Tips Menciptakan Konten Yang Menarik di Website Bisnis Anda

Apakah resolusi tahun baru Anda adalah mengupdate website bisnis Anda? Baik ketika Anda bekerja sama dengan pengembang web atau perancang grafik atau Anda mendesain situs seorang diri, Anda akan perlu menulis untuk website Anda.

Informasi dan kata-kata di website Anda juga disebut konten atau copy, dan digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan serta menarik pengunjung.

Kenapa website membutuhkan konten yang bagus?

Photo credit: Google

Website Anda membutuhkan konten yang up to date untuk membantu Anda membangun relasi dan koneksi dengan audiens. Orang ingin konten yang mudah dibaca, menarik,  punya nilai edukasi, informasi, dan hiburan.

Berikut ini 3 pertanyaan yang perlu Anda perhatikan ketika menciptakan konten untuk website:

  • Informasi apa yang pelanggan harapkan bisa temukan di website Anda?
  • Apakah konten relevan dan menarik bagi audiens Anda?
  • Bagaimana seharusnya konten disajikan agar membantu Anda dengan tepat berkomunikasi dengan audiens target?

Tips menciptakan konten menarik untuk website bisnis Anda

Berikut ini beberapa tipsnya:

Identifikasi target market

Photo credit: Google

Sebelum Anda duduk untuk menciptakan konten, pastikan Anda dengan jelas mendefinisikan siapa yang jadi target market dan pahami minat dan kebutuhan mereka. Mengenali market Anda akan membantu mempersonalisasi informasi ke audiens dan memaksimalkan kemungkinan pesan Anda sampai ke orang yang tepat.

Kualitas jadi kuncinya

Photo credit: Google
  • Tulis kalimat dan paragraf yang pendek dan ringkas agar pembaca dengan mudah mencerna konten
  • Gunakan kalimat aktif bila memungkikan.
  • Pastikan konten original, relevan, akurat, dan baru.

Menciptakan konten yang bermanfaat dan original tentang banyak hal yang menarik bagi target audiens penting untuk search engine optimisation (SEO). SEO adalah proses meningkatkan peringkat website di halaman hasil pencarian dengan tujuan utama menyediakan hasil paling relevan sebagai jawaban untuk istilah pencarian.

List Buliding Mastery, video tutorial yang akan mengajarkan Anda dari nol hingga expert bagaimana membangun list building yang profitable.

Buat struktur yang bagus untuk konten Anda

Photo credit: Google

Buat struktur agar informasi penting pada konten Anda bisa terlihat. Letakkan bagian penting di awal artikel atau halaman agar Anda bisa langsung menarik perhatian pembaca.

Baca juga  Cara Menulis Konten Yang Banyak Orang Share di Media Sosial

Halaman sebaiknya pendek dan beri jarak pada konten agar tidak terkesan berantakan dan mudah dibaca. Anda bisa gunakan:

  • Heading dan sub-heading (ini dikenal juga dengan H1, H2, serta H3 dalam HTML)
  • Bullet point dan tabel bila memungkinkan
  • Grafik dan visual untuk membagi teks dan membuat konten lebih menarik dibaca
  • Hyperlink kata kunci yang di-highlight dan kata di-bold untuk menarik perhatian.

Apa yang dimaksud keyword? Keyword adalah kata-kata yang pengguna ketik pada kotak pencarian dalam mesin pencari, seperti Google atau Bing, untuk menemukan website yang memiliki informasi tersebut. Ini penting untuk website bisnis, karena punya kata kunci yang tepat pada konten akan membantu orang menemukan website Anda.

Pastikan konten yang Anda ciptakan bisa dilihat di perangkat dan platform berbeda. Konten yang terlihat bagus di komputer desktop bisa saja tidak terlihat sama di layar mobile. Konten Anda harus didesain (dioptimasi) agar sesuai di semua perangkat.

Pilih format yang tepat

Photo credit: Google

Anda bisa sajikan konten dalam berbagai cara, termasuk melalui:

  • Teks seperti feature article, postingan blog, pesan media sosial
  • Konten multi media seperti gambar atau infografik, konten interaktif, audio seperti podcast, atau video seperti wawancara atau animasi.

