Tips Sukses Menulis Ebook

Menulis ebook membutuhkan sumber daya yang memadai, tapi jadi cara efektif untuk menghasilkan leads. Kali ini kita akan membahas tentang tips sukses menulis ebook.

Struktur dan perencanaan jadi bagian tak terpisahkan dalam pembuatan ebook. Dengan struktur yang baik, akan lebih mudah mengontrol tulisan sesuai jalur. Dalam pembuatan ebook, perencanaan juga sangat penting.

Langkah berikut ini jadi kunci dalam merencanakan sebuah ebook:

Perencanaan dan riset yang solid

Photo credit: Google

Untuk menciptakan konten yang kredibel, sebelum Anda menulis penting untuk memulai dengan sebuah riset. Tiap konten yang Anda ciptakan harus dimulai dengan langkah ini bila ingin isinya akurat dan relevan. Pastikan untuk menjadwalkan waktu untuk melakukan riset sebelum menulis, riset Anda akan menginformasikan struktur konten nantinya.

Ketika melakukan riset:

  • Tentukan topik dari ebook Anda. Kenapa Anda menulisnya? Apa masalah dari pembeli yang ebook Anda bisa beri solusinya? Ebook Anda setidaknya harus jadi ebook yang dipertimbangkan pembeli.
  • Cari tahu bagaimana topik yang lebih luas bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Ini akan membantu Anda membangun struktur yang koheren.
  • Lakukan audit terhadap konten yang ada. Anda kemungkinan perlu mengupdate konten untuk memastikan sesuai dengan struktur dan konteks ebook.
  • Riset berita terbaru, trend, tips dan saran pada topik Anda.

Struktur dengan bullet point

Photo credit: Google

Selesai dengan riset dan mengumpulkan informasi? Tetap berada di jalurnya ketika menulis, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi menjadi struktur yang koheren. Ketika melakukan riset, Anda perlu temukan pembagian topik yang lebih luas menjadi bagian dan tahapan yang jelas.

Tiap bagian ini bisa digunakan sebagai tema bab individual. Perluas tiap tema bab dan bullet point menjadi sub topik pada tiap bab untuk mengembangkan struktur Anda.

Baca juga  Informasi Penting Seputar Jadwal Pelayanan Libur Idul Fitri 1435 H

Akan lebih mudah bila menganggap bab seperti postingan blog berseri, semua terhubung menjadi satu tema. Dengan begitu jadi mudah untuk memastikan tiap bab memiliki struktur yang lengkap, dan tetap berada di jalur tema.

SEO Writing, panduan berupa E-book yang akan membimbing Anda untuk bisa menghasilkan artikel yang bagus secara Step By step.

Bagian pendahuluan yang menarik

Photo credit: Google

Setelah struktur  selesai dibuat, Anda punya kerangka ebook yang siap untuk digarap. Seperti halnya pembukaan pada  acara musik, ebook harus dimulai dengan pendahuluan yang menarik bagi pembaca.

Untuk bisa menarik perhatian, relevansi pada pembeli adalah kuncinya. Ingat, ebook yang bagus membantu pembaca memecahkan masalah atau meningkatkan pemahaman mereka tentang bagaimana mengatasi masalah.

Ketika menulis bagian pendahuluan:

  •  Sertakan data statistik yang relevan dengan topik Anda
  • Berikan contoh yang jelas dari masalah yang dihadapi pembaca target dan beri contoh solusi terbaik yang mungkin dibutuhkan.

Terakhir, coba batasi pendahuluan menjadi beberapa paragraf saja. Jangan berikan semua informasi di halaman pertama, dorong pembaca untuk terus membaca ebook Anda.

Beritahukan manfaat dari ebook Anda

Photo credit: Google

Ketika menulis dan mengikuti struktur yang telah dibuat, tetap pastikan kalau Anda dengan jelas menawarkan informasi bermanfaat pada pembaca.

Yang juga perlu diingat, konten ebook harus tetap solusi yang netral (jangan gunakan untuk mempromosikan produk terbaru Anda, atau Anda berisiko kehilangan pembaca). Konten ebook yang baik akan menawarkan panduan langkah demi langkah dan saran “how to” yang bisa diterapkan.

Kesimpulan yang jelas

Photo credit: Google

Tiap buku butuh pendahuluan, bagian isi, dan penutup. Begitu juga dengan ebook. Setelah Anda membahas point kunci, waktunya untuk merangkum bab.

