Twitter Untuk Bisnis, Tips Penting Untuk Majukan Bisnis Anda

Bila digunakan dengan benar, Twitter bisa jadi tool marketing yang tepat untuk bisnis Anda. Sebelum menggunakan Twitter untuk bisnis Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

Twitter merupakan platform media sosial dan berita online dimana orang berkomunikasi dalam bentuk pesan pendek yang terdiri dari 240 karakter, yang disebut tweet. Twitter didirikan di tahun 2006, dan kini jadi salah satu website kelas atas di dunia.

Tool pada Twitter

twitter untuk bisnis
Photo credit: Google

Memiliki akun yang tertata apik merupakan sebuah prioritas. Ada banyak cara yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatur tweet:

  • TweetDeck: TweetDeck gratis penggunaannya dan disertai kolom untuk Anda mengatur daftar, notifikasi, atau feed. Anda bisa juga melacak hashtag di kolom berbeda, menjadwalkan tweet, dan menambahkan banyak akun Twitter untuk mengatur beberapa pengguna sekaligus. TweetDeck diakses melalui website dan dimiliki oleh Twitter.
  • Hootsuite: Hootsuite memungkinkan Anda mengatur akun media sosial lain selain Twitter, pengoperasiannya mirip TweetDeck. Hootsuite menawarkan versi gratis. Pengguna bisa menjadwalkan tweet di Hootsuite dengan cara yang sama seperti TweetDeck.

Twitter untuk bisnis

twitter untuk bisnis
Photo credit: Google

Media sosial punya peran tersendiri dalam bisnis. Media sosial bisa menjangkau siapa saja dan menyampaikan pesan perusahaan Anda. Sebagai pemilik bisnis, Anda perlu dengan seksama menggunakan Twitter agar sesuai dengan rencana marketing perusahaan Anda.

Berikut ini beberapa ide penggunaan Twitter untuk bisnis:

Gunakan hashtag

twitter untuk bisnis
Photo credit: Google

Coba gunakan hashtag. Frase ini memberi pengguna kesempatan untk menge-tag kata tertentu yang berisi ratusan atau ribuan tweet. Hashtag jadi cara tepat untuk meningkatkan visibilitas konten Anda pada follower.

Baca artikel tentang memanfaatkan Facebook untuk bisnis.

Ada banyak hashtag populer yang umumnya familiar bagi semua pengguna aktif Twitter. Anda bisa juga ciptakan hashtag sendiri untuk menarik perhatian terhadap brand atau event yang Anda adakan.

Baca juga  Cost Per Milion

Gunakan hashtag yang relevan, misalnya, bila Anda men-tweet tentang memulai bisnis, Anda bisa gunakan hashtag #entrepreneurship.

Selanjutnya, batasi hashtag yang Anda gunakan. Semakin banyak Anda menggunakannya, kurang mungkin orang berinteraksi dengan konten Anda, karena mereka merasa postingan Anda mirip spam.

Juga, perhatikan trending box setiap hari, posisinya berada di sisi kiri timeline Anda bila Anda menggunakan desktop, atau pada search tab pada aplikasi Twitter. Trending box memberi banyak inspirasi tentang apa yang perlu dibagikan ke follower. Pastikan tweet Anda relevan dan Anda menggunakan trending phase atau hashtag.

Mengatasi masalah melalui direct message

twitter untuk bisnis
Photo credit: Google

Direct message telah semakin berkembang, yang akan sangat menguntungkan bagi sebuah brand. DM bisa jadi cara Anda berinteraksi dengan klien penting untuk mengatasi masalah.

Direct message tepat untuk berinteraksi dengan klien karena beberapa alasan. Pertama, Anda tidak mau pengguna lain melihat masalah dan membuat mereka berpikir negatif tentang perusahan Anda.

Selain itu, tidak ada batasan karakter pada DM, yang memberi Anda kebebasan untuk membantu pelanggan tanpa dibatasi oleh jumlah karakter tertentu.

Di setting default, hanya pengguna yang Anda ikuti bisa mengirim direct message ke Anda. Anda bisa atur akun Twitter untuk bisa menerima pesan dari siapa saja, sehingga lebih mudah bagi pelanggan untuk menghubungi Anda.

Anda bisa ke bagian Privacy Setting dan aktifkan Receive Direct Messages from Anyone.

Foto, gif, dan polling

 

twitter untuk bisnis
Photo credit: Google

Twitter memungkinkan pengguna menambahkan hingga 4 foto pada postingan. Anda bisa juga ciptakan grafik untuk ditambahkan pada tweet.

