Panduan Tentang Google Plus Untuk Pemula

Apakah Anda baru mendengar Google Plus dan perlu bantuan untuk mulai menggunakannya? Kali ini kita akan membahas panduan memahami Google Plus untuk pemula.

Apa yang dimaksud Google+?

Photo credit: Google

Google Plus ibarat media sosial untuk Google, sebuah perusahaan mesin pencarian terbesar di dunia, dan terintegrasi dengan tiap produk dan layanan seperti Android, YouTube, dan Chrome.

Google Plus merupakan platform dimana individu dengan minat yang sama berkomunikasi, berkolaborasi, dan menciptakan komunitas. Berbeda dengan media sosial lainnya, platform ini memberi Anda kesempatan untuk menjalin relasi jangka panjang dengan konsisten berkomunikasi dengan teman dan ahli dalam berbagai industri.

Kenapa Google+ penting?

Google Plus punya keunikan tersendiri karena fungsinya sebagai micro-blogging, video conference, dan sekaligus sebagai forum komunitas. Sehingga Google Plus menawarkan banyak cara untuk membagikan konten untuk audiens yang tertarik.

Fitur seperti “circle” dan “communities” memungkinkan pengguna memiliki kontrol untuk siapa yang mereka ajak berinteraksi dengan mengatur dan menyortir koneksi.

Google Plus memiliki layanan video-chat serta Hangouts on Air (HOA) dan relasi virtual yang menarik dan menghibur. Terlebih, fitur seperti “Google Plus Local” membuat bisnis lokal dapat meningkatkan visibilitas brand dan berinteraksi dengan pelanggan.

Photo credit: Google

Keuntungan paling besar dari Google Plus mungkin adalah karena didukung oleh brand kuat seperti Google. Meski tidak ada bukti korelasi langsung antara sinyal sosial di jaringan ini dan peringkat halaman pada mesin pencarian, tapi update dari Hummingbird menjelaskan kalau otoritas dan reputasi punya peran sangat penting terhadap peringkat sebuah website.

Postingan pada Google Plus diindeks oleh mesin pencarian. Inbound link yang mengarah ke profil atau halaman Anda jadi sinyal sosial yang kuat, dan memiliki potensi berdampak pada peringkat di mesin pencarian. “Google Authorship” juga jadi cara untuk membangun kredibilitas dan reputasi.

Baca juga  Kontes Nube Warrior Untuk Affiliate dan Blogger

Secara umum, Google Plus menawarkan cara yang efektif dari segi harga dan mudah digunakan yang akan membuat Anda sebagai seorang ahli di industri yang Anda jalankan dan memperkuat brand yang Anda miliki.

Registrasi akun Google+

Photo credit: Google

Proses registrasi cukup sederhana. Bila Anda belum punya akun Google, buat lebih dulu. Atau klik di sini.

Bagian kotak sudah terisi, Anda hanya perlu klik tombol “upgrade” dan akun Anda sudah live. Dari sini, Google akan meminta Anda menambahkan orang dari buku alamat dan menunjukkan bagaimana memulainya.

Satu hal yang penting, jangan biarkan foto profil Anda di kondisi default. Gunakna foto yang jelas, baik foto profesional atau foto Anda ketika melakukan hobi favorit atau aktivitas bersama teman atau keluarga.

Memperbaharui cover foto akan meningkatkan minat ke Anda, minat pada profil dan minat pada konten Anda. Di media sosial, minat yang mengarah ke networking, jadi hal yang sangat penting.

Circle (lingkaran) pada Google Plus

Photo credit: Google

Circle pada Google Plus ibarat kategori. Anda kemungkinan punya banyak minat dan mencari orang yang punya minat yang sama di Google Plus. Ini jadi lebih mudah dan seru dengan pencarian cepat di Google Plus. Dengan “circle” Anda bisa kelompokkan orang sesuai minat Anda.

