Tips Menguasai Bahasa Baru

Tak ada waktu yang tidak tepat untuk mempelajari sebuah bahasa. Meski kita berpikir belajar bahasa asing paling tepat di usia muda, dan tentu lebih mudah bagi anak untuk belajar bahasa baru. Tetap saja, mempelajari bahasa baru jadi latihan yang bermanfaat untuk tiap orang.

Penelitian telah menunjukkan, mempelajari bahasa baru bisa meningkatkan memori dan bahkan memperlambat efek penuaan, selain manfaat kognitif lainnya.

Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda berlatih percakapan dalam bahasa asing, baik ketika Anda ingin belajar beberapa kata baru dalam bahasa asing atau untuk menjadi seorang yang ahli.

Lakukan percakapan, meski seorang diri

Photo credit: Google

Berbicara adalah bagian penting dari mempelajari bahasa baru. Orang punya banyak jenis kosa kata, tertulis dan lisan, reseptif dan produktif. Kata yang Anda pahami ketika Anda mendengarnya (reseptif) mungkin tidak sama dengan kata yang bisa Anda gunakan dalam berbicara, dan kata yang Anda katakan dengan lantang (produktif) tidak selalu sama dengan kata yang Anda gunakan dalam tulisan.

Kecuali Anda mempelajari bahasa baru semata untuk tujuan menerjemahkan dokumen tertulis, Anda sangat perlu melakukan percakapan. Untuk mengembangkan kosakata oral yang produktif (kata yang bisa Anda produksi, bukan sekedar memahaminya saat Anda mendengarnya), Anda harus berlatih menggunakan kata itu.

Ketahui 4 bagian penting dari bahasa

Photo credit: Google

Belajar bahasa berarti mempelajari beberapa bagian yang disatukan untuk menjadi sebuah gambar utuh, seperti puzzle. Skill utama dari bahasa adalah kemampuan membaca, kemampuan menulis, kemampuan mendengarkan, dan kemampuan bicara.

Idealnya semua skill ini bekerja simultan untuk menghindari ketidak-seimbangan berbahasa.

Misalnya, kadang selama percakapan dalam bahasa asing, Anda kesulitan mengungkapkan sesuatu dengan benar. Ini berarti Anda harus lebih fokus mengembangkan aspek ini dibanding skill lain dengan menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar bicara, daripada membaca dan menulis.

Baca juga  5 Alasan Kenapa Anda Membutuhkan Asisten Virtual

Jangan takut bila Anda terdengar konyol

Photo credit: Google

Melakukan percakapan menggunakan bahasa yang tidak sepenuhnya membuat Anda nyaman akan memicu beberapa kesalahan. Anda bisa salah melafalkan kata, keliru dalam struktur kalimat, atau mengucapkan sesuatu yang sama sekali bukan kata yang digunakan dalam bahasa yang Anda pelajari.

Tapi tak ada ahli yang sempurna sejak awal. Dan sisi bagusnya, semakin memalukan kesalahan Anda, semakin mungkin Anda punya konstruksi tata bahasa yang bagus yang terekam dalam memori.

Bila Anda akan mengikuti kelas bahasa, pastikan dilakukan dalam bahasa yang sedang Anda pelajari

Anak usia 2 hingga 5 tahun bisa memahami struktur bahasa di bahasa pertama mereka dengan berjam-jam latihan setiap hari. Meski Anda tidak bisa menciptakan lingkungan seperti ini ketika Anda belajar bahasa asing, akan membantu bila  Anda berusaha sebisa mungkin menggunakan bahasa tersebut.

Jangan buang waktu dengan guru yang berbicara menggunakan bahasa ibu. Tapi ikuti kelas yang instrukturnya menggunakan bahasa yang sedang Anda pelajari.

Gunakan flash card

Photo credit: Google

Sebuah penelitian dari mahasiswa Jepang yang belajar bahasa Inggris, ditemukan kalau menggunakan sebuah kata 10 kali dalam konteks membantu siswa menguasainya. Tapi peneliti melihat lebih dari 10 pengulangan dibutuhkan untuk sepenuhnya memahami kata tersebut. Tingkatkan kemampuan kosakata Anda dengan membuat set flash card dan gunakan secara teratur.

Pastikan untuk mendengarkan

Photo credit: Google

Sebuah penelitian dari Universitas Selandia Baru menemukan kalau sering mendengar bahasa asing, baik Anda mengerti atau tidak, membantu Anda belajar. Mendengarkan pembicaraan native speaker bisa membantu Anda familiar dengan pola suara baru dari bahasa target. Jadi meski Anda tidak memahami jalan ceritanya, tonton acara berbahasa Spanyol atau dengarkan siaran beritanya.

