Peluang di Internet Bagi Graphic Designer dan Photographer

Di era digital ini Internet merupakan suatu alat yang mampu menembus dimensi ruang dan waktu, dimana saja kapanpun itu selama ada koneksi ke jaringan internet Anda dapat melakukan apapun. Bagi para graphic designer dan photographer internet bisa menjadi peluang untuk menghasilkan uang bahkan mungkin mampu melebihi penghasilan rata-rata di Indonesia.
Tetapi kadang hal ini tak mudah untuk dikerjakan. Selain karena kompetisi diinternet yang sangat ketat, seorang graphic designer dan photographer juga dituntut untuk selalu belajar dan meningkatkan kemampuan dan kualitas karyanya.
Jika anda seorang graphic designer atau photographer, apa saja yang dapat Anda lakukan untuk memperoleh penghasilan melalui internet?

1. Membuat Portofolio Online

Anda dapat membuat sebuah portofolio online dengan memajang hasil karya anda di website/blog Anda. Ibarat orang berjualan, website merupakan toko/etalase jualan Anda. Orang lain dapat melihat apa saja yang Anda bisa buat. Ketika mereka tertarik dengan karya Anda mereka bisa menghubungi Anda untuk mendapatkan jasa Anda.
Membuat Portofolio Online tidak hanya berbentuk website/blog. Anda bisa memanfaaatkan situs yang menyediakan ruang untuk mempamerkan hasil karya designer/artist seperti behance dan deviantart.
Membuat akun Instagram, Fanpage, Twitter juga merupakan salah satu cara untuk mempublikasikan hasil karya Anda.

2. Memanfaatkan situs microstock

Situs microstock seperti fotolia, dreamstime, shuterstock, dll, bisa Anda manfaatkan sebagai pasive income. Anda tinggal men-submit karya anda di situs tersebut dan mendapatkan hasil penjualan berulang-ulang. Anda hanya tinggal membuat desain/foto yang layak jual semisal template, stock foto, icon, mascot, dll, kemudian submit. Anda dapat menikmati pasive income dari setiap karya Anda yang terjual di situs microstock.

3. Menjual karya di marketplace digital.

Baca juga  10 Alasan Kenapa Toko Online Anda Sepi Pengunjung

Anda dapat memanfaatkan marketplace produk digital seperti ratakan untuk menjual karya Anda dan menghasilkan pasive income Anda. Sama seperti di situs microstock. Anda hanya tinggal membuat banyak desain/foto yang layak jual semisal template, stock foto, icon, mascot, dll, untuk keperluan tertentu tergantung sasaran pasar Anda kemudian packing menjadi satu paket penjualan dan submit.

4. Mengikuti kontes desain/fotografi online

Ada banyak orang dan perusahaan yang mengadakan kontes desain/fotografi melalui internet. Anda bisa memanfaatkan kontes tersebut untuk menghasilkan uang dari karya Anda.

5. Membuat tutorial berbayar

Anda bisa membuat tutorial untuk karya yang Anda buat kemudian menjualnya di internet. Buat tutorial Anda dalam bentuk video maupun ebook kemudian jual diĀ marketplace digital online di Internet.

Tinggalkan komentar