10 Tips Menulis Bagi Pemula

Menulis jadi cara untuk mengekspresikan diri, mengeluarkan apa yang ada di pikiran dan juga melatih otak. Menulis bagi pemula bukan perkara mudah.

Bila Anda ingin menjadi seorang penulis, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan. Karena menjadi penulis tidak terjadi dalam waktu semalam, dan tidak hanya karena Anda menginginkannya. Anda harus berlatih.

Kali ini Anda bisa cari tahu beberapa tips bermanfaat untuk membantu Anda mulai menjadi seorang penulis, untuk jadi lebih baik tidak hanya dalam menulis tapi juga dalam berkomunikasi dengan pembaca.

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan kualitas tulisan Anda:

Menata ide sebelum menulis

Tips Menulis Bagi Pemula
Photo credit: medium.com

Akan sangat membantu bila Anda duduk dan mengatur ide sebelum menulis. Aplikasi seperti Scrivener dan yWriter jadi tools bermanfaat yang dibuat untuk penulis. Tapi Anda selalu bisa gunakan organizer seperti Evernote atau OneNote. Apapun cara favorit yang Anda pilih, Anda akan sadari menyatukan ide yang semrawut akan lebih mudah dengan outline untuk mulai menulis.

Buat jadwal yang teratur

Tips Menulis Bagi Pemula
Photo credit: medium.com

Meski Anda bukan tipe orang yang suka menunda- nunda tugas, memiliki jadwal ketat untuk menulis dan mematuhinya jadi cara terbaik untuk melatih Anda jadi penulis yang lebih baik. Lakukan ini di pagi hari untuk hasil terbaik dan bagi menjadi beberapa bagian untuk menghindari kecemasan.

Jangan menulis selama waktu yang tidak dijadwalkan. Tapi mencatat dibolehkan, karena inspirasi bisa datang di waktu yang tak terduga. Semakin Anda mematuhi jadwal menulis, semakin Anda termotivasi untuk menghasilkan karya.

Perhatikan tata bahasa

Tips Menulis Bagi Pemula
Photo credit: textuar.com

Proofreading jadi bagian penting dalam menulis, dan meski beberapa teman punya keahlian dalam tata bahasa, tak ada satupun yang sempurna.

Anda bisa manfaatkan beberapa aplikasi. Tidak hanya ini membantu tulisan Anda jadi lebih baik, tapi juga membuat Anda belajar kata dan idiom baru untuk menyegarkan tulisan.

Baca juga  Diskon Spesial Cuma 2 Hari

Buat jurnal

Tips Menulis Bagi Pemula
Photo credit: medium.com

Meski Anda punya banyak projek menulis, salah satu cara terbaik meningkatkan tulisan dan mendorong perkembangan personal Anda adalah dengan memiliki jurnal sendiri.

Gunakan tool seperti 750 Words atau One Page Per Day untuk mendorong diri memiliki jurnal teratur dimana Anda hanya menulis apapun yang muncul di pikiran.

Bila Anda merasa terlalu sulit untuk duduk dan mulai menulis, sebelumnya Anda bisa rencanakan tujuan dari jurnal Anda, ini membuat Anda fokus tanpa membebani diri dengan aturan.

Gunakan tool menulis bebas distraksi

Tips Menulis Bagi Pemula
Photo credit: medium.com

Komputer menyediakan banyak tool bagus untuk menulis, tapi juga ada banyak gangguan yang bisa merusak konsentrasi. Anda bisa gunakan tool atau program yang memblokir semua hal lain muncul di layar dan memberi Anda ruang bebas untuk menulis. Beberapa diantaranya adalah Ommwriter, Writemonkey, dan Creawriter. Atau Anda bisa gunakan Google Docs atau Microsoft Word.

Tulisan tangan

Tips Menulis Bagi Pemula
Photo credit: thenypost.files.wordpress.com

Meski bila Anda lebih suka menulis secara digital, melakukan aktivitas menulis dengan cara lama jadi perubahan yang baik juga. Menulis dengan pulpen di atas kertas bisa  meningkatkan kemampuan kognitif. Ini jadi cara bagus untuk menuangkan ide tentang berbagai hal dari sudut baru.

Jadi, ambil buku catatan Anda dan pastikan melenturkan otot tangan dan mulai menulis.

Belajar dari penulis lain

Tips Menulis Bagi Pemula
Photo credit: static.standard.co.uk

Jangan pernah berhenti membaca dan selalu lihat apa yang penulis terkenal katakan tentang strategi yang baik dalam menulis.

Anda mungkin akan temukan hal baru.

Kenali kekeliruan yang sering dilakukan dan coba hindari

10 Tips Menulis Bagi Pemula
Photo credit: lovedignity.com

Bila sudah melakukan kebiasaan buruk, akan sulit untuk menghentikannya. Umumnya kita melakukan kesalahan dalam tata bahasa atau pengejaan yang terus muncul meski di tulisan terbaik kita. Kenali kesalahan mana yang paling sering terjadi, dan fokus memperbaikinya sedikit demi sedikit.

