Hal Seru Yang Bisa Anda Lakukan Dengan WordPress

WordPress merupakan tool paling populer untuk menciptakan website. WordPress bisa menciptakan website dengan beragam style, mulai dari yang sederhana hingga website dengan fitur lengkap untuk keperluan bisnis. Anda bahkan bisa gunakan WordPress untuk menciptakan toko online.

Anda belum pernah membuat website sebelumnya? Tak jadi masalah. Dengan WordPress, Anda tidak perlu punya skill untuk coding dan desain untuk menciptakan situs dengan tampilan profesional. Ada ribuan desain situs gratis yang bisa dipilih.

Dengan WordPress, mudah untuk membangun website tanpa menulis kode atau mengetahui apapun tentang HTML.

Selama lebih dari satu dekade, WordPress telah membuktikan diri sebagai platform blogging dan content managing system yang kuat. WordPress mejadi tool terpercaya berisi plugin, tema, dan feature yang menciptakan pengalaman lebih baik.

Meski dikenal sebagai tool untuk menjalankan sebuah blog atau website, WordPress bisa juga melakukan hal lain lebih dari sekedar menerbitkan postingan blog.

Misalnya, berikut ini beberapa hal menarik yang bisa ditambahkan ke situs WordPress Anda:

WordPress Multisite

wordpress
Photo credit: Google

Feature ini pertama kali diperkenalkan di tahun 2010 dan bisa mengubah sebuah website menjadi jaringan website. Ini berarti website Anda bisa dipecah menjadi bagian seperti forum atau online shop.

Tiap bagian bisa punya style berbeda sehingga Anda bisa membedakan tiap halamannya. Yang menarik adalah WordPress Multisite memungkinkan seseorang menjadi super administrator sehingga ia bisa punya kontrol penuh terhadap tiap halaman di jaringan ini.

Anda bisa atur fitur multisite dengan menambahkan garis berikut di wp-config.php file:

/* Multisite */

define( ‘WP_ALLOW_MULTISITE’, true );

Dari sini, ikuti instruksi agar Anda tidak bermasalah menjalankan fitur ini.

Yang perlu diingat, fitur ini bukan pilihan tepat untuk blog personal, website portfolio, atau untuk mengatur beberapa website. Tapi jadi sumber yang baik bila situs Anda mirip dengan WordPress.com.

Baca juga  Jasa Konsultan Digital Marketing

Social Network

Tahukah Anda kalau Anda bisa mengubah WordPress menjadi jaringan sosial? Ini bisa jadi alat yang tepat bila Anda ingin mencapai niche audiens, seperti tim olahraga atau perusahaan. Anda bisa lakukan ini melalui BuddyPress.

BuddyPress memungkinkan pengunjung melakukan sign up, menciptakan profil, dan menerbitkan pesan.

Dari sana, Anda bisa gunakan BuddyPress untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan audiens. Dan ada lebih dari 330 plugin sehingga Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Plugin populer lainnya yang bisa mengubah situs WordPress menjadi jaringan sosial adalah WPSymposium.

Forum

wordpress
Photo credit: Google

Forum sangat tepat ketika Anda berencana membangun komunitas. Itu sebabnya WordPress memiliki bbPress untuk membantu Anda mengatur dan membangun komunitas di dalam situs WordPress.

bbPress mudah pengaturannya dengan instal satu kali klik dan bentuk fiturnya untuk multi situs.

Selain bbPress, plugin untuk forum dan tema lainnya adalah:

CM Answers

Merupakan forum diskusi tanya jawab gratis. Beberapa fitur mengagumkan yang dimiliki antara lain social login, kemampuan untuk mengupload lampiran, kode pendek, dan integrasi dengan komentar BuddyPress dan WordPress.

AnsPress

Mirip dengan CM Answer, forum diskusi tanya jawab ini memberi Anda kemampuan untuk memilih pertanyaan dan jawaban serta mengedit komentar.

Fitur yang lebih baru ditambahkan berupa kategori halaman, tag halaman dan halaman kategori, sistem point, dan tema.

Forum Engine

wordpress
Photo credit: Google

Desainnya moderen, simpel, dan responsif yang bisa digunakan sebagai forum utama atau sub domain. Selain terlihat bagus, Anda bisa ikuti postingan atau topik, login dengan akun sosial dan melakukan update mingguan.

