Tentang Traffic dan 4 Kesalahan Landing page

Apa itu traffic dan Landing Page – Mempunyai bisnis online yang Anda dambakan tidak sekedar membuat website kemudian Anda mendapatkan penjualan. Di dalam perjalanan bisnis online banyak variabel penting yang harus Anda ketahui agar bisnis Anda dapat menghasilkan penjualan dan memperoleh keuntungan. Di artikel ini akan membahas traffic dan pengaruh halaman penjualan/penawaran website Anda, istilah kerennya Landing Page

Ketika Anda sudah membuat website, maka tugas selanjutnya Adalah menguji coba halaman penjualan Anda , apakah menarik bagi calon pelanggan Anda. Untuk mendatangkan calon pelanggan ada beberapa cara, jika dikelompokkan secara umum maka ada dua jenis traffic, yaitu traffic berbayar (paid traffic) dan trafffic gratisan (organik).  Perlu digaris bawahi, traffic gratisan ini tidak sepenuhnya gratis, karena Anda harus mengkonversi waktu yang Anda gunakan ke bentuk uang agar Anda juga mempunyai perhitungan ketika Anda akan melakukan scale-up atau pengembangan bisnis.

Responsive landing page development vector template illustration

Paid traffic adalah anda membayar ke suatu publisher untuk menampilkan iklan/penawaran Anda untuk menarik pengunjung ke website Anda. Anda dapat melakukannya di sosial media advertising, search engine advertising ataupun ke suatu situs yang pengunjungnya memang sesuai dengan target market Anda. Buatlah iklan semenarik mungkin untuk menarik perhatian pengunjung untuk melakukan klik dan kemudian berkunjung ke website Anda. Untuk periklanan akan dibahas dilain kesempatan secara lebih mendetail. Contoh paid traffic, google Adwords, Bing Ads, twitter ads, fb/ig ads dan lain-lain.

Sedangkan organik traffic adalah dengan melakukan teknik tertentu di search engine biasanya dibantu sosial media agar penawaran Anda mencapai halaman pertama di sebuah search engine yang otomatis Anda mempunyai kesempatan lebih besar untuk dikunjungi calon pembeli Anda. Contoh yang dominan digunakan di organik traffic adalah SEO.

Baca juga  Membangun Pengahasilan Jangka Panjang Dengan Membuat E-Book

Setelah anda menemukan sumber traffic dan membawa pengunjung ke website Anda , maka tugas selanjutnya adalah membaca hasil traffic yang datang ke website. Semakin banyak yang berinteraksi dengan website Anda (melakukan tanya jawab via chat, melakukan pendaftaran dengan menggunakan email, bahkan order langsung) maka tingkat konversi  Anda semakin tinggi dan itu adalah hal bagus.

Dalam prakteknya seringkali landing page/website Anda yang sudah dikirim ribuan pengunjung tertarget tetapi tidak menghasilkan suatu tindakan apapun, baik itu subscribe email, bertanya via chat, maka Anda harus mengoreksi ulang landing page Anda.

Ada 4 kesalahan yang dapat Anda deteksi untuk meningkatkan tindakan calon pelanggan Anda.

  1. Headline yang buruk

3 detik pertama adalah penentu pengunjung mau melanjutkan membaca atau tidak, maka gunakan headline yang mematikan, sadis dan menjawab kagalauan pengunjung akibat banyaknya informasi yang mereka terima di internet. Oya, harus diingat headline tidak berlebihan agar pengunjung tidak mengecap website Anda adalah hoax. Jadi tetaplah realistis ketika membuat headline. Lakukan testing di judul Anda agar anda menemukan headline yang tepat dan mampu menjadikan pengunjung yang datang melanjutkan tindakannya.

  1. Meminta lebih dari 1 tindakan

Fokuskan di halaman Anda pada satu hal, misalnya chat saja, ataupun memasukkan email saja. Untuk awal anda boleh saja meminta pengunjung untuk melakukan dua aksi, chat dan email. Kemudian ukur mana yang lebih banyak dan pilih salah satu.

Karena pada intinya pengunjung mempunyai sifat melindungi dirinya dari hal-hal yang dianggap bakal mengganggu privasinya di kemudian hari.

  1. Desain landing page

Anda harus memperindah desain landing Anda agar pengunjung betah, di satu sisi Anda tidak melupakan tujuan akhir pengunjung datang ke website Anda yaitu melakukan suatu tindakan. Anda dapat mempelajari tentang desain dan anatomi landing page secara lengkap  DI SINI

  1. Sudut pandang
Baca juga  3 Hal Utama Affiliate Marketing

Ambil sudut pandang pengunjung ketika Anda membuat materi di landing page Anda, agar mereka mempunyai minat dan mereka berkata “inilah yang saya cari” dan jadilah landing page Anda suatu halaman yang berkonversi tinggi.

Tinggalkan komentar