Anda bisa pilih menggunakan satu atau sejumlah format berbeda untuk menyajikan konten. Ketika memilih format terbaik, pastikan Anda pertimbangkan hal seperti target market, branding, dan biaya yang dilibatkan pada tiap formatnya.

Sajikan konten yang menyediakan jawaban

Photo credit: Google

Apa tujuan utama dari mesin pencari? Kebanyakan orang akan mengatakan “untuk memberi jawaban.” Ketika mengajukan pertanyaan di Google, Anda akan melihat link, gambar, dan video.

Ketika orang menggunakan mesin pencari, yang mereka inginkan adalah jawaban, dan tugas mesin pencari adalah memberikan jawaban.

Baca juga  Panduan Facebook Ad Untuk Pemula

Hal yang sama ketika orang membaca postingan blog, melihat infografik, atau menonton video. Mereka ingin jawaban, jadi mereka bisa mendapat pengetahuan. Tambahan tips di sini adalah orang tidak hanya ingin jawaban, mereka ingin jawaban yang cepat. Jadi buat konten yang mudah dibaca agar orang bisa mengambil bagian yang penting dengan cepat.

Baca tiap judul dan sub judul dari buku atau artikel non fiksi. Lalu apa yang membuat pembaca merasa penasaran atau bertanya-tanya. Ini kemudian menjadi tugas penulis untuk menyampaikan jawaban dan menuliskan informasi pendukungnya.

Berdayakan kembali konten Anda

Photo credit: Google

Menciptakan konten yang relevan dan original bisa makan waktu dan melelahkan. Untungnya ada cara untuk menciptakan satu konten dan mengubahnya menjadi banyak.

Berikut beberapa ide untuk mengubah satu konten yang lebih besar, misalnya, halaman pada website, ke media berbeda:

  • Gunakan pesan utama pada konten dan ubah menjadi postingan blog atau artikel yang lebih kecil.
  • Minta graphic designer untuk mengubah postingan blog menjadi infografik, yang bisa digunakan di postingan, newsletter, atau halaman media sosial Anda.
  • Ambil pesan penting dan ubah menjadi postingan media sosial yang singkat dengan link ke postingan blog lengkap atau halaman konten yang lebih besar.

Simpan informasi untuk update dan promosi nanti

Photo credit: Google

Akan bermanfaat bila Anda bisa punya stok konten untuk penerbitan selanjutnya. Ini membantu Anda memastikan Anda punya konten baru meski Anda sedang sibuk menjalankan bisnis.

Pastikan konten yang Anda ciptakan untuk diterbitkan nanti adalah informasi yang masih relevan ketika diterbitkan.

Bila Anda merasa membutuhkan bantuan untuk menciptakan konten untuk website, Anda bisa gunakan jasa copywriter profesional yang spesialis dalam menulis untuk website. Menggunakan jasa profesional bisa membantu Anda memastikan konten diutarakan dengan jelas dan efektif.

Baca juga  Cost Per Milion

Update website atau blog secara teratur

Photo credit: Google

Memulai blog atau website adalah sebuah komitmen. Ketika Anda bisa menulis beberapa postingan dan lalu meninggalkannya, Anda tidak akan punya banyak pembaca atau pelanggan baru. Tidak hanya itu, mesin pencari tidak suka situs yang tidak di-update secara teratur.

Bila Anda punya blog atau website, Anda perlu meng-update-nya secara teratur dengan konten yang bagus. Seberapa sering Anda perlu meng-update blog? Ini terserah Anda. Tiap orang punya prioritas berbeda. Anda bisa usahkan meng-update blog setidaknya dua kali dalam seminggu, misalnya.

Tinggalkan komentar

Pengin Dapat Passive Income? Download GRATIS Ebook "Rahasia Passive Income dari Produk Digital"

Bikin Sekali, Untungnya Berkali-Kali.

Dengan ini Anda akan otomatis berlangganan Newsletter dari Blog Ratakan.