Yang Perlu Anda Tahu Tentang Pembukuan dan Akunting

Ketika Anda masih baru dalam berbisnis, mungkin terasa sulit mencari informasi dimana Anda bisa mulai belajar tentang dasar-dasar pembukuan. Apa yang Anda perlu tahu tentang pembukuan untuk membuat keuangan bisnis Anda berjalan lancar?

Jawaban dari pertanyaan ini bervariasi berdasarkan banyak faktor situasional, termasuk jenis bisnis yang Anda jalankan, berapa besar pembukuan membantu Anda, dan apakah Anda menangani pembukuan secara online.

Berikut ini yang perlu Anda tahu tentang pembukuan:

Apa saja cakupan dari pembukuan?

Photo credit: Google

Ada beberapa proses yang dimiliki pembukuan untuk bisnis kecil. Dengan banyaknya software akunting untuk bisnis kecil, banyak tugas tradisional yang dulunya dibutuhkan pembukuan, seperti secara manual memasukkan dan menghitung aktivitas keuangan bisnis, telah menjadi proses yang otomatis.

Lalu seperti apa pembukuan untuk bisnis kecil saat ini? Meski beberapa aspek tradisional dari pembukuan telah diotomatisasi, masih banyak yang pembukuan bisnis kecil butuhkan.

Pembukuan vs akunting, apa bedanya?

Photo credit: Google

Banyak orang menganggap pembukuan dan akunting adalah dua istilah yang sama. Tapi benarkah demikian? Secara teknis tidak juga.

Mari kita lihat batasan teknis yang ada antara akunting dan pembukuan dengan melihat perbedaan antara akuntan dan ahli pembukuan:

Ahli pembukuan

  • Bisanya punya pengalaman dari training. Beberapa mencari sertifikasi melalui program training pembukuan
  • Dekat dengan berbagai solusi software bisnis, memudahkan mereka membuat rekomendasi teknologi yang bisa digunakan klien dan pegawai, serta mereka sendiri
  • Tidak bisa melakukan audit mandiri
  • Biasanya tahu detail harian dari bisnis klien
  • Biasanya hanya mengurus keuangan bisnis klien
  • Umumnya tidak mengarsipkan pengembalian pajak selain pajak penjualan dan penggajian.

Akuntan

  • Biasanya punya gelar sarjana.
  • Menggunakan solusi akunting untuk perencanaan pajak dan keuangan lain
  • Biasanya punya pandangan lebih tinggi pada bisnis klien
  • Mengarsipkan bisnis dan pajak penghasilan.
Baca juga  Tips Mempersiapkan Kehamilan

Pembukuan untuk menjalankan bisnis

Photo credit: Google

Setelah tahu perbedaan dasar dari pembukuan dan akunting, skill pembukuan apa yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis?

Tentu jawaban pertanyaan ini akan berdasarkan pada berapa banyak bantuan pembukuan yang Anda butuhkan.

Menjalankan pembukuan sendiri tanpa software akunting

Photo credit: Google

Bila Anda menjalankan pembukuan bisnis kecil sendiri dan melakukannya tanpa software akunting, beberapa software akunting bisa membantu Anda. Anda bisa otomatisasi sebagian besar dari pembukuan manual.

Tapi Anda tetap harus tahu banyak tentang pembukuan bisnis seperti membuat invoice, pengaturan penggajian, serta skill lain yang perlu Anda kuasai bila Anda melakukan pembukuan bisnis seorang diri.

Menjalankan pembukuan sendiri dengan software akunting

Photo credit: Google

Bila Anda menjalankan pembukuan bisnis kecil sendiri dengan bantuan software akunting, maka Anda bisa menghindari beberapa skill pembukuan yang lebih tradisional, tapi tetap butuh beberapa skill pembukuan yang lebih berdasarkan teknologi.

Anda tak perlu kuasai beberapa skill tapi tetap perlu tahu bagaimana menjalankan software akunting untuk bisnis.

Menjalankan pembukuan dengan bantuan ahli pembukuan freelance

Photo credit: Google

Anda mungkin menggunakan jasa staf pembukuan freelance untuk pembukuan bisnis Anda. Anda mungkin juga menggunakan software akunting, karena sangat sedikit ahli pembukuan mau memberi bantuan pembukuan tanpa akses ke beberapa software akunting.