Menggunakan foto dan gif dalam tweet jadi cara untuk terhubung dengan follower. Twitter menyediakan gif keyboard. Cari keyword dan pilih clip yang paling tepat untuk tweet Anda.

Baca juga  Tips Email Marketing Untuk Bisnis Berskala Kecil

Membangun kedekatan dengan follower adalah sebuah keharusan untuk membuat mereka tertarik pada brand Anda. Satu cara unik untuk melibatkan follower adalah dengan membuat polling.

Buat pertanyaan dan pilih responnya. Lalu klik Compose box pada bagian atas Home timeline. Lalu klik ikon Add Poll yang terlihat seperti grafik horizontal. Masukkan pertanyaan Anda ke kotak compose utama.

Lalu masukkan pilihan polling pertama pada Choice 1 dan pilihan kedua pada Choice 2. Anda bisa gunakan hingga 4 pilihan pada polling, dan tiap pilihan harus kurang dari 25 karakter. Polling berlangsung 24 jam, tapi Anda bisa memperpendek waktunya bila perlu.

Miliki Simpelinsta yang memungkinkan Anda menggunakan fitur yang lebih lengkap dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Live tweeting

Photo credit: Google

Live tweeting adalah cara lain untuk mendapat topic trending di Twitter. Pada dasarnya, live tweeting adalah ketika pengguna men-tweet reaksinya terhadap live event yang sedang berlangsung.

Ketika brand mengadakan event dan ingin orang yang hadir melakukan live tweet ketika ada di sana, brand sering menciptakan hashtag sendiri untuk digunakan dan dibagikan  agar yang lain bisa mengikuti. Live tweeting paling umum berlangsung di acara TV.

Interaksi dengan influencer dan pelanggan

Penting untuk berinteraksi dengan orang yang tepat di Twitter. Twitter juga jadi cara untuk mendekatkan diri dengan pelanggan dengan membuat mereka senang dan jadi pelanggan potensial untuk membantu mereka mengenal bisnis Anda.

Mungkin diantara mereka ada jurnalis atau influencer yang Anda ingin fokuskan juga. Cara mudah melakukan ini adalah dengan Twitter list. Anda bisa mem-filter tweet follower dan menargetkan untuk mendekati mereka yang lebih mungkin membantu Anda menjangkau tujuan marketing media sosial.

Tips Twitter untuk bisnis

twitter untuk bisnis
Photo credit: Google

Berikut ini beberapa tips ketika Anda menggunakan Twitter untuk bisnis:

Baca juga  Tips Menciptakan Konten Yang Banyak Dibagikan di Media Sosial

Jangan beli follower

Anda bisa beli follower dari layanan tertentu untuk meningkatkan jumlah follower. Tapi ini tidak akan sebanding dengan hasilnya. Follower yang Anda peroleh tidak nyata, dan karenanya tidak akan berinteraksi dengan brand Anda.

Gunakan versi mobile

twitter untuk bisnis
Photo credit: Google

Aplikasi mobile Twitter terintegrasi dengan baik dengan platform website, jadi transisi dari tweet di komputer dengan tweet dari smartphone atau tablet sama lancarnya.

Tambahkan widget Twitter pada website

Tunjukkan ke pengunjung website kalau Anda aktif di media sosial dengan meng-embed widget Twitter di halaman web. Untuk membuat widget Twitter, Anda bisa masuk ke link http://Twitter.com/settings/widgets lalu klik Create New.

Anda akan diarahkan ke halaman dimana Anda bisa mengatur apa yang mau diperlihatkan di widget Anda.

Anda bisa buat widget dari timeline tweet atau tweet favorit. Anda bahkan bisa mencari hashtag spesifik. Anda lalu bisa sesuaikan ukuran, warna dan tema widgetnya. Setelah merasa cocok dengan widget Twitter yang baru, cukup klik tombol Create Widget dan Anda akan diarahkan ke halaman baru yang berisi kode HTML yang dibutuhkan untuk meng-embed widget ke website.

Embed tweet pada blog

twitter untuk bisnis
Photo credit: Google

Tips tentang Twitter untuk bisnis selanjutnya berkaitan dengan blog perusahaan. Bila perusahaan Anda memiliki blog yang aktif, meng-embed tweet bisa menunjukkan twet menarik yang Anda bagikan ke follower. Ini jadi cara untuk menggabungkan akun media sosial di website Anda.

Untuk meng-embed sebuah tweet, cari tweet yang ingin Anda bagikan dan klik tab More di bagian sudut kanan atas. Menu dropdown akan muncul, pilih Embed Tweet, dan Anda akan dibawa ke halaman baru dengan kode HTML. Dari sana, salin dan tempelkan kode ke area yang Anda inginkan.

Tinggalkan komentar