6 Rahasia Digital Marketing Yang Perlu Anda Tahu

Pada tiap awal tahun, akan ada ide baru di dunia digital marketing. Menjelang awal tahun, tren baru muncul dan perusahaan Anda perlu memperhatikan dengan seksama perubahan ini bila ingin bertahan dalam kompetisi.

Untuk bisa melakukan itu, satu hal yang tidak bisa disangkal adalah digital marketing. Tujuannya kenapa ini digunakan adalah untuk mempromosikan produk dan layanan. Sebuah data menunjukkan tingkat konversi telah meningkat karena penggunaan marketing mobile dan email sebagai saluran untuk menjangkau pelanggan.

Ada banyak sumber marketing yang tersedia saat ini, termasuk saluran media sosial seperti YouTube.

Bersiaplah untuk melihat kembali taktik yang sudah Anda jalankan dan apakah perlu  melakukan perubahan untuk tingkat konversi yang lebih baik. Perlukah perusahaan fokus pada perkembangan brand atau marketing internasional? Haruskah Anda berinvestasi lebih banyak pada digital marketing dibanding saluran offline?

Baca Juga : Bongkar Cara Beriklan di Facebook Ads Mulai Tingkar Dasar Hingga Profesional

Rahasia digital marketing berikut perlu Anda integrasikan dalam rencana marketing Anda:

Gunakan Strategi Marketing yang Mobile Friendly

Photo credit: Google

Bila Anda punya strategi marketing yang tidak mobile friendly, waktunya untuk dengan serius mempertimbangkannya. Kita tidak perlu mempertanyakan pentingnya marketing mobile friendly, semua data telah membuktikannya.

Sebuah data menunjukkan kalau total waktu browsing per bulan saat ini jauh lebih tinggi pada smartphone dibanding komputer desktop.

Anda tidak hanya bisa menjangkau lebih banyak pelanggan menggunakan komunikasi mobile, digital marketing akan sangat fokus pada mobile.

Dahulu Google menggunakan versi web dari website perusahaan untuk menyesuaikan hasil pencarian sehingga kebanyakan perusahaan hanya fokus pada situs versi komputer.

Kini, dengan popularitas penggunaan smartphone untuk berinternet, Google beradaptasi dengan perkembangan market dan memprioritaskan website versi mobile di peringkat hasil pencarian.

Baca juga  Platform Blogging Terbaik Untuk Pemula

Pentingnya Elemen Visual

Photo credit: Google

Dunia online adalah tentang jaringan visual. Mulai dari meme hinga gifs serta gambar dan video, elemen visual selalu hadir dan berhasil menarik perhatian pengguna. Penelitian menunjukkan sekitar 94 persen view lebih banyak ketika Anda menambahkan gambar pada konten.

Mengetahui fakta ini, strategi marketing Anda harus interaktif secara visual. Diperkirakan di tahun 2019, video akan menghasilkan lebih dari 80 persen traffic internet dan 90 persen pengguna  merasa terbantu dalam membuat keputusan tentang sebuah produk.

Baca Juga : Cara Termudah Membuat Video Promosi & Desain Grafis Profesional yang Super Elegan

Untuk menarik perhatian audiens dan meningkatkan tingkat konversi, konten inspiratif dan interaktif sangat penting. Sekitar 86 persen marketer menggunakan konten interaktif untuk meningkatkan penjualan. Sebanyak 70 persen fokus pada menciptakan konten yang lebih interaktif dibanding beberapa tahun sebelumnya.

Menurut statistik, 40 persen orang merespon lebih baik pada konten visual seperti video, infografik, dan sebagainya dibanding teks biasa. Konten interaktif bisa meningkatkan tingkat konversi hingga 86 persen dan infografik bisa meningkatkan traffic website hingga 12 persen.

Untuk bisa menjalankan tren media sosial semacam ini, pastikan brand Anda ada di Facebook, Twitter, dan Instagram.

