Business Online Overview

Bisnis online!  Kata-kata sakral bagi sebagian orang yang bercita-cita mewujudkan mimpinya, memenuhi gejolak entrepreneurnya yang begitu besar di zaman yang serba online ini. Itu bagus dan layak diapresiasi, karena setidaknya saat ini (saat tulisan ini diketik) bisnis online memberi kesempatan yang sama walaupun dengan sumber daya yang terbatas. Anda tidak perlu mempunyai ruko, menyiapkan stok barang, menyiapkan karyawan dan lain-lain layaknya bisnis offline.

Marketplace produk digital Indonesia ratakan.com

Source: http://belleconsult.com

Bisnis online bahkan dapat dimulai dengan bermodal semangat dan sedikit skill untuk memulainya, tetapi bagaimanapun juga ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memasuki bisnis online. Di mana ini adalah pengetahuan dasar untuk Anda memulai bisnis online Anda, apapun jenis bisnis online Anda. Baik sebagai blogger, toko online, product creation ataupun affiliate marketer dan lain-lain.

Bisnis online identik dengan traffict, jumlah kunjungan, berapa banyak yang mendaftar (subscriber), follower, fans maka Anda setidaknya menguasai/memahami bagaimana mendatangkan pengunjung secara cepat dan tertarget. Cara mendatangkan pengunjung umumnya dengan 2 cara, yaitu cara berbayar (menggunakan iklan), cara gratisan yang Anda bayar dengan waktu Anda (SEO). Sebagai pebisnis Anda sebenarnya tidak harus dipusingkan dengan masalah traffic, Anda bisa hire atau ajak kerjasama seseorang yang memang bisa mendatangkan traffic, dengan catatan Anda sanggup membayarnya. Jika Anda tidak sanggup membayarnya maka silahkan tempuh cara bagi hasil bersamanya, berbagi komisi dan cara-cara lain yang saling meguntungkan kedua belah pihak. Jadi bisnis online juga harus memikirkan efektivitas dan kecepatan dari segala sisi, bukan semua dikerjakan sendiri. Anda lah nahkoda bisnis online Anda dan fokuslah pada manfaat apa yang bisa Anda berikan ke banyak pelanggan dalam waktu yang cepat dan merata, untuk urusan teknis Anda tidak harus menguasainya tetapi harus memahaminya.

Baca juga  Desain Grafis Untuk Pemasaran

Bisnis online identik dengan website, walaupun banyak di luaran sana yang bisa berbisnis tanpa website, tetapi percayalah apapun metode marketing Anda nantinya jangan lupa website adalah identitas Anda, rumah Anda dan toko Anda, maka segera amankan dengan membeli domain untuk bisnis Anda.

Ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum menjalankan bisnis online.

  1. Temukan calon pelanggan Anda

Di sini Anda harus mengidentifikasi di mana berkumpulnya calon pelanggan Anda, di media sosial, search engine, forum dan lain-lain. Setelah ketemu maka tugas Anda adalah menarik mereka untuk mengenal Anda, mengenal bisnis Anda, kumpulkan mereka dengan memberi manfaat untuk para calon pelanggan Anda.

  1. Persentase Leads

Dari pengunjung yang datang berapa orang yang mau mendaftarkan diri minimal sebagai subscriber Anda, fans, follower ini dinamakan dengan leads. Sehingga dengan perhitungan sederhana berapa persen Anda mendapatkan prospek dari total keseluruhan pengunjung Anda.

  1. Konversi

Di bisnis online Anda harus cermat menghitung nilai konversi, karena dari sini Anda mendapatkan penghasilan. Pengunjung yang telah menjadi lead, kemudian terkonversi menjadi pembeli maka merekalah pengunjung Anda yang berharga. Anda dapat mendapatkan penjualan sekali bahkan bisa berkali-kali (repeat order) dari orang yang sama jika memang produk/layanan Anda berkualitas dan bermanfaat bagi mereka.

  1. Analisa

Analisa ini faktor yang sangat penting untuk memajukan dan memperbesar (scale-up) bisnis online Anda. Setelah Anda mengetahui nilai konversi, maka Anda dengan mudah menentukan apa saja yang harus diperbaiki, apa yang harus ditambahkan dan apa yang harus dikurangi dalam menjalankan bisnis Anda. Kalimat singkatnya: Anda akan mengetahui berapa biaya Anda mendatangkan 1 pengunjung yang bersedia membeli produk/layanan Anda. Jika angka ini telah diketahui maka segera perbesar bisnis Anda sekarang juga (stok barang, customer service, traffic website, lead baru dan tentunya akan berujung kepada penjualan/konversi).

Baca juga  Blogging Untuk Bisnis

Pahami sejenak faktor tersebut kemudian segeralah bangun bisnis Online Anda sekarang juga dan kabar baiknya adalah marketplace kami telah memfasilitasi  untuk mempelajari ataupun mengetahui  secara detail beberapa hal di atas. Jadi saat ini adalah saat yang tepat untuk memulai bisnis online Anda.

Salam hangat dari saya.

Tinggalkan komentar