Tips Menciptakan Lingkungan Kerja Yang Positif

Untuk mendapat hasil maksimal dari pegawai Anda, Anda harus ciptakan lingkungan kerja yang positif untuk seluruh team. Ketika orang merasa diterima dan senang, mereka menjadi lebih termotivasi dan lebih baik dalam bekerja. Bukankah ini formula yang bagus?

Memang butuh waktu, tapi proses menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan memberi tujuan yang masuk akal, antara lain dalam bentuk performa pegawai yang berdedikasi. Lagi pula, seorang manager bertanggung jawab mengurus teamnya, tidak hanya bertugas menghasilkan projek yang bagus.

Kenapa lingkungan kerja yang positif dibutuhkan?

Photo credit: Google

Lingkungan kerja yang positif mendorong individu dari semua tingkat pengalaman menjadi fokus pada tugas dan projek yang sedang mereka kerjakan. Ketika pegawai merasa mereka bisa bicara tentang apa yang mereka anggap sebagai ide terbaik untuk memecahkan masalah atau membuat produk atau layanan jadi lebih baik, mereka akan merasa terbuka untuk mendiskusikan ide kreatif mereka. Perspektif yang segar selalu penting untuk menjadi produktif.

Ketika kantor tidak produktif, reaksi pertama dari banyak manager atau pemilik bisnis adalah membuat aturan serba ketat. Meski penting untuk punya aturan, tapi aturan yang terlalu ketat bisa membuat orang punya perasaan negatif tentang bekerja dengan Anda. Bila seseorang tidak senang dengan lingkungan kerjanya, mereka kemungkinan akan kurang berkontribusi pada perusahaan.

Bila Anda ingin pegawai terus produktif, Anda perlu pastikan mereka merasa senang, terbuka untuk kerja sama, dan bisa mengungkapkan kreativitas mereka. Dengan mendorong budaya kerja positif yang mendorong hal ini, pegawai bisa menjadi lebih fokus pada bisnis Anda dan jadi lebih produktif.

Berikut ini tips untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif untuk team Anda:

Dialog personal dengan para pegawai

Photo credit: Google

Ketika Anda berusaha untuk terhubung dengan anggota team secara personal, baik sebagai individu maupun sebagai kelompok, Anda menempatkan diri di posisi untuk memotivasi mereka. Bukan hal sulit untuk mengirim pesan pendek melalui email, dan berharap terjalin komunikasi yang baik.

Baca juga  Cara Menghasilkan Uang Melalui Ebook

Atau Anda hanya fokus pada apa yang perlu dilakukan selanjutnya dan lupa mengambil jeda, melihat sekitar, dan mengenal pegawai Anda. Jangan melakukan kesalahan ini. Tanyakan ke anggota team tentang tujuan karir mereka.

Yang juga perlu diingat, kita semua manusia, dan kebanyakan manusia merespon dengan baik pada hal yang nyata, dalam bentuk komunikasi personal yang menunjukkan “Anda berarti.”

Tunjukkan apresiasi

Photo credit: Google

Salah satu keluhan terbesar dari pegawai adalah mereka tidak merasa dihargai. Bila Anda tidak bisa memberi pujian ke pegawai, hal mudah untuk memulainya adalah dengan mengucapkan terima kasih.

Rahasia Diterima Kerja. Ketahui teknik wawancara kerja yang memukau yang belum pernah dibahas di manapun dengan cara yang sudah terbukti berhasil.

Langkah selanjutnya adalah memberi apresiasi yang berarti. Anda bisa ungkapkan  pekerjaan bagus yang dilakukan pegawai dengan gambaran lebih detail di depan banyak orang. Dengan begitu, pegawai bisa memahami apa yang telah mereka lakukan dengan baik, dan melakukannya lebih baik lagi.

Selain itu, pujian yang detail menunjukkan Anda memberi perhatian dan tidak memberi pujian tanpa arti. Ketika orang merasa telah melakukan tugas yang bagus, mereka ingin meningkatkannya jadi lebih baik lagi.

Dengarkan ide semua anggota team

Photo credit: Google

Seluruh team punya ide bagus. Mereka membawa pengalaman dan persepsi sendiri ke projek yang mereka sedang fokus kerjakan.