Pengembangan Konten

Photo credit: Google

Pentingnya kreasi konten bukan lagi hal yang baru. Konten yang unik dan selalu diingat menjadi tool paling penting dalam digital marketing. Dan cara terbaik adalah mencari penulis kreatif yang bisa menghasilkan konten original dan bisa menulis berbagai topik untuk menarik perhatian para pengguna.

Penulis profesional tahu bagaimana bermain dengan kata-kata dan menceritakan cerita terkait brand yang menarik pengguna secara personal.

Konten yang baik bisa menghasilkan hingga 7,8 kali lebih banyak traffic. Konten yang baik juga memperkuat kehadiran brand dan bisa meningkatkan engagement untuk mendorong tingkat konversi lebih tinggi.

Baca Juga : Step By Step Membuat Landing Page Profesional Khusus Pemula

Konten menjadi saluran marketing dengan paling sedikit biayanya dan bisa kurang dari 62 persen dibanding metode digital marketing lain, tapi hasilnya bisa tiga kali lipat.

Baca juga  Tips Dasar Merawat Rambut

Yang perlu diingat, konten tidak harus berupa teks, bisa berbentuk meme, gambar, atau video. 

Menggunakan Pop Up untuk Mendapat Konversi yang Cepat

Photo credit: Google

Apa yang dimaksud pop up?  Pop up adalah jendela besar yang muncul pada layar dan menunjukkan sebuah penawaran yang tidak bisa Anda tolak.

Anda bisa gunakan jendela pop up untuk meningkatkan tingkat konversi, meski banyak orang tidak menyukainya. Mereka menganggap pop up menyebalkan, tidak suka melihatnya, dan sebagainya.

Tapi pop up sudah ada sejak lama dan semakin populer, meski tiap orang merasa ini menyebalkan, tapi cara ini bisa berhasil.

Kenapa berhasil? Karena Anda menunjukkan pop up ke 100 persen pengguna, dan beberapa persen pengguna akan merasa penawaran ini menarik.

Rata-rata sekitar 1 persen pengguna yang melihat pop up akan mengisinya. Meski ini tidak terlihat banyak, bila situs Anda mendapat 1000 pengunjung tiap bulan, pop up yang bagus akan membuat Anda mendapat 10 leads.

Pengaturan Cash Flow dengan Baik

Photo credit: Google

Ini memang bukan hal yang dibicarakan banyak orang, tapi mengatur cash flow adalah bagian besar untuk bisa sukses secara online. Banyak pengusaha menggunakan keuntungan dan menghabiskannya untuk kebutuhan personal, bukan menginvestasikannya kembali ke kampanye marketing.

Beberapa pengusaha salah menggunakan keuntungan dengan menginvestasikannya di area yang salah. Pengusaha yang sukses mengambil langkah mundur untuk memastikan mereka punya cukup uang untuk melanjutkan kampanye yang sukses, mengukur mana yang berhasil, dan mencari kesempatan lain. Ini membuat mereka meningkatkan kampanye dan menjadi lebih besar.

Baca Juga : Bukutansi, All In One Solution untuk Sistemasi Bisnis Anda

Fokus Pada Strategi Satu Per Satu

Photo credit: Google

Masalah pada kebanyakan marketer internet adalah mereka mencoba terlalu banyak hal dalam satu waktu. Mereka habiskan banyak waktu mencoba membangun kampanye media sosial, bergerak ke optimasi hasil pencarian dan lalu kembali ke promosi blog.

Baca juga  Tips Menciptakan Konten Yang Menarik di Website Bisnis Anda

Pengusaha jadi sukses karena mereka fokus menguasai strategi satu per satu. Mereka menginvestasikan waktu dan uang yang dibutuhkan untuk sukses di area seperti SEO atau blogging. Mereka tetap menjalankannya hingga berhasil atau beralih ke strategis lain ketika mengalami kegagalan.

Tinggalkan komentar