Pastikan solusi untuk masalah pembaca jelas di bagian ini. Anda tidak mau pembaca terganggu dengan teks promosi. Ebook Anda untuk meningkatkan awareness terhadap Anda dan mengajak pembaca menyadari Anda sebagai sumber yang informatif dan bisa dipercaya.

Baca juga  Diskon Spesial Ramadhan 1439H

Panjang kata yang tepat

Photo credit: Google

Bila punya isi yang bagus, ebook Anda tidak perlu punya 1000 halaman. Ebook yang lebih pendek lebih mungkin untuk menarik perhatian. Untuk rata-rata ebook marketing, bergantung topik dan tingkat penggunaan grafik serta statistik, konten bisa terdiri dari 2000 sampai 10.000 kata.

Desain yang jelas dan mudah diakses

Photo credit: Google

Setelah Anda selesai menulis dan mengeditnya, waktunya untuk memikirkan desainnya. Ketika membuat desain untuk ebook, ada beberapa tips yang perlu diingat:

  • Gunakan sampul yang menarik secara visual, Anda ingin orang yang melihat cover ini mendownload ebook Anda.
  • Gunakan warna tema dan gaya template yang konsisten, biasanya sesuai dengan brand perusahaan Anda. Ini membantu pembaca mengenali konten ketika berpindah dari satu platform ke platform lain.
  • Sediakan daftar isi yang jelas di awal ebook agar pembaca tahu apa yang akan dibaca dan bisa mengakses bagian yang mereka inginkan dengan mudah.
  • Buat desain final Anda bisa dioptimasi di semua perangkat. Ebook Anda harus bisa diakses di perangkat mobile maupun desktop.

Landing page yang relevan

Photo credit: Google

Setelah ebook selesai didesain, Anda perlu menempatkannya di belakang landing page untuk mendapat leads yang relevan. Tapi tanpa landing page yang jelas dan didesain dengan baik, yang menunjukkan manfaat dari ebook Anda, Anda akan sulit mendapat orang yang mau mendownloadnya.

Ketika menciptakan landing page, pastikan Anda menyertakan:

  • Judul halaman yang jelas yang menyatakan manfaat penting dari membaca ebook Anda.
  • Daftar manfaat dari mendownload ebook atau pelajaran yang bisa didapat pembaca dalam bentuk bullet point.
  • Sertakan setidaknya satu gambar pendukung, seperti pada sampul ebook, gambar ini tentang apa yang ada di bagian dalam ebook.
  • Pastikan Anda menyertakan form yang berisi nama, email, nomor telepon dan pertanyaan dari pembaca.
Baca juga  Tips Sukses Mengurus Keluarga dan Pekerjaan

Promosi ebook

Photo credit: Google

Ini jadi langkah terakhir tapi juga penting.  Promosi adalah tahap dari kesuksesan sebuah ebook. Setelah ebook dan landing page siap, Anda perlu mulai mempromosikan ebook untuk menarik pembaca dan leads.

Dari promosi media sosial hingga aktivitas berbayar, promosikan ebook Anda di saluran digital yang pembeli aktif di dalamnya untuk mendapat hasil terbaik.

Kemungkinan Anda merupakan penulis baru dan tidak semua orang familiar dengan kemampuan menulis Anda, jadi tak ada salahnya bila Anda melakukan kampanye giveaway.

Langkah terbaik adalah meminta alamat email untuk memberi akses download digital ebook Anda. SlideShare  jadi cara tepat untuk melakukan ini. Buat presentasi yang bagus tidak lebih dari 8 slide yang berisi perkenalan tentang ebook Anda. Anda bisa juga tambahkan link yang mengarahkan ke landing page atau mengirim mereka langsung ke tempat dimana mereka bisa mendapatkan ebook Anda.

Anda bisa beli banyak USB flash drives dan masukkan salinan ebook Anda ke dalamnya dan berikan  secara gratis pada konferensi buku, atau pada teman dan kerabat.

Menulis ebook tidak perlu jadi hal yang sulit. Dengan struktur yang baik dan topik yang telah diriset, desain yang tepat dan strategi promosi yang sesuai, Anda akan menghasilkan leads yang berkualitas.

Tinggalkan komentar