Tips Penting Dalam Menggunakan Twitter Untuk Bisnis

Twitter menjadi website yang paling banyak dikunjungi di dunia. Twitter juga sering salah dipahami, karena ia berbeda dari kebanyakan platform media sosial yang ada. Twitter fokus pada percakapan publik. Anda juga bisa manfaatkan Twitter untuk bisnis.

Bila Anda memahami cara kerjanya dan memasarkan produk di Twitter, ini bisa memberi banyak traffic, membangun brand, dan menghasilkan lebih banyak uang.

Berikut ini beberapa tips untuk membantu bisnis Anda berhasil di platform ini:

Buat username yang jadi brand bisnis Anda

Photo credit: Google

Misalnya, seorang penulis bisa menggunakan namanya untuk mengidentifikasi dirinya dengan pekerjaannya. Anda bisa gunakan nama bisnis Anda.

Apapun yang jadi pilihan Anda, pastikan username Anda di Twitter berhubungan dengan bisnis Anda, ini akan membantu orang mengingat siapa Anda.

Buat profil yang efektif

Photo credit: Google

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat profil jadi lebih efektif. Pertama, Anda perlu manfaatkan semaksimal mungkin penggunaan custom profile background pada Twitter. Ini akan jadi kesempatan untuk menambahkan informasi tentang bisnis Anda, selain deskripsi 160 karakter yang tersedia. Ketika menggunakannya, jangan biarkan gambar background kosong.

Dengan deskripsi profil, Anda bisa ciptakan informasi singkat dan efektif tentang bisnis Anda dan menyertakan kata kunci serta link yang relevan ke website Anda.

Optimalkan bio Anda untuk menunjukkan personalitas brand

Photo credit: Google

Twitter bio adalah lokasi sebanyak 160 karakter untuk menunjukkan perusahaan Anda, tepat di bawah foto profil Anda. Anda perlu ciptakan bio yang sangat mengena.

Dan ini tidak sulit. Cukup jelaskan siapa Anda dalam kalimat yang pendek. Jelaskan siapa Anda, apa yang Anda lakukan, serta perusahaan yang Anda dirikan.

Berikut ini beberapa elemen yang perlu diperhatikan ketika membuat bio:

  • Buat yang akurat. Beritahu orang dengan tepat siapa brand Anda.
  • Sertakan hal personal atau humor. Jangan takut menyampaikan lelucon atau mengatakan hal yang original.
  • Bila brand Anda punya pencapaian bagus, beritahukan. Punya ribuan pelanggan? Beritahu orang tentang hal ini.
  • Buat bio tertarget. Tulis bio yang akan menarik orang yang sesuai dengan target audiens Anda.
  • Tambahkan hashtag yang relevan agar orang bisa menemukan akun Anda ketika mencari istilah tersebut.
  • Pastikan untuk tag brand lain yang terkait.
Baca juga  Tips Email Marketing Untuk Bisnis Berskala Kecil

Follow mereka yang ada di industri Anda

Photo credit: Google

Bila Anda ingin terhubung dengan banyak orang di industri Anda, maka Anda perlu follow mereka. Bila Anda mulai follow mereka, mereka akan follow back Anda.

Follow sebanyak mungkin orang di industri Anda untuk memudahkan Anda terhubung dengan orang yang relevan dan membangun follower.

Mendekati audiens

Photo credit: Google

Anda tidak perlu terus-menerus menulis tentang bisnis, ini akan terasa membosankan. Buat lebih personal dan undang follower ke kehidupan Anda.

Anda tidak perlu terlalu personal, tapi coba tulis hal berbeda dan buat audiens memperhatikan apa yang Anda katakan. Anda bisa juga bagikan tweet orang lain dan berkomentar di percakapan berbeda.

Twitter merupakan platform yang memungkinkan Anda terhubung dengan pembaca dengan cara yang cepat dan mudah dan bisa sangat bermanfaat dalam meningkatkan engagement dan aktivitas seputar bisnis Anda.

Hindari otomatisasi

Photo credit: Google

Meski Anda ingin tweet otomatis tentang postingan blog terbaru, yang sebenarnya tidak jadi masalah, tapi Anda tidak perlu otomatisasi semua tweet Anda.

Pastikan Anda menerbitkan content di interval yang teratur dan seperti disebutkan di atas, sebisa mungkin dekati audiens.

