Tips Optimasi Gambar Yang Perlu Anda Tahu

Bila Anda menjalankan toko online, optimasi gambar adalah seni yang perlu Anda kuasai. Mulai dari menarik orang menggunakan gambar dari Google hingga menurunkan waktu loading, optimasi gambar adalah bagian penting dari membangun website ecommerce yang sukses.

Apa yang dimaksud optimasi gambar?

Photo credit: Google

Optimasi gambar adalah tentang sebisa mungkin menurunkan ukuran file gambar tanpa mengorbankan kualitasnya agar waktu loading halaman Anda bisa tetap rendah. Optimasi gambar juga berhubungan dengan SEO. Yaitu, membuat gambar produk dan gambar dekoratif masuk peringkat Google dan mesin pencari gambar lainnya.

Berikut ini cara mengoptimasi gambar untuk website:

Sebutkan nama secara deskriptif dan dalam bahasa yang jelas

Akan cukup merepotkan bila ada ratusan foto produk. Biasanya orang membuat file nama default di kamera mereka. Tapi ketika bicara tentang gambar SEO, penting untuk menggunakan kata kunci yang tepat untuk membantu halaman web masuk peringkat di hasil pencarian.

Menciptakan nama file yang deskriptif dan kaya kata kunci penting untuk optimasi gambar. Mesin pencari tidak hanya melihat teks halaman web Anda, tapi juga nama file gambar Anda.

Gambar mobil di bawah ini misalnya:

Photo credit: Google

Anda bisa gunakan nama generik yang dibuat oleh kamera Anda, misalnya DCMIMAGE10.jpg. tapi akan lebih baik menamakan file dengan 2012-Ford-Mustang-LX-Red.jpg.

Pikirkan bagaimana pelanggan mencari produk di website Anda. Apa pola nama yang mereka gunakan ketika melakukan pencarian? Di contoh di atas, orang yang mencari mungkin mencari istilah seperti:

  • 2012 Red Ford Mustang LX
  • Ford Mustang LX Red 2012
  • Red Ford Mustang LX 2012

Lihat analytics website untuk mengetahui pola kata kunci yang pelanggan ikuti. Tentukan pola nama yang paling umum mereka gunakan dan terapkan formula itu di proses penamaan file gambar.

Baca juga  Fitur Baru Website Ratakan

Pastikan Anda menggunakan kata kunci yang relevan ketika memberi nama gambar.

Pahami pentingnya pemberian nama gambar di situs Anda. Ini bisa meningkatkan on-page SEO Anda, dan juga membantu halaman dan gambar masuk peringkat lebih tinggi di search engine results pages (SERPs).

Optimasi alt attributes dengan seksama

Photo credit: Google

Alt attributes adalah teks alternatif pada gambar ketika browser tidak bisa dengan tepat memberikannya. Alt attribute juga digunakan untuk aksesibilitas web.

Alt attributes juga menambah nilai SEO pada website. Menambahkan Alt attributes yang sesuai, yang menyertakan kata kunci relevan pada gambar di website bisa membantu Anda masuk peringkat lebih baik di hasil pencarian.

Sebenarnya, menggunakan Alt attribute bisa jadi cara terbaik untuk produk ecommerce Anda muncul di gambar Google dan pencarian website.

Prioritas pertama ketika bicara tentang optimasi gambar adalah mengisi tiap Alt attribute untuk tiap gambar produk di situs Anda.

Berikut ini beberapa aturan sederhana untuk Alt attributes:

  • Jelaskan gambar Anda di bahasa yang jelas, seperti yang Anda lakukan pada nama file gambar
  • Bila Anda menjual produk yang punya nomor seri, gunakan di Alt attribute
  • Jangan penuhi alt attribute dengan kata kunci, misalnya< alt=”ford mustang muscle car buy now cheap best price on sale”
  • Jangan gunakan Alt attributes untuk gambar dekoratif, mesin pencari akan memberi penalti karena over optimasi.

Kemudian Anda perlu selalu mengecek. Lihat sumber halaman web Anda dan cek untuk mengetahui apakah Alt attribute Anda terisi dengan baik.

