Yang Harus Ada Pada Strategi Video Konten Marketing Anda

Apa yang dimaksud video konten marketing dan kenapa ini jadi bagian penting dalam digital marketing? Bagaimana Anda bisa memanfaatkan teknologi ini untuk memasarkan brand dan meningkatkan daya jual Anda?

Media sosial telah menjadi satu cara penting bagi brand untuk memasarkan produk mereka, dan video konten marketing mulai memiliki peran penting di seluruh strategi marketing. Penggunaan video konten marketing terus tumbuh baik dari segi penggunaan dan efektivitasnya.

Apa yang dimaksud video konten marketing?

Photo credit: Google

Video konten marketing adalah proses asimilasi konten video ke strategi digital marketing. Konten video bisa berupa video pendek yang mengandung statement marketing yang simpel tapi sangat kuat, yang menyoroti satu atau lebih alasan kenapa konsumen perlu memilih brand Anda dibanding kompetitor, dan disertai sebuah call to action.

Sebuah video bisa sukses bila menonjol di media sosial, memberi pelanggan informasi cepat tentang sebuah produk tanpa dibuat bingung dengan teks. Dalam waktu kurang dari 30 detik, pelanggan bisa mendapat informasi yang ia butuhkan tentang bisnis Anda melalui video pendek yang  secara visual menarik. Video juga menjadi alat komunikasi utama di Facebook, dan rata-rata newsfeed Facebook akan menyertakan lebih banyak video, lalu gambar dan teks.

Komponen yang harus ada pada strategi video marketing yang sukses

Photo credit: Google

Kita tahu strategi marketing yang sukses harus menyertakan konten video, pertanyaan selanjutnya yang perlu dijawab adalah bagaimana membuat strategi marketing video yang sukses?

Berikut ini apa saja yang perlu disertakan pada strategi video marketing:

Jadwal penerbitan

Photo credit: Google

Satu aspek paling penting dari strategi marketing manapun adalah jadwal penerbitan. Tidak masalah berapa kali dalam sehari atau dalam sebulan Anda menerbitkan konten video, tapi yang penting Anda menciptakan rencana video konten marketing dan strategi distribusi yang seimbang.

Baca juga  Fitur Baru Website Ratakan

Banyak saluran video

Photo credit: Google

Ada banyak saluran berbeda untuk konten video, termasuk YouTube, Facebook, dan Snapchat, dan tiap saluran punya audiens berbeda serta tujuan akhir yang berbeda juga. Sebaiknya Anda mengembangkan strategi video marketing untuk banyak saluran untuk menarik pengguna di perangkat berbeda.

Durasi video

Photo credit: Google

Video dengan durasi berbeda punya tujuan berbeda. Video bentuk pendek ditujukan untuk menyampaikan pesan cepat dan kuat dari sisi pelanggan. Sebaliknya, video dengan durasi lebih panjang ditujukan untuk memberi pengguna konten yang lebih mendalam.

Kualitas konten

Photo credit: Google

Konten dianggap sebagai bagian utama dari tiap strategi media marketing. Konten dengan kualitas buruk akan mengurangi usaha marketing Anda, sementara konten dengan kualitas tinggi menambah nilai untuk strategi marketing Anda.

Video live

Photo credit: Google

Video live harus jadi bagian dari tiap strategi video marketing. Video live menawarkan interaksi tingkat tinggi dengan penonton, dan Anda bisa gunakan ini untuk menyiarkan event secara real time, menciptakan sesi tanya jawab atau tutorial interaktif, dan sebagainya.

Judul dan pembukaan yang menarik

Photo credit: Google

Tujuan dari judul video adalah menarik perhatian penonton, dan menit-menit pertama video akan menentukan apakah penonton akan melanjutkan menontonnya atau pindah ke yang lain. Dengan kata lain, dengan jutaan video tersedia online, orang perlu didorong untuk menonton video Anda

Konten yang customer-generated

Photo credit: Google

Meminta pelanggan mengirim video pendek tentang bagaimana cara mereka menggunakan produk adalah cara efektif untuk memasarkan brand Anda. Orang tertarik oleh video konsumen lain yang menggunakan produk secara efektif.

Tips dan tutorial

Photo credit: Google

Ide yang sangat baik bila Anda menunjukkan ke orang bagaimana produk Anda bekerja. Misalnya, bila Anda produsen jam olahraga, Anda bisa buat video yang menunjukkan bagaimana menggunakan jam di cara yang simpel tapi menarik.

Baca juga  Pelayanan Ratakan Selama Libur Cuti Bersama Idul Fitri 1439H

Call to action

Photo credit: Google

Call to action mengundang penonton merespon konten video, atau terus dekat dengan brand Anda, baik dengan berlangganan saluran YouTube, masuk ke daftar email, atau membagikan video ke teman-teman di Facebook.

Pengukuran kesuksesan

Seperti semua strategi marketing, sangat penting untuk mengukur kesuksesan kampanye video marketing Anda. Bila sukses, Anda bisa melanjutkannya. Sebaliknya, bila tidak berhasil, Anda perlu buat perubahan pada strategi video marketing yang Anda jalankan.

Penerapan strategi SEO pada video

Photo credit: Google

SEO tidak hanya relevan untuk postingan blog dan website. Faktanya, YouTube (yang dimiliki oleh Google) telah menjadi mesin pencari online terbesar kedua. Orang tidak hanya menggunakan saluran ini untuk menemukan video, tapi mereka mencari informasi lebih umum. Sama seperti apa yang mereka lakukan di Google.com.

Ada langkah praktis yang bisa Anda tempuh untuk membantu membuat video jadi lebih mudah ditemukan di YouTube. Berikut ini beberapa kunci untuk SEO pada video:

  • Judul jadi cara terbaik untuk menarik perhatian orang. Buat judul yang informatif dan singkat. Kurang dari 60 karakter pertama akan muncul di video YouTube Anda. Pastikan untuk merencanakan kata kunci, seperti pada postingan blog. Anda bisa gunakan YouTube keyword tool untuk menemukan kata kunci yang relevan.
  • Tambahkan kata kunci ke deskripsi video dan sertakan link ke website Anda. Buat hingga 70 karakter pada Youtube dan bantu pengguna memahami apa isi video Anda.
  • Gunakan tag property dengan variasi kata kunci berbeda. ┬áPikirkan semua hal yang dicari oleh orang yang menonton video Anda, dan pastikan menyertakan semua ini.
  • Link-building juga penting. Sejumlah link yang mengarah ke video Anda penting untuk peringkat pencarian dengan kata kunci.
  • Thumbnails jadi hal pertama yang membuat pengguna menonton video Anda. Buat thumbnail yang menarik, berwarna, dan berkualitas tinggi.
  • Banyak video ditonton di perangkat mobile, jadi Anda perlu pikirkan cara mengoptimasi video pada perangkat mobile.
  • Untuk membantu video Anda masuk peringkat, sitemap video jadi cara bagus untuk memberi semua detail tentang konten video ke mesin pencari.
Baca juga  Yang Perlu Anda Tahu Tentang Pembukuan dan Akunting

Kesimpulan

Photo credit: Google

Seperti telah dijelaskan di atas, video marketing punya peran utama dalam semua usaha marketing. Penggunaan konten video marketing terus meningkat setiap tahunnya. Semoga tips tentang perencanaan konten video ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan komentar