Baca juga  Do's dan Don'ts dalam Dunia Marketing

Motivasi dalam belajar bahasa asing

Photo credit: Google

Penelitian menemukan motivasi jadi salah satu kunci yang mendorong penguasaan bahasa kedua. Menguasai bahasa baru adalah tugas berat, dan butuh latihan. Mengidentifikasi kenapa Anda ingin belajar bahasa tertentu bisa membuat Anda terus belajar, meski Anda lebih suka melakukan hal lain selain menggunakan flash card atau berlatih percakapan. Apakah menguasai bahasa asing membantu Anda di tempat kerja? Apakah ini memberi Anda akses lebih baik ke budaya yang Anda kagumi?

Kunjungi perpustakaan lokal

Photo credit: Google

Banyak perpustakaan umum yang dilengkapi software belajar bahasa, baik berupa buku audio di bahasa target. Daripada menghabiskan banyak uang untuk belajar online yang mahal, Anda bisa mencari sumber belajar dari perpustakaan lokal.

Download aplikasi

Photo credit: Google

Untuk menjadi master sebuah bahasa, Anda perlu berlatih setiap hari. Banyak aplikasi (banyak yang gratis) menawarkan pelajaran kosa kata yang bisa Anda akses dimana saja, baik saat antri atau duduk menunggu dokter.

Pergi ke tempat yang menggunakan bahasa yang Anda pelajari

Photo credit: Google

Seperti disebutkan sebelumnya, cara terbaik untuk belajar bahasa adalah dengan menyelaminya. Akan lebih bermanfaat berlatih dengan native speaker daripada orang lain yang melakukan kesalahan yang sama seperti Anda dan menguasai kosa kata yang sama dengan yang Anda pelajari.

Tapi menemukan native speaker akan sulit di kehidupan keseharian. Bila Anda tidak bisa pergi ke Beijing, Anda bisa kunjungi kota pecinan terdekat, atau bergabung di kelompok native speaker.

Atasi rasa cemas

Photo credit: Google

Penelitian menunjukkan beberapa siswa mengalami kecemasan dalam belajar bahasa asing, sama seperti kecemasan saat menghadapi ujian. Berbicara di bahasa asing bisa seperti tes, tapi percakapan adalah bagian integral dari mempelajari bahasa baru.

Baca juga  10 Kesalahan Umum Dalam Beriklan Yang Perlu Anda Hindari

Tujuan yang realistis

Photo credit: Google

Bila Anda belum lancar berbahasa asing hanya dalam beberapa minggu, jangan menyerah. Butuh waktu tahunan untuk bisa lancar di bahasa pertama Anda, bukan? Jangan merasa down bila anak usia 5 tahun bisa bicara lancar di bahasa yang Anda pelajari, karena mereka telah berlatih lebih lama.

Bangun di pagi hari

Photo credit: Google

Meski ini terdengar aneh sebagai tips untuk belajar bahasa baru, tapi ini kebiasaan penting yang punya potensi memudahkan Anda menguasai bahasa baru.

Pagi hari adalah waktu ideal untuk memulai sesuatu. Dan juga sangat bagus bagi orang yang belajar bahasa, karena dengan bangun pagi-pagi, Anda tidak stres, tidak lelah, atau terganggu oleh peristiwa sehari-hari. Ini memberi Anda kesempatan untuk berlatih sebelum memulai aktivitas.

PintaSPEAK

Photo credit: Google

PintaSPEAK, cara pintas kuasai 2 bahasa asing sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

PintaSPEAK merupakan sebuah kursus bahasa asing berbasis audio yang pada sistem pembelajarannya mengajak langsung para pendengar untuk ikut melafalkan langsung penyebutan yang dipraktekkan native speaker.

Produk PintaSPEAK ini berisi dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa MAndarin dengan pengaturan waktu yang pas, agar Anda mampu berbicara 2 bahasa dalam jangka waktu yang singkat akan mudah.

Yang harus Anda lakukan adalah duduk dengan nyaman dan mendengarkan. Biarkan kursus ini yang bekerja untuk Anda. Anda akan menyerap bahasa seperti spons menyerap air. Tanpa buku, tanpa pengulangan yang membosankan. Pelajari ilmunya sekarang!

2 pemikiran pada “Tips Menguasai Bahasa Baru”

  1. Artikel yang bagus sekali bagi kita yang ingin menguasai suatu bahasa asing. Dalam artikel ini banyak sekali petunjuk atau trik yang sangat bagus, disamping motivasi yang jitu.

Tinggalkan komentar