Anda juga perlu membaca apa yang orang lain tulis dan lihat apa yang orang lain tweet. Ini membantu Anda mengetahui tipe konten untuk diterbitkan untuk meningkatkan kedekatan dengan pembaca.

Segera dapatkan Automention Twiter! Aplikasi Promosi Di Twitter yang bertujuan memanggil, menandai, dan men-tag seseorang pada tweet yang Anda buat, sesuai keyword.

Profil jangan dibuat privat

Photo credit: Google

Ini tentu sudah jelas, tapi masih sering terjadi. Salah satu kesalahan paling besar dalam mengatur media sosial adalah ketika menggunakan Twitter untuk bisnis tapi profilnya dibuat privat.

Baca juga  Tips Sukses Mengurus Keluarga dan Pekerjaan

Anda harus memahami, sebagai perusahaan, Anda menerbitkan konten atau media atau informasi apapun untuk klien, dan bila profil Anda dibuat privat, Anda akan sangat membatasi siapa saja yang bisa melihatnya.

Jangan selalu menjual produk

Photo credit: Google

Kesalahan lain yang banyak orang lakukan melalui tweet adalah berusaha menjual produk dan layanan setiap saat. Sebenarnya, Twitter bukan untuk jualan, Twitter untuk menciptakan kedekatan dengan pelanggan dan menargetkan audiens baru.

Dengan kehadiran Twitter Anda, Anda menarik pelanggan bukan memaksa mereka untuk membeli produk Anda. Jadi usahakan memberi alasan kenapa orang ingin tahu lebih banyak tentang bisnis Anda, bukan berusaha keras menjual produk dan layanan Anda.

Jangan gunakan terlalu banyak hashtag

 

Photo credit: Google

Hashtag bisa jadi cara berguna untuk membuat tweet Anda dibaca oleh lebih banyak audiens, tapi menggunakan terlalu banyak hashtag bisa membuat tweet Anda lebih sulit dibaca, yang bisa menghalangi audiens Anda.

Penelitian telah menunjukkan kalau jumlah optimal untuk hashtag adalah dua untuk tiap tweet, lebih dari ini membuat engagement menurun. Cari tag yang paling relevan dengan bisnis Anda dan gunakan seperlunya.

Baca artikel lainnya tentang menggunakan Instagram untuk keperluan bisnis.

Jangan lupakan unsur visual

Photo credit: Google

Unsur visual bisa menarik pelanggan, jadi jangan lupakan faktor ini dalam akun Twitter Anda. Penelitian dari Twitter sendiri menyatakan tweet dengan foto bisa menghasilkan hingga 313 persen engagement.

Bila Anda gunakan media untuk produk dan gambar, ini memberi tambahan kesempatan tweet muncul di depan audiens dan menonjol dalam feed Twitter.

Jadi cari gambar dan konten visual yang tepat. Dengan update terbaru di Twitter, Anda sekarang bisa menyertakan gambar tanpa mempengaruhi jumlah karakter tweet Anda.

Baca juga  Lebih Dari 40 Produk Digital Diskon Selama 3 Hari !!

Buat tweet selama jam sibuk

Photo credit: Google

Akan sangat membantu bila Anda membuat tweet selama jam sibuk ketika orang paling banyak online.

Ada hari-hari tertentu dalam satu seminggu ketika pengguna Twitter paling aktif, berarti mereka lebih mungkin untuk melihat postingan Anda.

Dengan mengidentifikasi jam dan hari dan memposting di waktu tersebut, Anda bisa mendapat lebih banyak engagement dan mendapat banyak klik.

Tweet yang dibuat pada hari Jum’at, Sabtu, dan Minggu punya CTR lebih tinggi dibanding yang dibuat pada hari-hari lain.

Beberapa penelitian juga menunjukkan memposting antara jam 12 siang hingga 6 sore adalah waktu terbaik. Ada juga yang berpendapat membuat tweet antara jam 12 siang hingga 3 sore pada hari Senin hingga Jum’at sangat tepat.

Ini akan bergantung pada audiens spesifik Anda, jadi coba tes bagaimana hasilnya pada waktu dan hari berbeda untuk mengetahui mana yang paling tepat untuk brand Anda.

Tinggalkan komentar