Yang Harus Ada pada Postingan Pertama di Blog Anda

Setelah Anda membuat sebuah blog, yang Anda lakukan kemudian adalah mulai menulis postingan pertama di blog.

Postingan pertama di blog akan menjadi dasar utama dari bisnis blogging Anda. Bila Anda salah maka Anda menuai kegagalan. Tapi bila Anda benar, lebih besar kemungkinan untuk mencapai keberhasilan.

Postingan pertama di blog tidak perlu sesuatu yang muluk-muluk, tapi Anda perlu pastikan pengunjung datang kembali ke blog setelah membaca artikel pertama Anda. Anda perlu memikat hati mereka agar mereka memberitahu teman lain tentang blog menarik yang baru saja Anda buat.

Kebanyakan orang tidak terlalu peduli tentang hal ini. Setelah menginstal WordPress, yang dilakukan blogger adalah menerbitkan apa saja agar dunia tahu kalau mereka online.

Ternyata tidak seperti ini. Bila Anda gagal menarik perhatian pengunjung di artikel pertama Anda, Anda akan kehilangan mereka. Jadi kita perlu tahu apa yang perlu ditulis di postingan pertama di blog.

Bagaimana menulis postingan pertama di blog?

Photo credit: Google

Sebagai blogger yang baru saja memulai, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda sebutkan di postingan pertama di blog.

Siapa Anda?

Anda baru saja masuk ke dunia online, dan tak ada yang tahu siapa Anda. Bila pengunjung suka dan bookmark blog Anda, maka mereka perlu tahu siapa Anda.

Orang ingin terhubung dengan Anda, beritahu mereka:

  • Apa saja pengalaman Anda?
  • Apakah ini blog pertama Anda?
  • Siapa Anda, sebagai profesional, dan sebagai blogger?

Semakin Anda memberitahu tentang diri Anda, semakin pembaca mengenal Anda. Dan mereka semakin percaya dan ingin mendengar apa yang Anda katakan.

Anda tak hanya perlu gunakan kata-kata untuk bicara tentang diri Anda, tapi Anda perlu juga menunjukkan beberapa gambar. Jangan jadi orang asing di balik keyboard. Memiliki gambar sendiri akan menunjukkan otentisitas, dan pembaca akan mulai mempercayai Anda.

Baca juga  Penarikan Produk Dari Marketplace

Intinya, beritahu dan tunjukkan ke pembaca semua yang perlu mereka tahu tentang Anda. Semakin banyak informasi yang Anda berikan, lebih mudah bagi pembaca untuk terhubung dengan Anda.

Kenapa Anda melakukan blogging?

Photo credit: Google

Ini jadi poin yang sangat penting. Bila orang tidak tahu kenapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan,  mereka tidak punya alasan untuk mempercayai Anda.

Satu hal yang perlu Anda lakukan ketika menjawab pertanyaan ini adalah memperhatikan audiens.

Tanyakan ke diri Anda:

  • Kenapa orang perlu datang ke blog saya?
  • Apa yang mereka cari?
  • Apa yang ada di dalam blog untuk pembaca saya?

Beritahu audiens kenapa Anda di sana dan mereka akan menghargai Anda serta ingin terhubung dengan Anda.

Anda akan blogging tentang apa?

Ini mirip dengan pertanyaan kedua. Setelah Anda menjawab yang pertama, menjawab pertanyaan ini menjadi lebih mudah.

Beritahu audiens apa yang bisa mereka harapkan dari blog Anda. Beritahu secara pasti apa yang akan mereka lihat tiap kali datang ke website Anda. Juga ada baiknya memberitahu seberapa sering Anda akan meng-update blog dan pada jam serta hari apa (bila Anda telah mengatur jadwalnya).

Jangan dulu buat generic blog dimana Anda akan menulis tentang semua hal. Pastikan blog Anda fokus pada satu topik khusus. Ini akan meningkatkan otoritas Anda dan membuat audiens melihat Anda sebagai orang yang ahli di bidang ini.

Untuk siapa Anda menulis?

Photo credit: Google

Pada postingan pertama di blog, jangan lupa bicara tentang audiens target Anda:

  • Untuk siapa Anda menulis?
  • Seperti apa mereka (sangat sibuk, ambisius, malas, dan sebagainya)?