Anda mungkin tergiur untuk mengikuti protokol karena Anda tahu kalau ini akan berhasil dengan baik. Tapi saat ini dunia bergerak sangat cepat dan tidak ada yang tetap di posisi status quo untuk waktu terlalu lama.

Jadi sebaiknya, buat kebijakan untuk mendengar ide baru. Anda bisa tetapkan waktu yang tepat untuk ini. Dan ini akan membuat orang merasa mereka dihargai sebagai bagian dari team. Coba terapkan ide yang dianggap bagus, karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi.

Baca juga  sumber traffik online yang paling menguntungkan saat ini

Komunikasi yang efektif

Photo credit: Google

Komunikasi dua arah sangat dibutuhkan. Komunikasi yang terbuka dan jujur adalah cara pertama untuk mencegah konflik dan kesalahpahaman. Tetap membuat orang terinformasi jadi cara mudah untuk membuat mereka merasa jadi bagian dari perusahaan, bukan ditinggalkan di kegelapan yang bisa memicu kemarahan. Selain itu, ini jadi cara untuk memastikan semua orang melakukan tugas dengan benar.

Percaya anggota team Anda

Photo credit: Google

Bagi sebagian orang, ini adalah aturan yang sulit untuk diterapkan. Boba bangun asumsi kalau team terdiri dari orang yang kompeten, dewasa, dan bertanggung jawab yang tidak perlu diperlakukan seperti anak kecil.  Pada akhirnya, orang akan bertingkah seperti cara mereka diperlakukan. Ini berarti, ketika Anda mendelegasikan tugas, biarkan individu melakukan sendiri tugas yang Anda berikan.

Sikapi kerja keras pegawai

Photo credit: Google

Akan sangat baik bila Anda memberi penghargaan untuk pegawai yang melakukan tugas dengan baik. Menyikapi individu yang bekerja keras akan mendorong mereka untuk terus bekerja dengan baik. Ini juga menanamkan nilai kalau kerja keras diapresiasi dan mendorong pegawai lain untuk berkembang agar mendapat rekognisi serupa.

Rapat staf jadi waktu yang tepat untuk menunjukkan kerja pegawai Anda. Anda bisa gunakan waktu dua menit untuk bicara tentang pencapaian pegawai Anda. Penghargaan lain yang efisien dari segi biaya bisa dengan memberikan pegawai yang bekerja keras kesempatan untuk pulang kantor lebih awal atau datang terlambat, atau  sediakan hadiah seperti kartu ucapan.

Area kerja yang baik

Photo credit: Google

Ruang kerja sendiri harus jadi tempat yang menyenangkan. Kantor harus punya konsep terbuka, bukan dalam bentuk sekat yang membuat orang saling terisolasi. Mengurangi sekat mendukung komunikasi dan kerja team.

Selain itu, tiap pekerja membutuhkan ruang yang cukup untuk bekerja. Ini termasuk meja dan kursi yang layak dan nyaman. Juga, akan lebih bagus bila pegawai bisa memilih dimana mereka akan duduk, meski ini tidak selalu memungkinkan.

Baca juga  Tujuan Pelatihan Digital Marketing

Spontan dan bersenang-senang

Photo credit: Google

Tiap orang ingin merasa senang di tempat kerja, meski tiap orang mendefinisikan kesenangan ini dengan cara sedikit berbeda. Tapi bila Anda bisa menerapkan tips di atas, maka kesenangan atau keseruan bisa jadi bagian yang alami dari pekerjaan tiap orang.

Keseruan terjadi ketika orang merasa terhubung dengan team dimana ada saling menghormati, komunikasi terbuka, menerima  orang lain, dan bekerja untuk tujuan yang sama.

Ketika team bekerja bersama dengan baik, akan lebih mudah untuk menjadi spontan dan menikmati keseruan, baik dalam bentuk kebersamaan setelah peluncuran projek atau jeda di siang hari untuk berbagi cerita dan tertawa tentang satu hal yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pekerjaan.

Kadang kita semua butuh jeda dari keseriusan dalam bisnis. Dan ingat, baik Anda sebagai pemimpin team atau anggota team, tiap orang punya peran dan berkontribusi pada lingkungan kerja Anda.

Tinggalkan komentar