5 Perbedaan Alibaba dan AliExpress, Cari Tahu Di Sini

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
5 Perbedaan Alibaba dan AliExpress

Jika berbicara tentang perusahaan ecommerce (marketplace) besar di Asia, maka banyak di antara kita yang akan tertuju kepada Alibaba (Alibaba.com), situs jual beli yang berpusat di China.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata selain Alibaba masih ada situs ecommerce besar dari China, yaitu AliExpress. Sepintas namanya hampir sama dengan Alibaba, tetapi keduanya berbeda.

Alibaba vs AliExpress, Mana Pilihan Terbaik untuk Anda? Tulisan ini akan memberikan jawabannya untuk Anda. Jadi, baca tulisan ini sampai selesai. Okey 😀

Alibaba dan AliExpress keduanya merupakan marketplace paling populer di China dan juga terkenal di seluruh dunia. Keduanya berada dalam naungan yang sama, yaitu Alibaba Group sebagai induknya. Alibaba dan AliExpress bisa dikatakan sebagai induk dengan anaknya, tetapi dengan skema (model) bisnis yang berbeda.

Baca Juga : Wow, Orang Ini Dapat Omset Hingga 9 Milyar Cuma dari Shopee

Apa Perbedaan Antara Alibaba dan AliExpress?

Berikut ini 5 Perbedaan Alibaba dan AliExpress yang perlu Anda ketahui :

1. Alibaba Melayani Pasar Grosir, Business to Business (B2B). Sedangkan AliExpress Melayani Pasar Retail, Business to Consumer (B2C)

Alibaba merupakan pasar grosir, di mana pengusaha kecil bisa mendapatkan produknya dari pemasok (supplier) grosir Cina dengan harga murah untuk dijual di sektor ritel. Mayoritas penjual di Alibaba merupakan produsen dan supplier besar yang melayani transaksi partai besar.

Sementara AliExpress merupakan divisi ritel B2C dari Alibaba Group. Penjual di AliExpress mayoritas penjual retail yang melayani transaksi partai kecil.

2. Alibaba Ada Jumlah Minimum Pembelian (Minimum Order Quantity / MOQ). Di AliExpress Tidak Ada MOQ.

Sebagai pasar grosir online, para penjual (supplier) di Alibaba menentukan jumlah minimum order (Minimum Order Quantity / MOQ) kepada pembeli. Setiap produk memiliki MOQ yang berbeda.

Sedangkan di AliExpress tidak ada batasan jumlah minimum pembelian. Anda bisa membeli produk dengan jumlah berapapun, walau hanya 1 produk saja.

Baca Juga : Ternyata Begini Cara Jualan Di Shopee Biar Banjir Orderan

3. Di Alibaba Harga Bisa Di Nego, Di AliExpress Harga Sudah Fixed (Tidak Bisa Ditawar)

Anda bisa menawar harga di Alibaba dengan kontak langsung penjualnya, sehingga bisa mendapatkan harga terbaik. Sementara di AliExpress, harga jual produk sudah tetap (fixed), sehingga Anda tidak bisa menawar lagi.

4. Pembayaran di Alibaba Bisa menggunakan Paypal, Sedangkan di AliExpress Belum Mendukung Pembayaran Menggunakan Paypal.

5. AliExpress Menyediakan Platform Affiliate Marketing, di AliBaba Tidak

Salah satu hal yang menarik dari AliExpress adalah program Affiliate Marketing. Program ini memungkinkan Anda mempromosikan produk secara online dan mendapatkan komisi afiliasi setiap terjadi penjualan.

Sedangkan Alibaba tidak memiliki fitur / sistem Affiliate Marketing, barangkali dikarenakan hanya melayani transaksi partai besar.

Baca Juga : Income Ribuan Dollar Dari AliExpress, Ini Caranya

Itulah 5 perbedaan antara AliBaba dan AliExpress yang perlu Anda ketahui, agar tidak salah dalam mencari barang yang Anda butuhkan. Lalu, manakah yang terbaik dari keduanya?

Jawabannya tergantung kepada apa tujuan dari transaksi yang Anda lakukan. Jika Anda ingin membeli barang dengan jumlah besar (grosir) dan ingin dijual kembali, maka Alibaba adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan transaksi dalam jumlah besar, maka harganya akan lebih murah.

Sebaliknya jika Anda ingin membeli barang untuk keperluan pribadi dan bukan untuk dijual kembali, AliExpress menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]