Tips Dasar Merawat Rambut

Sebagian wanita selalu tampil dengan rambut yang sehat dan berkilau. Percayalah, memiliki rambut seperti ini bukan sebuah kebetulan dan butuh usaha di baliknya. Untungnya ada beberapa tips dasar merawat rambut yang perlu Anda tahu agar rambut Anda bisa terlihat indah.

Mencuci rambut

merawat rambut
Photo credit: Google

Jenis rambut Anda akan menentukan rutinitas membersihkannya. Ada yang menggunakan shampo setiap hari, ada yang dua hari sekali, bahkan satu kali dalam seminggu. Air yang Anda gunakan untuk membersihkan rambut jangan terlalu panas atau terlalu dingin.

Kita cenderung menuang shampo ke tangan dan mengggunakannya pada rambut. Tapi sebenarnya shampo mengikis minyak alami pada rambut sehingga membuatnya kering. Untuk mencegahnya, larutkan shampo yang akan Anda gunakan pada setengah gelas air dan lalu gunakan pada rambut.

Gunakan ujung jari, bukan kuku, untuk dengan lembut memijat kulit kepala. Pastikan membilas rambut secara merata agar semua sisa shampo hilang dan memaksimalkan kilaunya.

Menyisir rambut

Photo credit: Google

Untuk mulai menyisir, pertama bagi rambut menjadi bagian kecil. Urai rambut yang kusut dengan sisir bergigi besar, hati-hati di bagian ujung dan arahkan ke bawah saja. Gunakan hanya sisir kayu, jangan karet.

Jangan menarik rambut. Sisir rambut hanya ketika sudah kering. Rambut paling lemah ketika basah dan menyisir bisa dengan mudah merusaknya. Meski ketika rambut sudah kering, selalu sisir sebelum menyikatnya.

Mengeringkan rambut

Photo credit: Google

Sebisa mungkin biarkan rambut kering dengan sendirinya. Coba kurangi penggunaan pengering rambut karena panas yang kuat bisa merusak rambut, juga kelembaban yang hilang membuat rambut terlihat tidak hidup. Beri rambut istirahat dari pengering, alat pelurus rambut, dan lainnya. Bila Anda memperlakukan rambut dengan baik, tampilannya akan lebih baik. Pilih gaya rambut yang membuat rambut jatuh alami.

Baca juga  Penarikan Produk Dari Marketplace

Lingkungan

Photo credit: Google

Sebelum pergi ke pantai atau kolam renang, gunakan conditioner pada rambut. Ini membantu melindungi rambut dari sinar matahari, klorin, air asin, dan dari panas matahari. Bila bisa kenakan topi atau scarf untuk melindungi rambut dari paparan sinar matahari, air klorin, garam, angin, dan polusi udara.

Merapikan rambut

Photo credit: Google

Rambut perlu dirapikan secara teratur, sekitar tiap dua bulan. Ini terutama penting untuk pertumbuhan lapisan rambut dan poni untuk dibentuk kembali dan memastikan tiap tahap pertumbuhan rambut tidak mengganggu penampilan.

Seperti apa Panduan Merawat Kesehatan Rambut?

Penggunaan shampo dan conditioner

Photo credit: Google

Pilih shampo yang simpel yang hanya menghilangkan kotoran dan minyak. Semakin rumit formula shampo dan semakin mahal harganya, semakin kurang baik untuk rambut Anda.

Conditioner merupakan penemuan di industri kosmetik dan bila rambut kering dan terlihat tidak bagus Anda perlu menggunakannya. Gunakan shampo yang lebih ringan dan coba kurangi frekuensi mencuci rambut. Juga selalu gunakan conditioner dari bawah telinga, jangan gunakan conditioner pada kulit kepala.

Jangan gunakan conditioner berlebihan karena bisa menyebabkan lapisan kutikula rambut terangkat dan memicu rambut rapuh dan rusak. Beberapa shampo mengklaim sebagai pelebat rambut serta bisa membuat rambut terlihat lebih tebal.

Shampo ini sebenarnya melapisi tiap helai rambut dengan lapisan protein tiap kali Anda menggunakannya sehingga rambut terlihat lebih tebal. Shampo ini sangat bagus dan bisa memberi efek bermanfaat pada kebanyakan wanita.

