8 Tips Memperoleh Review Bagus Dari Pelanggan

Ada banyak faktor yang menentukan keputusan pelanggan untuk membeli produk dari perusahaan Anda.

Misalnya, ketika seseorang ingin membeli sesuatu, ia akan meminta rekomendasi dari teman dan lalu melakukan pencarian online.

Kepercayaan pelanggan terhadap rekomendasi teman dan keluarga melebihi kepercayaan mereka terhadap iklan sebuah brand. Dan ketika tidak ada rekomendasi dari teman atau keluarga, ini membuat sebanyak 85 persen review online jadi sumber iklan yang bisa dipercaya.

Sebanyak 60 persen pelanggan yakin review pelanggan sangat bisa dipercaya, berarti bisnis yang bisa mengumpulkan review positif punya kesempatan untuk membuat pelanggan melakukan pembelian.

Penelitian lain menyatakan review positif dari pelanggan membuat 73 persen pelanggan lebih percaya pada sebuah bisnis, dan 57 persen pelanggan mengunjungi website perusahaan setelah membaca review positif.

Ini juga berarti bisnis bisa tumbuh dan berkompetisi, mereka butuh pelanggan yang membagikan review positif untuk membuat lebih banyak pengunjung datang ke website mereka.

Photo credit: Google

Untungnya, biasanya pelanggan tidak keberatan membantu Anda. Sebuah survey menyatakan dari 74 persen pelanggan yang diminta untuk memberi feedback, sebanyak 68 persen bersedia melakukannya.

Jadi yang perlu Anda lakukan adalah meminta dan mereka dengan senang hati melakukannya.

Lalu bagaimana membuat pelanggan menulis review positif yang bisa membantu Anda meningkatkan penjualan? Bagaimana Anda memastikan pelanggan puas dan cukup senang untuk dimintai review yang Anda butuhkan?

Berikut ini strategi yang akan membuat Anda memperoleh review positif dari pelanggan:

Sediakan tempat terpisah untuk meninggalkan ulasan

Photo credit: Google

Sebelum pelanggan potensial masuk ke website untuk mengenal bisnis Anda, pastikan mereka bisa tahu tentang Anda dimanapun mereka melakukan pencarian online.

Ada beberapa situs pihak ketiga yang orang gunakan untuk tahu lebih banyak tentang bisnis atau produk:

Baca juga  Tips Keamanan Berinternet Untuk Anak

1. Yelp

Yelp dan Facebook jagi sumber review pelanggan yang paling dipercaya. Jadi pastikan bisnis Anda terdaftar dan up to date.

Pastikan Anda secara teratur memonitor komunikasi yang datang. Pemilik bisnis yang responsif ditandai dengan waktu respon dan tingkat respon yang bisa mendorong pembaca maju ke proses menjadi pelanggan.

2. Facebook

Anda juga perlu mengklaim bisnis Anda di halaman Facebook agar pelanggan potensial bisa menemukan Anda untuk tahu lebih tentang Anda tanpa harus meninggalkan jaringan sosial mereka.

Facebook jadi situs yang memberi reward terhadap tingkat respon yang tinggi, jadi pastikan Anda mempekerjakan seseorang untuk memonitor pesan yang masuk di media sosial yang Anda optimasi untuk memperoleh pelanggan baru.

3. Google

Gunakan Google My Business untuk mengklaim bisnis Anda di mesin pencarian terbesar di dunia ini, dimana pelanggan potensial akan menemukan Anda ketika mereka mencari informasi di Google atau mencari arah di Google map.

Orang juga suka memberi review melalui Google, yang muncul di hasil pencarian bisnis Anda.

Optimasi konten

Photo credit: Google

Review pelanggan bisa datang mulai dari pelanggan yang senang  atau tidak senang di situs pihak ketiga. Tapi setelah orang ada di situs Anda, pastikan mudah begi mereka meninggalkan review di sana.

