10 Alasan Kenapa Toko Online Anda Sepi Pengunjung

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
Penyebab toko online sepi pengunjung

Alasan Kenapa Toko Online Anda Sepi Pengunjung – Beberapa tahun belakangan ini bisnis online berkembang dengan pesat.
Banyak sekali penjual offline, kini beralih menggunakan media online sebagai salah satu cara untuk memasarkan produk mereka. Namun apa jadinya jika Toko online yang sudah capek-capek dibuat ternyata sepi pengunjung ?

Penyebab toko online sepi pengunjung

Toko online memang bukanlah sesuatu yang sakti yang tak bisa luput dari kondisi sepi pembali. Seperti juga toko offline, toko online juga bisa saja menjadi sepi yang menyebabkan turunnya omzet. Yang jelas, saat toko online Anda sepi, Anda harus segera bergerak untuk memajukan toko online Anda. Analisis terhadap penyebab sepinya toko online mungkin bisa menjadi sesuatu yang manjur untuk Anda jadikan koreksi dan perbaikan. Berikut beberapa penyebab sepinya pembeli toko online.

1. Loading Website Terlalu Lama

Meskipun produk yang anda jual berkualitas baik dan menarik, Jika sulit untuk diakses maka pengunjung pasti akan segera meninggalkan website anda dan beralih ke website lain yang menjual produk sejenis yang lebih mudah diakses. selain itu kini banyak sekali pengunjung yeng mengakses menggunakan Mobile, usahakan untuk membuat website mobike friendly agar Anda tidak kehilangan pengunjung potensial yang mengakses website anda via Mobile.

2. Navigasi Rumit

Pada dasarnya pengunjung sangat menyukai hal-hal yang simpel dan gak ribet. Navigasi yang rumit dan bertele-tele juga membuat pengunjung segera meninggalkan website anda karena membingungkan bagi mereka. Buatlah sistem navigasi yang mudah bagi pengunjung untuk menemukan produk dan informasi yang mereka cari. semakin mudah website anda diakses maka semakin betah pula pengunjung.

3. Kesalahan Ketik Dan Ejaan

Salah ketik atau biasa disebut ‘Typo’ Ini terkadang merupakan kesalahan dasar yang bisa berakibat fatal. Terlalu banyak Typo juga akan mengesankan bahwa website Anda tidak profesional. Tidak akan ada yang membeli jika dari awal mereka tidak memepercayaimu. Misal, kesalahan kata, ejaan, bahasa, dan masalah dasar lainnya pada halaman produk, atau halaman produk yang mengurangi kredibilitas. Pastikan selalu mengecek secara detail isi keseluruhan website Anda.

4. Kualitas Konten Rendah

Buatlah yang unik dan bermanfaat, Jangan sembarangan dalam membuat konten untuk website toko online Anda. Semakin unik dan bermanfaat konten yang anda buat maka akan semakin bagus di mata pengunjung website Toko online Anda.

5. Kualitas Gambar Rendah

Gambar yang terlalu kecil, buram dan pecah sangat tidak disukai pengunjung. Pengunjung sangat menyukai jika gambar terlihat jelas dan tidak buram. Berikan gambar yang berkualitas baik bahkan kalau perlu bisa di zoom. Hal ini memungkinkan konsumen memperbesar gambar untuk memeriksa lebih detail produk tersebut. Di dunia online Tampilan gambar sangat berpengaruh dalam penjualan sebuah produk

6. Suara Video/Musik Yang Mengganggu

Bukannya menghibur, Video atau suara musik/lagu yang berputar secara otomatis yang ada di website justru dapat mengganggu pengunjung dan juga membuat waktu loading halaman menjadi lebih lama.

7. Tidak Ada Ulasan Produk

Testimoni sangat membantu meyakinkan calon customer anda untuk take action. Calon pembeli akan lebih percaya dengan produk yang anda jual jika sudah ada beberapa testimoni untuk produk yang anda jual. mereka perlu mendapat mengetahui pengalaman pelanggan yang sudah mencoba produk Anda.

Untuk contoh toko online yang menampilkan testimoni bisa dilihat di sini: https://www.syarimu.com/grosir-baju/

8. Perbandingan Harga

Jika produk yang anda jual adalah produk massal/diproduksi sangat banyak. Maka perbandingan harga sangat berpengaruh. Pembeli online saat ini bisa dengan mudah mencari website lain untuk perbandingan harga. Customer selalu mencari penawaran terbaik. Lain halnya jika produk yang anda jual sangat terbatas dan dengan desain khusus. Maka harga dengan mudah anda kuasai.

9. Tidak Ada Promo Diskon

Customer menyukai promo diskon, sesekali buatlah promo diskon untuk pengunjunjung Toko online anda. dengan adanya diskon maka semakin memperbesar peluang untuk terjadinya pembelian.

10. Proses Checkout/Pembayaran Terlalu Panjang dan Rumit

Ketika customer ingin melakukan checkout tapi prosesnya terlalu panjang dan rumit maka hal ini akan membuat pembeli tidak nyaman dan mungkin saja mereka membatalkan pembelian produk. Buatlah proses checkout/pembayaran yang mudah dipahami oleh pembeli. Semakin mudah proses pembelian, maka semakin mudah pula Anda mendapatkan order dari pelanggan yang berkunjung ke website Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa jadi menyebabkan pengunjung website toko online sepi pengunjung karena pengaruh kenyamanan. Sebenarnya masih banyak lagi faktor yang berpengaruh terhadap Toko online Anda, kapan-kapan akan kita bahas lagi di blog Ratakan.

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
  • Mau tanya bos apakah harga selalu menjadi patokan utama lalu jika kalah harga apa yang harus di lakukan atau apa yang harus di tonjolkan?

  • Bagaimana dengan produk fashion sekarang banyak sekali marketplace apakah kita bisa bersaing dengan mereka dari segi seo dan harga?

  • Keren

  • Terimakasih Sarannya Suhu..
    Nanti saya Perbaiki Toko Online Saya.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]