Ingin Berhenti Merokok? Coba Beberapa Tips Ini

Anda siap untuk menghentikan kebiasaan merokok? Berikut ini beberapa tips yang bisa membantu Anda bebas dari rokok.

Bila Anda akhirnya mencapai titik dalam hidup dimana Anda merasa siap untuk berhenti merokok, ini satu hal yang bagus. Tapi langkah ini tidak akan mudah dan Anda perlu pastikan Anda siap. Anda harus mengatasi ketagihan nikotin, yang bisa sangat sulit.

Sebelum Anda memutuskan hari Anda berhenti merokok, buat daftar alasan kenapa Anda ingin berhenti. Ketika Anda ingin merokok setelah beberapa hari berhenti, tarik daftar ini dan ingatkan diri sendiri kenapa Anda melakukannya.

Berikut ini beberapa ide untuk memulainya:

–          Saya ingin meningkatkan kesehatan

–          Saya melakukannya demi keluarga

–          Saya menghabiskan banyak uang untuk rokok

–          Saya ingin bebas dari ketergantungan

–          Saya tidak ingin berbau seperti asap rokok.

Tips untuk membantu berhenti merokok

Coba beberapa tips di bawah ini untuk bebas dari rokok:

Pilih hari

Photo credit: Google

Ini penting karena memberi Anda tujuan yang spesifik. Pilih hari, mungkin di awal minggu, atau di awal bulan. Bila Anda merasa tidak bisa berhenti merokok secara drastis, Anda bisa mulai mengurangi merokok, hingga hari anda berhenti.

Menetapkan hari juga berarti Anda punya waktu untuk menciptakan rencana dan mencari orang yang akan mendukung Anda. Ini seperti menjalani tes, Anda perlu belajar.

Metode cold turkey (berhenti merokok secara drastis) terbukti menjadi metode paling berhasil, tapi juga yang paling sulit.

Ubah rutinitas dan hindari pemicu merokok

Photo credit: Google

Lihat rutinitas harian Anda dan identifikasi kapan Anda merokok, apakah ketika minum kopi di pagi hari, setelah sarapan, atau saat makan siang.

Anda perlu buat perubahan pada rutinitas harian dan menghentikan kebiasaan ini. Bila Anda minum kopi dan merokok di pagi hari, coba ganti dengan minum teh. Merokok setelah makan? Ganti dengan jalan-jalan sebentar.

Baca juga  Mengenal Jenis dan Penyebab Jerawat Serta Pengobatannya

Hindari perokok dan apa saja yang membuat Anda ingin merokok, terutama di beberapa hari pertama.

Tunggu, masa kritis akan berlalu

Photo credit: Google

Beberapa kali Anda sangat ingin kembali merokok, ini akan sulit. Dada terasa kencang, Anda merasa cemas, panik dan otak memberitahu kalau rokok akan membuat Anda merasa lebih baik.

Nikotin yang membuat sulit bagi Anda untuk berhenti merokok dan para ahli mengatakan kalau mantan perokok akan menginginkan nikotin satu hingga dua jam setelah mereka berhenti. Tubuh Anda menginginkan nikotin dan menjadi ketergantungan, dan tekanan darah serta detak jantung akan menyesuaikan karena Anda merasa kekurangan.

Tapi berita bagusnya adalah masa kritis ini terbatas, biasanya hanya berlangsung 3 sampai 5 menit, baik Anda merokok atau tidak. Salah satu solusinya, cari cara untuk mengalihkan diri, hubungi teman, minum segelas air, berjalan-jalan, tarik napas panjang, atau bermain game di handphone.

Keinginan untuk kembali merokok ini paling kuat selama minggu pertama bila Anda berhenti dengan metode drastis, untungnya keinginan untuk kembali merokok jadi kurang sering seiring bertambahnya hari, minggu, dan bulan berlalu. Tapi jangan terkejut bila Anda tiba-tiba ingin merokok setelah 6 bulan berhenti.

Menyibukkan diri

Photo credit: Google

Apakah Anda merasa bersalah merokok ketika merasa bosan? Setelah Anda berhenti, kebosanan ini akan jadi lebih panjang dan lebih sulit untuk diatasi. Cari cara untuk membuat diri Anda sibuk.