Keamanan

Bila Anda menjalankan website yang baru, keamanan jadi masalah serius. Meski kebanyakan orang menyadari untuk fokus pada keamanan, banyak situs masih bisa di-hack setiap hari. Dan ini berarti sekitar 30.000 situs baru setiap hari, termasuk situs dari bisnis yang bagus.

Baca juga  WhatsApp Marketing: Panduan Pemasaran Gratis Di Aplikasi Chat Terbaik Dunia

Bagaimana memastikan situs Anda tidak termasuk daftar yang di-hack?

Satu cara memastikan situs Anda dikode dengan benar dan diperiksa secara teratur, Anda perlu download plugin keamanan seperti iThemes Security.

Beberapa fitur perlindungannya mencakup:

  • Login pengguna
  • Autentikasi 2 factor
  • Import/export settings
  • Kemampuan untuk melindungi banyak situs
  • Menyembunyikan keamanan WordPress yang rentan
  • Menolak pengguna bermasalah
  • Memonitor situs
  • Backup database.

Situs e-commerce

wordpress
Photo credit: Google

Tahukah Anda kalau Anda bisa mengubah situs WordPress menjadi situs e-commerce?

Satu cara paling populer untuk monetisasi situs adalah melalui WooCommerce. Plugin ini memberi Anda kemampuan untuk melacak penjualan, tingkat stock, dan review. WooCommerce juga dilengkapi dengan payment gateaway seperti PayPal Standard, BACS, serta Cash on Delivery.

WooCommerce juga menangani semua kebutuhan pengiriman. Yang terpenting, WooCommerce menjaga semua kebutuhan bisnis online Anda.

Galeri gambar

Bagaimana jika Anda seorang fotografer yang perlu menunjukkan hasil karya? WordPress bisa digunakan sebagai galeri gambar.

NextGEN Gallery Plugin tidak hanya meng-upload gambar, Anda bisa juga mengontrol ukuran, style, transisi, dan efek lightbox. Plugin ini juga punya feature style display berupa slideshow dan thumbnail gallery.

Photo Gallery jadi plugin lain yang memberi Anda kekuatan untuk menciptakan galeri gambar. Plugin ini bisa memberi Anda kemampuan untuk menciptakan thumbnail, slideshow, album, atau galeri dengan style blog.

Job board

wordpress
Photo credit: Google

Baik Anda seorang agensi perekrutan, pengusaha, pengembang web, atau blogger, Anda bisa gunakan WordPress sebagai job board.

Salah satu job board paling efektif di WordPress adalah WPJobBoard dengan banyak sekali fiturnya.

Misalnya, ada mesin pencarian yang bisa membantu mempersempit pencarian pekerjaan berdasarkan lokasi, tipe pekerjaan, kategori, atau kapan pekerjaan ditampilkan.

Ada juga lamaran pekerjaan yang bisa disesuaikan, profil perusahaan, dan job alert.

Baca juga  Jasa Promosi Sosial Media

Tersedia pula widget yang bisa membantu meningkatkan engagement pada situs. Ditambah tombol Apply From LinkedIn.

Instalasi satu kali klik memudahkan plugin ini digunakan untuk terhubung dengan pihak ketiga seperti PayPal. Selain itu, WPJobBoard bisa bekerja pada tema WordPress apa saja.

Tema job board lain untuk WordPress adalah Jobify, Jobera, WPJobus, JobEngine dan Suburbs.

Baca artikel lainnya tentang kesalahan ketika membersihkan wajah.

Project Management /Editorial Tool

Anda bahkan bisa gunakan WordPress sebagai alat editorial atau project management untuk menciptakan kalender atau jadwal artikel. Salah satu plugin yang bagus untuk manajemen project dan dokumen adalah SP Project & Document Manager.

Plugin ini membuat Anda bisa mengatur, membagikan, mengupload, dan malacak file bersama kolega Anda.

TaskFreak! Jadi plugin lainnya yang membuat tugas managing jadi mudah. Plugin ini memberi Anda kemampuan untuk menciptakan dan mengarahkan tugas, serta menyediakan data kemajuan tugas.

Membangun website dengan banyak bahasa

wordpress
Photo credit: Google

WordPress membantu Anda menciptakan dan mengatur konten website multibahasa Anda. Ini terutama sangat membantu untuk bisnis global.

Dapatkan ebook tentang Tutorial WordPress untuk Pemula!

Tinggalkan komentar