Baca juga  Menu Add To Chart

Atasi writer’s block

Tips Menulis Bagi Pemula
Photo credit: engine2diet.com

Anda duduk di depan laptop, menatap cursor, dan menunggu aliran kata muncul. Anda menulis beberapa kalimat tapi kemudian malah menghapus semuanya. Anda menarik napas, tapi ide kata-kata tidak juga keluar.

Anda menghadapi yang namanya writer’s block.

Tiap penulis pasti pernah mengalami hal ini. Meski tips ini bisa menurunkan kemungkinan Anda mengalaminya, tapi ini bisa terjadi.

Bila ini jadi masalah yang sering terjadi, berhenti menulis di tengah kalimat untuk memberi Anda waktu memperoleh ide, ini akan lebih baik daripada halaman masih dalam kondisi kosong.

Ingat alasan Anda menulis

Tips Menulis Bagi Pemula
Photo credit: globalamend.com

Kita semu menulis dengan sebuah tujuan, baik karena kita mencari nafkah dari menulis atau menantang diri untuk melakukan sesuatu yang baru. Ingatkan diri kenapa Anda menulis untuk membuat diri termotivasi. Bila perlu, tulis tujuan Anda di cermin dengan spidol permanen.

Anda butuh panduan untuk menerbitkan buku pertama? Penulis Pemula Menaklukan Penerbit jadi solusi tepat untuk Anda.

Kesalahan umum yang dilakukan ketika menulis bagi pemula

Tips Menulis Bagi Pemula
Photo credit: blog.asiawriters.com

Kadang menulis bagi pemula jadi hal yang menantang bahkan menakutkan bagi sebagian orang. Ada banyak yang perlu dilakukan, mulai dari riset, menulis, menulis ulang, meng-edit dan meng-edit lagi.

Sayangnya banyak penulis baru yang melakukan kesalahan yang sama:

Kurang dalam meng-edit

Tips Menulis Bagi Pemula
Photo credit: researchvoodoo.files.wordpress.com

Kesalahan utama yang banyak dilakukan ketika menulis bagi pemula adalah mengira meng-edit tulisan semudah proofreading singkat (hanya mencari kesalahan ejaan). Sayangnya editing lebih detail dari ini.

Baca artikel lainnya tentang tips agar anak gampang disuruh tidur di malam hari.

Hal paling penting untuk diperhatikan ketika meng-edit kerja sendiri adalah kesabaran. Anda perlu persiapkan diri untuk kemungkinan memotong teks atau menulis ulang atau bahkan memulai semuanya dari awal lagi.

Baca juga  Business Online Overview

Mengikuti beberapa tips editing bisa membantu memperkuat kualitas dan keterbacaan tulisan dan kemungkinan tulisan Anda dilirik oleh penerbit atau agen.

Tidak ada struktur

Tips Menulis Bagi Pemula
Photo credit: wikihow.com

Harus ada perbedaan antara draft awal dan draft akhir tulisan Anda.

Sering kali, apa yang Anda tuangkan dalam tulisan tidak punya alur dan hanya berupa pemikiran acak saja.

Sebelum mulai menulis bagi pemula, buat kerangka tulisan tentang apa saja yang akan Anda tulis. Harus ada bagian awal, tengah, dan akhir di kerangka tulisan.

Ini memang jadi hal dasar yang harus diketahui. Tapi karena beberapa alasan, banyak penulis baru masih sulit menjaga struktur tulisan mereka. Bila tulisan Anda membingungkan pembaca, mungkin waktunya untuk mengecek ulang.

Pastikan pesan Anda dengan jelas tersampaikan dan tiap orang yang membaca memahami apa yang ingin Anda sampaikan. Setelah selesai membuat kerangka tulisan, mulai isi tiap bagiannya dengan informasi yang relevan lalu kembangkan.

Anda bisa tambahkan rangkuman kecil di akhir tiap bagian. Merencanakan tulisan sebelum Anda mulai menulis akan sangat menguntungkan Anda. Ini bisa mempersingkat proses editing karena strukturnya sudah benar.

Pengulangan

Tips Menulis Bagi Pemula
Photo credit: maxtvmedia.com

Sering kali selama proses menulis bagi pemula, mereka cenderung mengulangi bagian tertentu berkali-berkali. Pengulangan yang tidak perlu ini bisa ditemukan dalam kalimat, paragraf, halaman, bab, atau keseluruhan naskah.

Kemungkinan penulis tidak menyadari kalau mereka telah melakukan kesalahan ini. Ini sebabnya proses editing jadi sangat penting. Meski pengulangan bisa digunakan untuk menekankan sesuatu, penulis perlu berhati-hati dan tidak berlebihan menggunakannya.

Tinggalkan komentar