Ciptakan banyak kelompok “circle” sesuai  minat atau bisnis Anda. Tidak ada batasan untuk jumlah kelompok “circle” yang Anda ciptakan.

Membagikan postingan pada Google Plus

Photo credit: Google

Untuk share sesuatu di Google Plus Anda hanya perlu cari ikon panah kecil di bawah postingan yang akan Anda share, lalu klik tombol “share” untuk membagikan postingan tersebut.

Anda bisa share untuk publik atau share sebuah postingan ke komunitas, atau share postingan secara privat ke kelompok circle mana saja yang Anda punya.

Baca juga  Pelayanan Ratakan Selama Libur Lebaran Idul Fitri 2017

Bila memilih “Your Circles” sebagai pilihan untuk share, maka postingan akan terlihat oleh siapa saja yang ada di kelompok circle Anda.

Tapi bila Anda memilih “Extended Circles” maka postingan Anda bisa dilihat oleh semua circle Anda dan circle dari orang lain. Membagikan konten ke extended circle akan membuat semua orang yang punya akses melihat postingan Anda.

Meningkatkan engagement menggunakan Google Plus

Photo credit: Google

Google Plus adalah platform media sosial dan karenanya engagement jadi kunci kesuksesannya. Platform ini dibuat berdasarkan prinsip belajar, berbagi, peduli, dan tumbuh sebagai komunitas.

Google Plus menjadi networking yang bagus karena menghargai konten orang lain akan membuat lebih banyak orang melihat profil dan postingan Anda. Membangun relasi jadi hal yang sangat penting untuk berhasil, dan mengikuti sinyal ini akan membuat Anda menciptakan relasi yang tepat di cara yang benar.

“Mention” pada Google Plus

Photo credit: Google

“Mention” atau “tag” orang lain jadi sinyal sosial paling kuat di Google Plus dan digunakan ketika Anda ingin menyebutkan kontribusi seseorang baik secara publik atau privat. Keduanya ibarat alarm dengan menarik perhatian orang yang disebutkan.

Untuk “mention” seseorang, cukup ketik “+” diikuti oleh nama orang. Notifikasi akan segera terkirim ke orang tersebut yang kemudian orang tersebut kembali “mention” Anda.

Bila Anda mention orang yang tidak ada di circle Anda, tindakan ini akan membuat mereka tertarik mengecek profil dan mem-follow Anda. Sehingga tanda plus sederhana (+) punya potensi menciptakan koneksi yang menguntungkan.

Me-tag seseorang juga jadi cara untuk mengungkapkan terima kasih di platform ini, dan sangat bermanfaat ketika membagikan postingan. Ketika Anda me-tag penulis asli saat membagikan postingan, Anda tidak hanya meningkatkan minat mereka tapi juga jadi cara untuk mengirim ucapan terima kasih secara personal untuk konten yang sangat bagus.

Baca juga  Tips Email Marketing Untuk Bisnis Berskala Kecil
Photo credit: Google

Bila Anda share kembali postingan yang sudah dishare, sebutkan penulis aslinya dan orang yang pertama share postingan. Bila postingan sudah dishare berkali-kali, sebutkan penulis asli dan satu atau dua orang yang  share postingan tersebut.

“Mention” dan “share” jadi alat yang sangat menguntungkan di Google Plus untuk menciptakan relasi saling menguntungkan.

Pilihan format pada Google Plus

Photo credit: Google

Ada 3 cara untuk membentuk teks di postingan Google Plus, yaitu:

–          *Bold*, menggunakan tanda asterisk akan membuat teks jadi bold

–          _Italics_, menggunakan tanda baca ( _ ) akan membuat teks berbentuk italics

–          -Strikethrough-, menggunakan tanda baca ( – ) akan membuat teks punya efek tercoret.

Dengan memanfaatkan format di atas postingan Anda akan menarik perhatian dan membuat teks lebih menarik di mata pembacanya.

Tinggalkan komentar