Pilih dimensi gambar dan sudut pengambilan gambar produk dengan bijak

Photo credit: Google

Wajar bila Anda menunjukkan produk dari berbagai sudut. Untuk gambar mobil tadi, Anda tidak hanya menunjukkan satu foto saja, terutama bila Anda berusaha menjualnya. Akan lebih menarik bila Anda menunjukkan gambar:

  • Bagian interior
  • Mesin
  • Pelek
  • Bagian belakang.
Baca juga  Program Ratakan

Tambahkan deskripsi pada Alt attribute agar pencari potensial datang ke website Anda.

Hati-hati ketika menyediakan gambar yang lebih besar

Photo credit: Google

Anda mungkin ingin menyediakan gambar lebih besar untuk pengunjung yang bisa meningkatkan pengalaman pengguna, tapi hati-hati.

Apapun yang Anda lakukan, jangan tempatkan gambar sangat besar di halaman web dan mengecilkan dimensinya melalui sumber kode. Ini akan meningkatkan waktu loading halaman karena ukuran file pada gambar lebih besar.

Sebaiknya buat gambar lebih kecil dan sediakan pilihan untuk melihat gambar lebih besar di halaman web terpisah.

Menurunkan ukuran gambar

Photo credit: Google

Perhatikan  ini:

  • Hampir 50 persen konsumen tidak mau menunggu 3 detik untuk loading situs ecommerce
  • Rata-rata waktu loading halaman meningkat
  • Google menggunakan waktu loading halaman sebagai faktor peringkat dalam algoritma mereka.

Jadi bila Anda punya gambar yang memperlambat web dan butuh lebih dari 15 detik untuk loading halaman, para calon pelanggan Anda akan pergi.

Jadi apa yang bisa Anda lakukan?

Photo credit: Google

Ketika pelanggan tiba di situs Anda, bisa butuh waktu untuk halaman loading, bergantung berapa besar file Anda. Semakin besar ukuran file, semakin lama waktu yang dibutuhkan halaman web untuk loading.

Bila Anda bisa menurunkan ukuran gambar di halaman web dan meningkatkan kecepatan loading halaman, semakin sedikit orang yang meninggalkan website Anda.

Satu cara untuk menurunkan ukuran file gambar adalah menggunakan perintah “Save for Web” di Adobe Photoshop. Ketika menggunakan perintah ini, Anda bisa sesuaikan gambar di ukuran serendah mungkin tapi tetap mempertahankan kualitas gambar.

Bagaimana mengoptimasi gambar tanpa Photoshop?

Photo credit: Google

Bila Anda tidak punya Adobe Photoshop, ada banyak tool online yang bisa Anda gunakan untuk mengedit gambar. Adobe bahkan punya aplikasi edit gambar gratis untuk smartphone dan tablet, yakni Photoshop Express. Tool ini tidak punya semua kemampuan versi desktop Adobe Photoshop, tapi memiliki semua dasar edit gambar dan tidak makan biaya.

Baca juga  Perubahan Jadwal Pelayanan Ratakan Selama Bulan Ramadhan

Tool edit gambar lain yang bagus ada:

  • PicMonkey, menjadi salah satu tool edit photo yang bagus
  • PIXLR sangat user friendly dan punya 100 persen aplikasi gratis untuk smartphone
  • Canva, jadi pilihan image editor online lainnya.

Ada juga GIMP. GIMP adalah open source, aplikasi software edit gambar yang bisa dijalankan di Windows, Mac, atau Linux. GIMP bisa lakukan semua yang Photoshop bisa.

Yang perlu diingat, untuk gambar ecommerce, aturannya adalah membuat file gambar Anda di bawah 70 kb. Dan ini kadang sulit, terutama untuk gambar besar.

Pabrik Gambar. Pabrik Gambar adalah software berbasis desktop (Windows) yang berfungsi untuk mencari gambar dalam bentuk foto dan clipt art dari domain publik yang sesuai dengan topik/niche/keyword yang Anda inginkan.

Anda dapat mencari gambar dalam hitungan detik dari 30+ sumber. Gambar-gambar yang diambil berasal dari domain publik, sehingga Anda tidak perlu khawatir melanggar hak cipta.

Tinggalkan komentar

Pengin Dapat Passive Income? Download GRATIS Ebook "Rahasia Passive Income dari Produk Digital"

Bikin Sekali, Untungnya Berkali-Kali.

Dengan ini Anda akan otomatis berlangganan Newsletter dari Blog Ratakan.