7 Kriteria Dasar Menulis Ebook

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
menulis ebook

Ebook datang dengan banyak manfaat bila dibandingkan dengan buku cetak tradisional. Biaya penerbitan secara signifikan berkurang dan tidak ada biaya pengiriman. Juga, Anda dapat menargetkan pemasaran ebook untuk kelompok inti dari pembaca.

Biaya mempromosikan ebook cukup murah, karena Anda dapat memberikan salinan promosi gratis tanpa biaya. Proses produksi ini juga sangat efisien, karena eobook umumnya lebih pendek daripada publikasi cetak.

Secara keseluruhan, menciptakan sebuah ebook adalah cara yang bagus untuk menampilkan bakat Anda dengan cara yang lebih sederhana dan ekonomis.

Baca Juga : Mau Sukses Menerbitkan Buku Pertamamu? Ini Panduannya Khusus Pemula

Pertimbangan yang harus diperhitungkan untuk menulis ebook yang sukses dapat sedikit berbeda dari kriteria untuk buku cetak. Berikut adalah tujuh kriteria dasar yang perlu anda perhatikan ketika Anda menulis/membuat ebook:

Topik

Memilih topik yang Anda kuasai adalah kunci untuk menciptakan sebuah ebook yang informatif dan menguntungkan. Tapi Anda juga ingin mempertimbangkan target pasar Anda bahkan sebelum Anda mulai menulis.

Buat ebook pertama Anda dan kemudian identifikasi target pasar. Memutuskan niche mana yang ingin Anda targetkan, identifikasi kebutuhan mereka, dan buat topik ebook Anda berdasarkan kebutuhan mereka.

Panjang Ebook

Tidak ada aturan baku untuk panjang sebuah ebook. Dalam beberapa kasus, banyak ebook informatif dan kreatif yang kurang dari lima halaman panjang.

Bisa dibilang ebook tersebut disajikan secara ringkas, terorganisir, dan komprehensif sehingga ebook tersebut nampak informatif dan kreatif di mata pembacanya.

Baca Juga : Woow, Bikin Desain Super Keren Cuma Pake PowerPoint, Kamu Mau Coba?

Beberapa orang menyamakan jumlah halaman dalam ebook untuk nilai, tapi ini adalah asumsi yang salah. Jika ebook Anda memiliki 100 halaman, namun dikemas dengan ide-ide unik dan kreatif, itu hebat.

Tapi jika Anda dapat memberikan pembaca dengan apa yang mereka inginkan dalam lima halaman, itu sudah cukup bagus.

Judul

Untuk menghindari kompetisi pada ebook market, gunakan judul yang memiliki “wowfactor. Sebagai contoh sebuah ebook berjudul “Membagun Home Recording Murah Sendiri”. Bandingkan dengan judul “$10.000 Pertama Anda dari $300 Home Recording”. Terlihat kan mana yang memiliki “wow” factor?

Konten Unik

Dengan tingkat persaingan yang tinggi di pasar ebook, pengepakan pekerjaan digital Anda dengan konten yang unik adalah kunci keberhasilan secara keseluruhan. pengetahuan Anda dan gairah untuk topik yang Anda pilih akan memungkinkan Anda untuk memberikan wawasan kunci untuk pembaca bahwa ebook lain tidak menawarkan hal yang sama.

Terakhir, jangan lupa bagian penting dari buku ini. Pastikan untuk menyertakan semua informasi yang berlaku hak cipta, daftar isi, dan bagian “tentang penulis”.

Baca Juga : Ini Cara Bikin Landing Page Keren dengan Blog Gratisan

Format

Anda hanya perlu untuk menyimpan pekerjaan Anda dalam format PDF. Jika Anda mulai menulis ebook di Microsoft Word versi terbaru, proses transisi ke PDF cukup mudah. Tinggal Anda simpan sebagai file PDF, tidak perlu aplikasi lain.

Tetapi jika Anda menulis menggunakan Microsoft Word versi lawas, misalnya Microsoft Word 2007 atau bahkan 2013, Anda perlu aplikasi lain untuk menkonversi menjadi file PDF.

Selain menggunakan aplikasi Microsoft Word, Anda juga dapat menggunakan Open Office dan kemudian menyimpannya sebagai PDF.

Manfaat tambahannya adalah bahwa tidak seperti Microsoft Word yang lisensinya berbayar, Open Office dapat didownload gratis secara online.

Editing

Anda dapat menawarkan ebook terbaik di dunia, yang berisi tips dan ide yang belum pernah dipublikasikan, tetapi jika terdapat kesalahan tata bahasa, itu akan menyebabkan kegagalan.

Sangat direkomendasikan menggunakan layanan editing profesional untuk memastikan bahwa buku Anda memiliki tata bahasa yang benar. Jika tidak, kesalahan dapat menyebabkan pembaca berfikir bahwa penulis ceroboh dalam menulis, atau berfikir bahwa konten mungkin tidak akurat.

Baca Juga : Wuih Keren, Ini Cara Bikin Toko Online Gratis di Facebook

Cover Design

cover ebook

Setelah ebook Anda selesai, Buat cover ebook yang menarik. Cover ebook yang menarik adalah salah satu kunci ebook anda terlihat menarik dan profesional.

Banyak para pembaca yang menilai buku hanya dari covernya. Jika anda menghiasi ebook anda dengan cover yang kurang profesional, konten unik ebook anda juga tak akan pernah dilihat, apalagi dibaca.

Cover ebook ini sangat penting, terutama ketika ebook yang Anda buat akan Anda jual. Semakin menarik cover ebook Anda, maka semakin besar orang akan tertarik untuk melihat ebook Anda dan akhirnya membeli.

Nah, masalahnya kebanyakan orang tidak bisa desain grafis, apalagi desain cover ebook yang elegan. Selain mungkin karena kurang memiliki daya seni, juga karena tidak menguasai toolos / software desain grafis yang rumit seperti CorelDraw atau Adobe Illustraror.

Tetapi sekarang Anda tidak perlu khawatir. Ya, Anda tidak perlu bingung lagi. Di era digital yang semakin canggih ini, kini membuat desain cover makin mudah dan cepat. Tidak harus mahir CorelDraw atau Adobe Illustator yang rumit.

Baca Juga : Omzet 39 Juta dalam 1 Minggu dengan Biaya Promosi Cuman 300 Ribuan

Apa Solusinya?

Solusinya adalah menggunakan tempate desain cover berbasis PowerPoint yang sangat mudah diedit sesuai kebutuhan Anda. Tinggal edit tulisan dan gambar seperlunya, kemudian simpan sebagai gambar cover ebook yang mengesankan.

Selain template PowerPoint, ada juga template-template cover yang berbasis Photoshop. Tinggal Anda edit dan simpan sebagai cover yang menarik. Sangat mudah dibandingkan dengan buat sendiri dari nol dengan CorelDraw.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan template covernya? Berikut ini template-template cover ebook berbasis PowerPoint, Photoshop, dan juga tutorial cara bikin cover yang menarik :

  1. Ecover 3D Mockup, Lihat Contoh Covernya KLIK DI SINI!
  2. Ecover Master, Lihat Contoh Covernya KLIK DI SINI!
  3. Digital Cover 3D, Lihat Contoh Covernya KLIK DI SINI!
  4. Cover Graph, Lihat Contoh Covernya KLIK DI SINI!

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]