Selalu periksa label shampo atau conditioner untuk melihat apa yang terkandung di dalamnya sebelum menggunakannya. Hindari urea, asam lactic, dan lecithin.

Gaya rambut

Photo credit: Google

Gaya rambut adalah cerminan kepribadian dan cara tepat untuk mengungkapkan diri. Sering kali produk rambut mengandung alkohol atau bahan kimia keras lainnya. Bahan ini digunakan untuk membuat gaya rambut tidak berubah dan memberi tampilan rambut sehat berkilau.

Baca juga  Kursus Digital Marketing Murah

Produk ini hanya memberi tampilan luar rambut tapi bisa merusak rambut. Pilih produk rambut yang membuat rambut bagus dan memberi manfaat kesehatan serta vitamin pada tiap helai rambut Anda.

Pola tidur

Photo credit: Google

Sisir rambut sebelum tidur, jangan kenakan ikat rambut atau bando. Bahkan cara tidur bisa mempengaruhi rambut Anda. Orang yang tidur gelisah bisa merusak rambutnya. Bila Anda tidur gelisah, gunakan sarung bantal dari bahan satin agar rambut bisa meluncur ketika Anda bergerak saat tidur.

Pada sarung bantal biasa, rambut bisa terjebak dan rusak. Menempatkan rambut di atas ketika tidur juga membantu. Rambut harus berada di bagian poni dan atas kepala. Selalu gunakan karet rambut yang dilapisi kain.

Baca artikel lainnya tentang tips privasi internet.

Periksa penggunaan produk

Photo credit: Google

Beberapa dari Anda mungkin mengalami masalah kulit kepala seperti ketombe. Karenanya cari produk yang didesain untuk mengatasi masalah ini dan baca cara penggunaannya dengan seksama karena ini bisa mengatasi masalah kulit kepala Anda.

Sebelum membeli produk baru, gunakan kemasan sachet dan lihat efeknya pada rambut, Apakah memicu rambut rontok? Dan setelah Anda yakin lalu beli untuk digunakan secara teratur. Anda bisa juga berkonsultasi dengan spesialis yang akan membantu memilih jenis produk untuk rambut yang tepat.

Sebelum menggunakan pewarna rambut, tes dengan menggunakannya di area lengan. Bila terjadi peradangan, maka pewarna tidak boleh digunakan pada rambut. Bleaching rambut berulang dengan hidrogen peroksida bisa membuat rambut rapuh. Jika ini terjadi rambut berubah jadi bercabang, lebih tipis, atau lebih pendek.

Gunakan serum rambut

Photo credit: Google

Bila Anda harus menggunakan alat pengeriting rambut maka siapkan serum rambut, atau bila Anda punya waktu, buat sendiri di rumah.

Baca juga  Harap Untuk Mengganti Email Yahoo Anda

Gunakan minyak almond, minyak kelapa, conditioner rambut, 250 ml air, dan botol semprot kosong. Tuang 200 ml air ke dalam botol, tambahkan 2 sampai 3 tetes minyak kelapa dan 4 sampai 5 tetas minyak almond.

Tambahkan dua tetes conditioner. Jangan gunakan berlebihan karena akan berbusa. Anda bisa tambahkan lavender atau minyak yang baunya Anda sukai. Tambahkan sisa air dan cocok. Biarkan busa hilang dan serum siap digunakan.

Kesabaran dan perawatan yang tepat jadi kunci untuk merawat rambut. Sangat penting untuk memotong ujung rambut yang bercabang. Terapkan pola makan yang seimbang, olahraga, dan lengkapi diet dengan vitamin yang secara khusus dibuat untuk membantu menyimbangkan rambut.

Ingat, rambut adalah refleksi alami dari kesehatan dan kondisi Anda. Jadi bila Anda tidak sehat pada tubuh, rambut akan tidak terlihat seperti yang Anda inginkan. Rawat tubuh Anda, ikuti program perawatan rambut yang tepat, dan gunakan suplemen vitamin untuk membuat rambut Anda tampil cantik.

Tinggalkan komentar