digital Marketing

Komunitas

facebook untuk bisnis
Photo credit: Google

Halaman community adalah tempat dimana postingan, foto, dan video dari pelanggan muncul. Pelanggan juga bisa check in ke toko Anda di sini. Halaman ini jadi cara audiens berinteraksi dan tahu lebih banyak tentang perusahaan Anda.

Baca tentang hal seru yang bisa Anda lakukan dengan WordPress.

Pesan

Pilihan pesan di bagian atas halaman membawa Anda ke inbox dari audiens. Ini mirip dengan fitur chat yang biasa pada Facebook, tapi Anda bisa merespon atas nama bisnis Anda.

Ingat, pesan halaman bisnis tidak muncul melalui aplikasi pesan Facebook, Anda harus download aplikasi Facebook Page untuk menerima pesan ini di perangkat mobile. Facebook Messenger merupakan layanan pelanggan yang penting, dan pelanggan berharap Anda menggunakannya.

Bahkan, Facebook melacak respon rating dan waktunya agar pelanggan tahu seberapa cepat mereka bisa memperoleh jawaban. Tapi ketika bisnis semakin berkembang,  bisa lebih sulit mengurus volume pesan yang datang.

Insight

Ini merupakan tool analitik yang disediakan oleh Facebook. Penggunaannya gratis, dan ini menunjukkan data tindakan yang diambil, jumlah orang yang Anda jangkau, serta jumlah postingan, dan banyak lagi.

Informasi ini bisa membantu Anda menciptakan kampanye media sosial yang efektif.

Tool untuk publishing

Anda bisa gunakan Facebook Publishing Tools untuk menjadwalkan postingan yang akan live. Anda bisa juga menciptakan video, iklan bisnis, mempromosikan event, melakukan penawaran, menulis catatan, dan menerbitkan aplikasi pekerjaan di sini.

Polling

 

facebook untuk bisnis
Photo credit: Google

Facebook baru-baru ini meluncurkan fitur polling yang membuat Anda tahu tentang pendapat follower. Ini mirip dengan polling pada Twitter.

Anda bisa atur rentang waktu spesifik untuk polling yang Anda jalankan, bisa satu hari, satu minggu, atau sebagainya. Untuk menciptakan polling, Anda masuk ke Page Manager dan pilih “create a poll” dari ikon menu di bawah kotak “write something.”

Baca juga  WhatsApp Marketing: Panduan Pemasaran Gratis Di Aplikasi Chat Terbaik Dunia

Tips menggunakan halaman Facebook untuk bisnis

Setelah Anda menciptakan halaman Facebook untuk bisnis, tantangan yang sebenarnya dimulai, yakni menciptakan dan mendekatkan diri ke follower dan pelanggan.

Berikut ini tips untuk membantu Anda:

Kenali audiens ideal Anda

Facebook punya targeting tool yang tepat. Ini bisa membantu Anda menargetkan demografi dan lokasi spesifik. Tentu Anda perlu tahu ke siapa akan menjual produk lebih dulu. Setelah Anda punya gambaran audiens yang ideal, manfaatkan tool targeting Facebook.

Jangan hanya menjual produk

facebook untuk bisnis
Photo credit: Google

Meski Anda menciptakan halaman bisnis Facebook untuk memperoleh lebih banyak pelanggan, audiens Anda tidak akan merespon dengan baik bila Anda hanya berusaha menjual produk atau layanan ke mereka pada tiap postingan.

Coba untuk lebih personal dalam postingan Facebook Anda. Bantu audiens merasa nyaman dengan Anda dengan membagikan selain konten marketing.

Adakan giveaway dan kontes

Bisa sulit memperoleh traffic yang organik di Facebook, tapi Anda akan terbantu dengan mengadakan giveaway dan kontes.

Anda bisa gunakan layanan seperti Rafflecopter untuk menawarkan insentif karena menyukai atau mengikuti halaman Anda. Ada baiknya meminta follower membagikan halaman Anda dalam mengadakan kontes.

Pastikan giveaway relevan dengan apa yang Anda jual. Anda tidak akan menarik perhatian audiens yang ideal, jika tidak mengadakan giveaway yang diinginkan pembeli ideal Anda.

Buat event dan iklankan

facebook untuk bisnis
Photo credit: Google

Facebook memungkinkan Anda menciptakan event bisnis. Anda bisa undang siapa saja ke event ini. Event bisa jadi cara cerdas untuk dekat dengan audiens dan mengubah mereka menjadi pelanggan.

Bagikan konten relevan dari sumber lain

Bisa makan waktu untuk menciptakan dan membagikan konten original. Anda bisa hemat waktu dan usaha dengan membagikan konten relevan dari sumber lain yang menarik bagi audiens ideal Anda.

Baca juga  Hal Seru Yang Bisa Anda Lakukan Dengan WordPress

Networking dengan sumber lain bisa menguntungkan Anda. Beberapa sumber ini bisa membagikan konten Anda juga, yang bisa membantu Anda terhubung dengan audiens yang lebih luas.

Coba jadwalkan postingan Anda

Bila Anda merasa menghabiskan banyak waktu di Facebook setiap hari, Anda bisa coba jadwalkan postingan. Anda bisa lakukan ini di Facebook, atau Anda bisa gunakan platform pihak ketiga seperti Hootsuite atau Buffer untuk menciptakan dan menjadwalkan konten untuk dibagikan di masa mendatang.

Meski ini memakan waktu di awalnya, tapi bisa menghemat waktu untuk jangka panjang.

Gunakan iklan Facebook

facebook untuk bisnis
Photo credit: Google

Cara terbaik untuk menjangkau audiens yang diinginkan adalah menjalankan iklan Facebook. Meski ini berarti Anda perlu keluar uang, cara ini bisa sangat efektif karena Anda bisa memilih audiens target berdasarkan demografi, perilaku, dan informasi kontak.

Facebook melacak interaksi pada tiap promosi yang Anda jalankan, yang bisa membantu Anda mengembangkan kampanye yang sukses di masa mendatang.

Buat video Facebook untuk bisnis

facebok untuk bisnis
Photo credit: Google

Bila Anda melihat timeline di Facebook, Anda akan temukan banyak sekali video. Ini karena video cocok untuk platform ini. Satu cara untuk menciptakan video Facebook adalah melalui Facebook Live, yang memungkinkan Anda terhubung dengan banyak audiens secara gratis.

Facebook Live merupakan tool yang tepat bagi bisnis kecil untuk terhubung dengan market mereka. Video Live jadi cara cepat untuk terhubung secara langsung dengan follower di saluran media sosial Anda.

 

Tinggalkan komentar