Menyibukkan diri akan membuat Anda jauh dari merokok. Anda bisa mengunyah permen karet, meditasi, membuat tangan sibuk dengan pulpen, pergi ke bioskop atau menghabiskan waktu bersama orang yang tidak merokok, teman, dan keluarga.

Tetap terhidrasi

Photo credit: Google

Meminum banyak air akan membantu mengeluarkan nikotin dari tubuh. Ketika keinginan muncul dan Anda merasa Anda harus merokok, coba minum air putih dingin. Ini akan membantu Anda menghindari cemilan yang tidak sehat, yang bisa memicu penambahan berat badan.

Baca juga  Pengumuman dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H

Tetap aktif

Photo credit: Google

Merokok menyebabkan kerusakan pada paru-paru, yang jadi penyebab kenapa Anda jadi kelelahan setelah berjalan naik tangga atau kehabisan napas setelah berlari mengejar bus. Setelah Anda berhenti merokok, tubuh harus tetap aktif, mulailah perbanyak jalan kaki dan olahraga untuk paru-paru.

Selain itu, Anda bisa mengganti kebiasaan buruk dengan yang baik. Anda bis berhenti merokok dan mulai jogging. Semakin Anda fit, semakin sedikit keinginan Anda untuk kembali merokok.

Ingatkan diri kalau semua akan lebih mudah

Photo credit: Google

Beberapa hari pertama setelah berhenti adalah yang paling sulit, Anda akan berjuang dengan keinginan untuk merokok. Anda mengalami sakit kepala karena tidak mengonsumsi nikotin, Anda juga mengalami sakit tenggorokan bahkan insomnia.

Tapi terus ingatkan diri kalau semua akan lebih baik dan terus baca daftar kenapa Anda memutuskan untuk berhenti.

Efek samping ini normal dan akan membaik dalam beberapa hari dan hilang dalam 14 hari. Dua hingga tiga hari pertama adalah yang paling sulit.

Tidak ada momen spesial atau momen krisis untuk boleh merokok

Photo credit: Google

Anda mungkin merasa Anda bisa merokok satu batang saja selama waktu stres di tempat kerja atau di kesempatan yang istimewa. Tapi Anda bukan lagi perokok, Anda tidak boleh merokok lagi. Satu batang rokok akan memicu rokok lain dan sebelum Anda menyadarinya Anda sudah kembali ke kebiasaan buruk ini.

Seperti apa Cara Ekstrim Berhenti Merokok?

Hindari menambah berat badan

Photo credit: Google

Banyak orang yang siap berhenti merokok khawatir tentang penambahan berat badan yang sering terkait dengan berhenti merokok. Tapi ini tidak selalu terjadi dan tidak semua mantan perokok mengalami penambahan berat badan.

Para ahli menyarankan makan di waktu yang teratur selama siang hari dan ngemil buah di sela waktu makan. Tingkatkan asupan air dan luangkan waktu untuk berolahraga. Menambah berat beberapa kilogram jauh lebih baik dibanding membuat Anda berisiko mengalami sakit jantung, stroke, atau kanker.

Baca juga  Yang Perlu Anda Tahu Tentang Search Engine Optimization

Kenapa sangat sulit untuk berhenti merokok?

Photo credit: Google

Selain risiko kesehatan, Anda tahu kalau merokok buruk untuk Anda dan tidak menawarkan manfaat apapun. Jadi kenapa sangat sulit untuk berhenti merokok?

Coba pikirkan psikologi di baliknya, ketika Anda berhenti merokok, Anda seperti berhenti dari hidup. Anda tidak bisa merokok lagi. Itu yang membuat ini sulit dilakukan.

Ketika Anda menjalani diet, misalnya, Anda tahu Anda berhenti dari mengonsumsi gula atau alkohol untuk waktu yang terbatas, dan setelah Anda memperoleh berat badan yang diinginkan,  Anda boleh saja sesekali mengonsumsi gula. Tapi untuk merokok, Anda tidak bisa kembali melakukannya setelah berhenti.

Tinggalkan komentar