Apa Itu Affiliate?

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email

Affiliate adalah seorang pemasar di internet yang fokus pada pemasaran produk milik orang lain dengan imbalan berupa komisi setiap terjadi penjualan produk tersebut oleh affiliate yang bersangkutan.

Affiliate marketing adalah model bisnis yang populer dalam dunia internet marketing dikarenakan kemudahan dalam memulainya, bahkan oleh pemula sekalipun. Intinya, affiliate marketing adalah satu dari banyak jenis bisnis online yang bisa dilakukan di internet yang sebenarnya adalah bagaimana menjual sesuatu melalui internet baik itu berupa barang atau jasa.

Seorang affiliate akan mendapatkan uang dari internet dengan cara menjualkan produk dengan imbalan berupa komisi yang biasanya dihitung berdasarkan presentasi dari harga jual produk tersebut. Selain presentase, biasanya juga berupa komisi dalam jumlah yang tetap.

Komisi ini akan diberikan setiap terjadi penjualan produk yang dihasilkan oleh affiliate tersebut.

Lalu bagaimana mengetahui jika affiliate tersebut menghasilkan penjualan?

Dalam dunia internet marketing, dikenal dengan affiliate link tracking atau sebuah URL unik yang memang khusus dibuat untuk affiliate dan URL inilah yang harus digunakan untuk berpromosi sehingga jika ada pembeli yang membeli produk melalui URL tersebut, maka sistem akan mencatat bahwa penjualan terjadi dari URL tersebut.

Jika Anda mengenal istilah web replika, itulah sebenarnya URL unik untuk affiliate yang digunakan untuk melacak terjadinya penjualan dari sang affiliate.

Berikut contoh link affiliate Ratakan:

https://account.ratakan.com/aff/go/maryono

Dimana “maryono” pada bagian akhir URL tersebut adalah nama dari sang affiliatenya yang mana akan berbeda untuk tiap affiliate.

Ada beberapa model URL affiliate ini dan biasanya berbeda-beda tergantung sistem atau platform affiliate yang digunakan.

Untuk bisa mendapatkan komisi dari penjualan yang dihasilkan, para affiliate wajib berpromosi menggunakan URL tersebut di atas karena URL itulah yang akan mengidentifikasi penjualan-penjualan yang dihasilkan oleh seluruh affiliate.

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]