Yang Perlu Anda Tahu Tentang Hipnotis

Apa yang dimaksud hipnotis? Mungkin Anda sudah pernah melihatnya beberapa kali, bisa jadi Anda menyaksikan hipnotis dalam sebuah pertunjukan. Si ahli hipnotis menghipnotis salah satu penonton. Hanya butuh beberapa menit sebelum orang itu terlihat benar-benar berada di bawah pengaruh hipnotis. Untungnya ia tidak diminta melakukan sesuatu yang sangat memalukan.

Anda mungkin juga pernah melihat hipnotis di dalam adegan film. Dimana seseorang mengambil jam atau bandulan dan menggerakkannya di depan wajah seseorang. Setelah beberapa detik, orang tersebut terlihat kehilangan kesadaran.

Dalam film seolah hipnotis sebuah tindakan yang buruk. Seseorang bisa menghipnotis orang  lain demi menjalankan aksi jahatnya. Cerita fiksi atau pertunjukkan ini sama sekali tidak mewakili hipnotis yang sebenarnya.

Kali ini kita akan tahu apa sebenarnya yang dimaksud hipnotis dan kegunaannya.

Apa yang dimaksud hipnotis?

Photo credit: Google

Bisa sulit untuk tahu arti serta definisi hipnotis sebenarnya, karena ada banyak definisi berbeda. Tapi dapat disimpulkan bahwa hipnotis berarti Anda membiarkan diri Anda mengikuti sugesti yang diberikan oleh ahli hipnotis. Ini bukan bentuk kontrol pikiran, Anda masih punya kekuatan untuk memikirkan apa yang Anda inginkan.

Hipnotis paling berpeluang untuk berhasil ketika Anda membiarkan diri mengikuti sugesti ahli hipnotis. Ahli hipnotis tidak menghipnotis seseorang. Tapi ia menjadi semacam tutor atau coach yang tugasnya membantu orang menjadi terhipnotis.

Hal paling penting yang perlu diingat tentang hipnotis adalah, ahli hipnotis bukan ahli sulap. Ahli hipnotis membantu  Anda melepaskan kesadaran pikiran melalui relaksasi. Ini membantu Anda mengubah keyakinan bawah sadar yang mencegah perubahan yang Anda cari.

Hipnotis dalam bentuk relaksasi dan penerimaaan sugesti adalah hipnotis yang benar. Hipnotis yang bohong adalah dimana orang terlihat melakukan hal yang mereka tidak mau lakukan.

Baca juga  Cara Menaikkan Omset Jualan Online

Yang Anda perlu ingat ketika bertanya tentang hipnotis adalah, ini bukan tentang memberi kontrol pada siapapun. Ini justru sebaliknya, hipnotis adalah memperoleh kontrol terhadap pikiran Anda sendiri.

Apa manfaat hipnotis?

Photo credit: Google

Setelah bisa membedakan mana yang hipnotis dan mana yang bukan. Anda mungkin kemudian bertanya, kondisi apa yang bisa ditangani oleh hipnotis? Hipnotis bisa meningkatkan bahkan menyembuhkan banyak kondisi dan penyakit.

Berikut ini beberapa contoh manfaat hipnotis:

Sebagai manajemen rasa sakit yang efektif

Photo credit: Google

Penelitian mengindikasikan hipnotis efektif untuk menurunkan intensitas rasa sakit kronis. Hipnotis untuk rasa sakit kronis memiliki sedikit efek samping negatif. Bahkan dengan penanganan hipnotis, kebanyakan pasien melaporkan efek samping yang positif, seperti kesadaran diri meningkat, kontrol diri lebih baik, tidur lebih nyenyak, dan peningkatan kepuasan dalam hidup.

Menghentikan disfungsi seksual

Photo credit: Google

Sebuah penelitian terhadap 189 orang dengan masalah psikologis yang berhubungan dengan seks, terbukti hipnotis diri digabungkan dengan terapi kognitif lebih efektif dibanding terapi kognitif saja.

Masalah kecemasan

Photo credit: Google

 

Hipnoterapi tidak hanya efektif tapi jadi penanganan pilihan dalam mengatasi kecemasan dan gangguan yang berhubungan dengan stres.

Menyembuhkan asma

Photo credit: Google

Selama lebih dari 6 tahun, 173 pasien penderita asma ditangani menggunakan self-hypnosis, 82 persen menjadi lebih baik atau mengalami penurunan gejala.