Intinya adalah memberi empati ke pembaca agar mereka merasa diterima dan percaya Anda memahami masalah mereka. Anda bisa tulis cerita emosional dan biarkan audiens menyadari Anda hadir untuk mereka.

Baca artikel lainnya tentang cara sederhana agar website Anda terlihat di hasil pencarian Google.

Bagaimana pembaca bisa ikut terlibat?

Anda perlu memberitahu ke pembaca bagaimana mereka bisa terlibat.

  • Apakah Anda mendorong mereka untuk memberi komentar?
  • Bagaimana dengan guest posting?
  • Bagaimana pembaca mengirim email bila punya pertanyaan, saran, atau keluhan?
Baca juga  7 Masalah Umum Yang Terjadi Pada Rambut

Anda perlu beritahukan kalau mereka bisa menjangkau Anda bila dibutuhkan. Juga, jangan takut bila pembaca tidak sepakat dengan Anda. Tapi jika mereka tidak bisa membagikan rasa tidak sepakai ini ke Anda, mereka tidak akan percaya pada Anda.

Karenanya lakukan apapun yang Anda bisa untuk memastikan feedback diapresiasi. Bila Anda lebih suka dihubungi di jam dan hari tertentu, beritahu kapan waktu yang tepat.

Ketahui Optimasi Akun Instagram V.3, sebuah ecourse berupa video pembelajaran. Anda akan mempelajari 9 Modul dan 26 Materi. Cocok dipelajari untuk siapapun, mulai dari Pemula sampai Praktisi Jualan Online di Instagram.

Dengan jelas sebutkan tujuan blogging Anda

Photo credit: Google

Ini sudah pasti. Anda perlu bagikan tujuan Anda blogging ke pembaca pada postingan pertama di blog.

  • Apa yang ingin Anda raih dengan blogging?
  • Anda ingin blog ini seperti apa dalam 3 hingga 6 bulan ke depan?

Membagikan target Anda ke pembaca akan membuat mereka memahami kalau Anda menghargai transparansi. Ketika Anda memberitahu ke pembaca, mereka bisa membantu Anda menggapai tujuan tersebut.

Menulis perkenalan di postingan blog

Memulai blog tidak selalu yang jadi hal utama, Anda juga perlu pastikan Anda memulainya dengan tepat. Bila postingan pertama di blog mengandung semua elemen yang telah disebutkan di atas, maka Anda sudah melakukan permulaan yang bagus.

Pastikan mereka tahu kalau Anda blogger yang terbuka, jujur, dan penuh semangat. Buat mereka mengerti kalau Anda hadir untuk memberi bantuan.

Kesalahan yang biasa dilakukan para blogger baru

Photo credit: Google

Bila Anda sangat baru di dunia blogging, bisa saja Anda melakukan kebiasaan buruk dan mendengar saran yang tidak tepat yang bisa menghalangi Anda memperoleh traffic yang seharusnya Anda peroleh dan tak ada seorang pun yang membaca konten Anda.

Baca juga  Cara Menaikkan Omset Jualan Online

Komunitas blogging semakin kompetitif, jadi penting bagi Anda untuk membuat konten yang bagus untuk bisa berkompetisi dan dilihat.

Berikut ini beberapa kesalahan yang umum terjadi:

Tidak ada jadwal konten

Photo credit: Google

Anda perlu targetkan mem-positng setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu, jadi Anda perlu merencanakan postingan blog lebih dulu. Anda perlu buat jadwal konten agar Anda bisa menerbitkan konten di blog di hari yang sama setiap minggu.

Ini tidak hanya untuk memastikan konsistensi tapi seiring waktu pembaca Anda akan datang kembali lagi dan memeriksa blog serta juga menunggu menerima email dari Anda tentang postingan terbaru.

Headline tidak tepat

Headline adalah hal pertama yang pembaca lihat dan hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk meyakinkan mereka untuk click-through. Hindari konten click-bait karena ini akan menyebabkan tingkat bounce rate sangat tinggi dan membuat pembaca kecewa.

Tidak optimalkan SEO

Photo credit: Google

Aturan umum untuk blogging adalah menulis untuk pembaca lebih dulu lalu search engine. Bagi blogger baru dan belum punya banyak pengikut di media sosial, bisa sulit untuk membuat konten terlihat. Tiap postingan harus diriset dan dioptimasi SEO untuk bisa muncul di hasil pencarian.

 

Tinggalkan komentar