Segmentasi Pasar Dalam Bisnis Online

Bisnis apapun di dunia ini membutuhkan segmentasi pasar, begitu juga bisnis online. Apasih segmentasi? Ya, segmentasi sendiri secara garis besarnya adalah pengelompokan calon pelanggan potensial bagi bisnis Anda. Dengan mengetahui sasaran di mana calon pelanggan Anda berada maka Anda bisa melakukan promosi secara tertarget dan lebih terpusat. Ibarat memancing ikan paus, tentu Anda harus ke laut bukan di sungai.

segmentasi pasar ratakan.com markeplace digital Indonesia

Segmentasi pasar secara online sangat mudah, uraikan calon pelanggan Anda dengan identifikasi produk anda untuk rentang usia berapa, jenis kelamin, gaya hidup, menyukai aktivitas di mana saja dan semakin spesifik semakin bagus. Setelah Anda menemukan demografi mereka maka tugas Anda riset apa-apa saja yang sering digunakan ketika beraktivitas di dunia online. Misalnya mereka sering menggunakan internet untuk mencari sesuatu di search engine, maka lebih baik Anda mendapatkan mereka di google search ataupun yahoo. Jika calon pengunjung sering berada di sosial media maka Anda bisa mencari perhatian mereka di facebook, twitter, instagram dan lain-lain.

Langkah selanjutnya adalah mempromosikan produk Anda yang berupa ebook, video tutorial dan lain-lain dengan cara berbayar ataupun cara gratisan. Dalam hal mendapatkan pengunjung dari berbagai media tersebut alangkan lebih baiknya Anda menggunakan iklan berbayar jika memang dana Anda tersedia. Mengapa disarankan traffik berbayar? Karena traffik berbayar bisa dengan mudah diketahui hasilnya, pengukurannya lengkap dan Anda hanya membutuhkan waktu yangrelatif sebentar (hitungan  jam/hari) untuk mengetahui kinerja promosi Anda.

Adanya segementasi pasar membuat promosi bisnis/produk Anda lebih terarah dan biaya yang Anda keluarkan tidak sia-sia, karena benar-benar mengarah ke calon pelanggan potensial. Jadi tinggal seni bagaimana Anda  membuat materi promosi yang menarik dan juga halaman penjualan yang benar-benar menjawab kebutuhan pelanggan Anda.

Baca juga  Apa Itu Produk Digital?

Mulai sekarang deskripsikan produk Anda, siapa calon pelanggan Anda, di mana mereka berkumpul, kemudian buatlah materi promosi semenarik mungkin di mata calon pelanggan, buatlah halaman penjualan (sales letter) yang bisa membantu mendeskripiskan kebutuhan mereka, maka Anda hanya tinggal menunggu waktu kapan terjadi penjualan ketika faktor rezeki berpihak kepada Anda. Satu lagi, jangan lupa lakukan semua dengan terukur agar Anda mudah untuk menganalisa hasil pekerjaan Anda

Tinggalkan komentar