Bila langkah ini yang Anda pilih, maka Anda bisa lepas tangan dari proses pembukuan bisnis Anda. Meski begitu, karena ahli pembukuan tidak semata fokus ke keuangan bisnis Anda, Anda perlu juga mengawasi proses keuangan dan dokumentasi keuangan bisnis Anda.

Menjalankan pembukuan dengan bantuan ahli pembukuan full time

Photo credit: Google

Kondisi yang paling ideal, (tapi mungkin tidak realistis untuk bisnis yang kecil) adalah untuk mempekerjakan ahli pembukuan full time di kantor.

Baca juga  Punya Jasa Digital? Rilis Saja di Ratakan

Karena ahli pembukuan full time akan punya pengetahuan mendalam tentang keuangan bisnis Anda dan operasionalnya. Anda bisa lepas tangan dari urusan pembukuan. Dengan bantuan ini, Anda bisa merasa tenang karena keuangan bisnis Anda ada di tangan yang tepat.

Dimana mencari jasa akunting dan pembukuan untuk bisnis?

Photo credit: Google

Apa Anda ingin menggunakan layanan pembukuan? Ini jadi langkah yang cerdas, mencari bantuan layanan pembukuan bisa mengoptimalkan keuangan bisnis Anda.

Baik untuk ahli pembukuan yang full time maupun freelance, mendapat bantuan ahli pembukuan profesional untuk mengatur catatan keuangan bisnis akan membuat bisnis bisa berjalan lebih lancar.

Sebaiknya cari ahli pembukuan profesional yang bersertifikat, berikut manfaat yang Anda dapat:

  • Bantuan dari tenaga ahli dan berpengalaman di bidang akuntansi dan pembukuan. Hasilnya, laporan keuangan lebih rapi, akuntabel dan memudahkan Anda membaca perkembangan dan posisi keuangan usaha Anda.
  • Hemat biaya karena tidak perlu merekrut akuntan sebagai karyawan Anda yang biasanya gajinya tinggi.
  • Bisa berkonsultasi keuangan gratis
  • Mengenal software akuntansi berbasis online yang bisa dipantau kapan pun dan dari mana saja.
  • Kerahasiaan data keuangan Anda terjamin karena jasa akuntansi bersertifikat resmi memiliki kode etik untuk menjaga kerahasiaan klien.

Jasa Akuntansi Publik di Yogyakarta

Photo credit: Google

Untuk wilayah Jogja dan sekitarnya, Anda bisa gunakan Jasa Akuntansi Publik di Yogyakarta

Layanan jasa akuntansi yang tersedia antara lain:

  • Pembuatan laporan keuangan (pembukuan)
  • Neraca
  • Laba Rugi
  • Arus Kas
  • Jurnal
  • Pendampingan sistem informasi akuntansi online
  • Audit Internal
  • Pelatihan dan training akuntansi untuk tim internal
  • Konsultasi manajemen keuangan

Sedangkan keuntungan yang Anda peroleh, antara lain:

Menghemat waktu

Photo credit: Google

Manfaat utama yang Anda dapat adalah hemat waktu. Akan sangat menyita waktu bila Anda mengerjakan pembukuan seorang diri. Dengan menggunakan jasa Jasa Akuntansi Publik di Yogyakarta, mereka punya pengalaman bekerja dengan berbagai sistem dan memiliki skill yang dibutuhkan untuk tiap klien.

Baca juga  Diskon Merdeka.. Menyambut HUT-RI ke 73

Mereka bisa memberi panduan tentang apa yang perlu Anda sediakan untuk menjamin layanan finansial yang cepat.

Mengurangi biaya

Photo credit: Google

Bisnis kecil kadang punya modal terbatas, dengan menggunakan jasa pembukuan jadi pilihan yang lebih murah.

Gaji pegawai pembukuan lebih mahal dibanding layanan ini. Pemilik bisnis bisa menghemat pengeluaran untuk gaji staf, asuransi, dan semacamnya. Dengan menggunakan jasa ini, Anda hanya membayar layanan yang Anda gunakan.

Layanan jasa ini tidak hanya bisa Anda peroleh di Yogyakarta saja, namun juga di kota Solo dan kota Semarang serta seluruh wilayah di daerah Jawa Tengah. Layanan ini siap membantu Anda baik secara  full time maupun freelance.

Tinggalkan komentar