Optimasi website Anda, blog post, dan email untuk menyediakan cara cepat dan mudah untuk menulis review dengan:

  • Mengatur website agar dengan cepat dan mudah mengarahkan pelanggan ke halaman Facebook untuk membaca dan meninggalkan review.
  • Optimasi website untuk perangkat mobile untuk orang yang datang ke website ketika mereka browsing media sosial atau melakukan pencarian dari handphone.
  • Bila Anda meminta pelanggan untuk memberi review melalui email, buat email yang singkat dan cepat.
Baca juga  Kursus Digital Marketing Murah

Berikan insentif

Photo credit: Google

Waktu Anda sangat berharga, dan  begitu juga waktu pelanggan, jadi pastikan Anda memberi pelanggan alasan untuk memberi review.

Tawarkan insentif untuk membuat pelanggan ingin menulis review, seperti diskon atau kode kupon, atau uang tunai.

Meminta di momen yang tepat

Photo credit: Google

Pastikan Anda mengumpulkan review pelanggan di momen yang tepat untuk mendapat hasil yang optimal.

Coba pikirkan, bila Anda meminta review di waktu yang salah, ini bisa menyebabkan pelanggan memberi review negatif yang banyak orang bisa baca ketika mempertimbangkan apakah membeli produk dari bisnis Anda.

Minta review pelanggan setelah momen positif seperti:

–          Setelah mereka mengalami atau menunjukkan keberhasilan dengan produk atau layanan Anda.

–          Ketika mereka membeli kembali atau memesan kembali.

–          Setelah mereka tag brand Anda di postingan media sosial.

–          Bila mereka menghabiskan waktu di website Anda untuk browsing produk atau layanan lain.

–          Bila mereka mengajak orang lain membeli dari Anda.

Ini hanya beberapa contoh tanda pelanggan cukup puas sehingga mereka meninggalkan review positif untuk bisnis Anda.

Respon tiap review, termasuk review yang negatif

Photo credit: Google

Tak ada yang sempurna, dan kesalahan kadang terjadi yang menyebabkan pelanggan meninggalkan satu bintang saja di website, Facebook, atau Yelp.

Ketika Anda mendapat review satu bintang, pastikna untuk meluangkan waktu meresponnya, tanpa bersikap defensif. Ini hal tepat untuk dilakukan bila Anda memberi layanan untuk pelanggan dan ini sebenarnya bisa membantu bisnis Anda untuk jangka waktu panjang.

Beri review bagus lebih dulu ke pelanggan

Photo credit: Google

Bila Anda ingin pelanggan meninggalkan review, Anda bisa memberi mereka review lebih dulu.

Tapi Ini tidak selalu memungkinkan (bergantung industri dan produk Anda), tapi pada banyak kasus, Anda bisa mengajak pelanggan saling berbagi review positif.

Telegram Marketing Secrets.  Ebook panduan langkah demi langkah yang akan menunjukkan cara meningkatkan pendapatan bisnis Anda dengan teknik pemasaran Telegram.

Meminta secara langsung

Photo credit: Google

Bila Anda punya hubungan dekat dengan pelanggan, jangan ragu untuk memberi sentuhan personal, dan minta pelanggan untuk memberi review tentang pengalaman mereka secara langsung.

Baca juga  Tips Menggunakan LinkedIn Untuk Marketing

Bila Anda mengajak pelanggan ke kafe atau mengundang mereka ke salah satu event perusahaan, Anda bisa bertanya apakah produk atau layanan Anda jadi solusi untuk masalah mereka.

Anda bisa tahu kalau mereka berhasil atau tidak berdasarkan komunikasi reguler yang Anda lakukan, jadi Anda akan bertanya ke pelanggan yang Anda tahu telah berhasil.

Bila pelanggan memberitahu Anda kalau mereka berhasil, katakan ke mereka kalau Anda menghargai  pendapat dan loyalitas mereka, dan Anda akan sangat mengapresiasi bila mereka membantu Anda memperoleh pelanggan potensial baru.

Bagikan review pelanggan yang positif

Photo credit: Google

Ketika Anda mulai menerima review positif dari pelanggan, Anda bisa membagikannya agar pelanggan lain terinspirasi untuk melakukan yang sama.

Di Google, Yelp, TripAdvisor, dan banyak situs review lain, pemilik bisnis bisa pindahkan review agar lebih terlihat dan lebih banyak orang bisa membacanya. Pastikan Anda secara teratur melakukan ini pada review posiitf.

Anda bisa juga bagikan review positif di media sosial. Anda bisa bagikan review positif di Facebook pada postingan di halaman Anda.

Tinggalkan komentar