Cara menggunakan WhatsApp untuk Bisnis

WhatsApp merupakan aplikasi mobile gratis yang menggunakan koneksi internet telepon yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pengguna WhatsApp lain, tanpa dikenai biaya pesan teks seperti SMS.

Aplikasi WhatsApp juga memungkinkan Anda membagikan file dan gambar, serta mendukung video call dan audio call gratis.

WhatsApp bisa digunakan pada banyak perangkat handphone yang membuatnya populer seiring dengan tingginya biaya SMS. Bahkan WhatsApp jadi alternatif SMS paling populer di 109 negara.

Cara menggunakan WhatsApp

Photo credit: Google

WhatsApp punya versi untuk iPhone, Android, serta Windows. Ada juga aplikasi web dan versi desktop untuk Mac atau PC Windows. Tapi Anda perlu menginstalnya di handphone lebih dulu, karena  tiap akun WhatsApp langsung terhubung ke sebuah nomor telepon.

Setelah Anda download dan instal aplikasi, Anda perlu konfirmasi negara dan memasukkan nomor telepon.

Untuk pengaturan profil, Anda bisa mengimport informasi dari Facebook Anda dengan satu kali klik, atau secara manual menambahkan gambar dan menambahkan nama profil (yang nantinya bisa Anda ganti).

WhatsApp menggunakan nomor telepon dari daftar kontak telepon untuk menunjukkan ke Anda direktori up to date pengguna WhatsApp yang Anda sudah kenal.

Siapapun yang punya nomor telepon Anda di buku alamat telepon mereka akan secara otomatis melihat listing Anda juga, kecuali Anda mengubah pengaturan privasi.

Cara dasar mengirim pesan, gambar, video pada WhatsApp

Ada 3 cara dasar untuk membagikan pesan, foto, dan video menggunakan WhatsApp:

Chat satu per satu

Photo credit: Google

Seperti program chat lain, Anda bisa langsung chat dengan pengguna lain yang ada di daftar kontak telepon Anda. Anda bisa juga menelepon atau video call mereka, atau merekam audio untuk dikirim ke mereka.

Baca juga  Pelayanan Ratakan Selama Libur Lebaran Idul Fitri 2017

Daftar broadcast

Photo credit: Google

Ketika Anda mengirim pesan ke daftar broadcast, pesan ini akan sampai ke siapapun yang menyimpan nomor Anda di buku telepon mereka. Mereka akan melihat pesan sebagai pesan normal, ini sama seperti fungsi blind carbon copy (BCC) pada email.

Bila mereka menjawab pesan, akan muncul seperti pesan pribadi di layar, dan jawaban mereka tidak akan terkirim ke siapapun di daftar broadcast. Daftar broadcast dibatasi untuk 256 kontak.

Group chat

Photo credit: Google

Group chat memungkinkan Anda mengirim pesan ke 256 orang sekaligus. Anda bisa mengirim pesan, foto, dan video. Siapapun di group chat bisa melihat respon tiap orang.

Kenapa perlu gunakan WhatsApp untuk keperluan bisnis?

Photo credit: Google

Alasan paling tepat untuk menggunakan WhatsApp untuk bisnis adalah karena banyak pelanggan yang menggunakannya. Lebih dari 60 milyar pesan dikirim melalui WhatsApp setiap hari.

Yang mengejutkan, pengguna WhatsApp ingin memanfaatkannya untuk bisnis. Berdasarkan sebuah survey, 67 persen pengguna aplikssi pesan mobile mengatakan mereka berharap menggunakan chat untuk komunikasi yang berkaitan dengan bisnis.

Sebanyak 53 persen responden mengatakan mereka lebih senang berbelanja di bisnis dimana mereka bisa langsung mengirim pesan.

Bila pelanggan dan prospek Anda berusia muda, mereka lebih merasa nyaman menggunakan aplikasi chat untuk komunikasi keseharian.

Hasil penelitian

Sebuah penelitian menunjukkan 42 persen pemilik smartphone antara usia 18 sampai 29 tahun menggunakan aplikasi pesan seperti WhatsApp, dibanding dengan hanya 19 persen pemilik smartphone yang usianya lebih dari 50 tahun.

Ditambah lagi, aplikasi pesan seperti WhatsApp punya tingkat engagement yang luar biasa: 98 persen pesan mobile dibuka dan dibaca, dengan 90 pesen dibuka dalam 3 detik setelah diterima.