Hipnotis juga meningkatkan kualitas tidur, meredakan gejala masalah pencernaan. Ada banyak lagi penyakit yang bisa disembuhkan oleh hipnotis. Hipnotis memang efektif untuk menangani masalah umum yang orang alami.

Anda bisa download audio hipnotis dari ahli yang memiliki lisensi. Mereka bisa membantu Anda mulai dari mengubah perilaku hingga mencapai tujuan. Terapi hipnotis seperti ini bermanfaat karena Anda bisa mendengarkannya kapanpun atau sebelum tidur.

Baca juga  13 Kebiasaan Pengusaha Yang Efektif dan Perlu Ditiru

Apakah hipnotis aman?

Photo credit: Google

Hipnotis benar-benar aman. Yang paling baik hipnotis dilakukan oleh ahli yang memiliki sertifikat secara langsung atau melalui download hipnotis audio.

Selama sesi pertama, Anda akan mulai memberitahu ahli hipnotis tentang tujuan dan masalah Anda. Anda lalu akan bekerja sama untuk membuat perencanaan penanganan. Setelah Anda masuk ke kondisi hipnotis, tubuh akan terasa tenang dan rileks, meski Anda dalam kondisi sadar penuh, mirip dengan kondisi yang Anda rasakan saat meditasi.

Ahli hipnotis akan berbicara pada Anda dengan nada yang tenang dan lembut, dan menempatkan sugesti yang Anda sepakati di rencana penanganan ke pikiran bawah sadar. Perlu diingat, ahli hipnotis bukan dokter. Meski mereka bisa membantu meringankan rasa sakit, tapi tidak menyembuhkan penyakit seperti kanker atau penyakit jantung.

Berbeda dengan apa yang diyakini banyak orang, Anda tidak mungkin tetap terhipnotis setelah sesi selesai. Meksi Anda ingin mengalaminya karena banyak orang merasa pengalaman ini menenangkan dan membuat rileks.

Tapi yang Anda alami adalah perubahan setelah sesi hipnotis selesai. Misalnya, 85 persen orang yang menjalani hipnotis karena ingin berhenti merokok, bisa berhenti setelah sesi pertama. Tapi tingkat kesuksesan ini hanya berhasil untuk orang yang membiarkan hipnotis bekerja.

Bisakah menghipnotis diri sendiri?

Photo credit: Google

Ada sejumlah artikel, buku, dan panduan audio yang tersedia gratis maupun berbayar yang memberi Anda panduan untuk hipnotis diri. Ada juga banyak aplikasi hipnotis tersedia untuk didownload. Tapi penting untuk diketahui kalau banyak aplikasi ini belum teruji secara ilmiah, dan belum terbukti berhasil. Tapi bila bisa membantu Anda rileks, tak jadi masalah.

Anda harus membolehkan hipnotis bekerja

Photo credit: Google

Tak ada orang yang bisa dihipnotis bila orang itu tidak menginginkannya. Sugesti ini bisa bekerja hanya jika Anda menginginkannya. Tiap orang punya kemampuan untuk dihipnotis tapi ada 3 hal yang diperlukan agar ini bisa terjadi, yakni: keinginan, Anda ingin masuk ke hipnotis, keyakinan, Anda harus percaya Anda bisa masuk ke dalam hipnotis, dan keamanan, Anda haus merasa aman di lingkungan tempat Anda berada dan juga merasa aman dengan orang yang memandu Anda.  Bila semua ini terpenuhi, hipnotis bisa terjadi.

Baca juga  Diskon Merdeka.. Menyambut HUT-RI ke 73

Master Hipnotis, berisi panduan lengkap untuk menjadi “Master Hipnotis”. Materi diberikan secara sistematis mulai dari pemahaman tentang pikiran sadar dan pikiran bawah sadar, cara kerja pikiran bawah sadar, prosedur hipnosis lengkap, stage hipnotis (hipnotis yang digunakan untuk pertunjukan dan sulap), hipnoterapi (hipnosis yang digunakan untuk memberikan terapi kepada orang lain.

Buku ini juga dilengkapi dengan prosedur lengkap membuka klinik hipnoterapi sendiri sehingga Anda bisa membuka jasa hipnoterapi untuk menyembuhkan berbagai permasalahan emosi, mental, dan juga penyakit fisik yang disebabkan oleh permasalahan emosi.

Tinggalkan komentar