WhatsApp mungkin jadi cara agar audiens membagikan konten melalui “dark social,” istilah untuk menjelaskan ketika orang membagikan konten melalui saluran privat seperti email atau aplikasi chat seperti WhatsApp. Ini kebalikan dari kebanyakan jaringan publik seperti Facebook.

Baca juga  8 Tips Memperoleh Review Bagus Dari Pelanggan

Faktanya, mayoritas sharing online, yakni sebanyak 84 persen, terjadi di saluran privat seperti aplikasi pesan.

Jadi meski Anda tidak menggunakan WhatsApp untuk memasarkan bisnis, prospek Anda kemungkinan besar sudah menggunakannya untuk memperluas jangkauan konten.

Menggunakan WhatsApp untuk marketing dan promosi

Photo credit: Google

WhatsApp ibarat SMS model baru, WhatsApp bisa jadi tool marketing yang sangat kuat. WhatsApp juga menjadi platform untuk komunikasi langsung dengan pelanggan.

Anda bisa gunakan WhatsApp untuk mengirim gambar, file audio, video pendek tentang  produk, dan pesan teks ke pengguna di seluruh dunia.

Tidak seperti SMS atau email, WhatsApp punya lebih sedikit batasan pada formatnya dan kemungkinan terkirim lebih tinggi.

Ini tidak berarti Anda mengirim spam ke pelanggan melalui pesan WhatsApp. Idealnya, Anda perlu gunakan WhatsApp untuk terhubung dengan pelanggan setia yang sudah ada daripada menjangkau yang baru.

Rata-rata orang tidak suka menerima pesan yang datang dari nomor yang tidak dikenal.

Bila Anda ingin respon yang baik, Anda perlu gunakan cara kreatif untuk mempromosikan bisnis Anda menggunakan WhatsApp.

Misalnya, ajak orang untuk selfie melalui WhatsApp, ke nomor telepon yang ditampilkan pada kemasan pasta gigi, yang beruntung bisa mendapat kesempatan menjadi brand ambassador produk tersebut.

WhatsApp Marketing. Ketahui cara untuk melipat gandakan omset penjualan lebih banyak dan lebih cepat hanya dengan menggunakan “WhatsApp.”

Penggunaan WhatsApp yang kreatif untuk bisnis

Photo credit: Google

Orang telah membangun bisnis baru menggunakan WhatsApp sebagai platform-nya dan beberapa orang menggunakannya untuk mengembangkan bisnis dengan cara yang efektif dari segi biaya.

Berikut ini beberapa contoh penggunaan WhatsApp yang kreatif yang bisa memberi Anda ide untuk bisnis Anda sendiri:

Layanan pemesanan

Photo credit: Google

Anda bisa gunakan WhatsApp sebagai platform untuk booking. Pelanggan bisa memesan kue, bunga, atau layanan kurir menggunakan WhatsApp.

Baca juga  Twitter Untuk Bisnis, Tips Penting Untuk Majukan Bisnis Anda

Memesan makanan menggunakan WhatsApp

Photo credit: Google

Banyak restoran sekarang menawarkan pilihan untuk memesan makanan menggunakan pesan WhatsApp. Pelanggan bisa memberitahu pilihan menu yang diinginkan dengan cepat.

Konsultasi medis

Photo credit: Google

Dokter bisa mulai menawarkan konsultasi melalui WhatsApp. Tentu, ini tidak bisa menggantikan kunjungan secara langsung ke tempat dokter, tapi Anda bisa selalu mengirim pesan dan bertanya tentang kondisi medis tertentu. Selain itu, toko obat bisa menerima foto resep dan mengantarkan obat.

Mempromosikan bisnis

Photo credit: Google

WhatsApp menjadi aplikasi komunikasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Tiap pemilik bisnis atau marketer tidak bisa menolak menggunakan platform ini untuk menjangkau klien.

Anda bisa membuat group yang berisi pelanggan lalu mengirim broadcast produk baru, penawaran, kode promo, dan lain-lain.

Anda bisa juga bagikan demonstrasi produk ke mereka. Misalnya, Anda bisa bagikan video tentang fitur produk. Karena WhatsApp merupakan platform komunikasi personal, pastikan semua promosi tidak membuang waktu pelanggan Anda.

Kesimpulan

Photo credit: Google

WhatsApp telah menjadi media komunikasi yang sangat kuat. WhatsApp banyak digunakan orang karena mudah dan simpel.

Selain menggunakannya untuk komunikasi personal, Anda bisa gunakan WhatsApp untuk bisnis dengan berbagai cara. Pilihan ini efektif dari segi harga dan Anda bisa memulainya dengan cepat.

Tinggalkan komentar