Tiktok Marketing Cara Praktis Promosi di Tiktok

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
cara promosi di Tiktok

Cara promosi di Tiktok Platform satu ini memang sedang naik daun dan digemari oleh banyak orang. Tidak heran jika fenomena ini akan digunakan sebagai kesempatan bagi kebanyakan pebisnis dalam melakukan branding hingga mempromosikan produk. Lantas bagaimana cara promosi di Tiktok?

Menariknya kini Tiktok semakin berkembang dan menyediakan fitur khusus untuk para pebisnis dalam mempromosikan produknya. Platform ini tersedia dengan nama Tiktok for Business yang memiliki beberapa tools agar pemasaran mampu memasarkan merk secara lebih optimal.

Tiktok for Business sendiri sudah dilengkapi dengan salah satu fitur canggih yakni Ar Branded Effect atau biasa disebut sebagai brand scan. Tujuannya agar calon pelanggan bisa merasakan untuk mencoba produk dalam dunia maya namun terasa seperti sungguhan.

Baca Penting : Panduan Beriklan di TikTok

Apa Itu Tiktok?

cara berjualan di Tiktok

Tiktok saat ini memang sedang ramai digandrungi oleh kebanyakan orang di semua kalangan baik muda maupun tua sekalipun. Padahal aplikasi ini telah ada sejak tahun 2016 namun baru saja populer akhir-akhir ini dimana dulunya sempat diblokir oleh pemerintah.

Tiktok sendiri merupakan jejaring sosial yang akan membagikan konten dalam bentuk video dengan durasi setidaknya sekitar 15 detik. Menariknya pengguna dapat menggunakan lagu populer saat itu dan juga memiliih berbagai filter agar hasilnya kian menarik dan memuaskan.

Aplikasi Tiktok ini semakin populer di kalangan anak muda. Tidak heran jika saat ini Anda sering menjumpai adanya selebtiktok yang menjadi sebutan bagi content creator dari platform satu ini. Hal ini menjadi kesempatan bagi sebagian pebisnis dalam mempromosikan produk mereka.

Panduan Cara Membuat Akun Tiktok

cara promosi di Tiktok

Bagi Anda yang akan menjadikan Tiktok sebagai platform untuk berbisnis maka buatlah akun dalam bentuk bisnis juga. Tentunya efektivitasnya sangat berbeda jika mempromosikan hanya menggunakan account pada umumnya.

Pertama Anda perlu mengunduh aplikasi Tiktok dengan mengunjungi Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store bagi iPhone user. Selanjutnya daftarkan akun melalui data bisnis mulai dari nama toko, email, alamat dan lainnya secara lengkap.

Anda perlu mengalihkan ke akun bisnis dengan cara klik Saya lalu ketuk ikon titik tiga di sudut atas. Pilih menu Kelola Akun Saya dan Alihkan ke Akun Bisnis. Pilihlah kategori yang sesuai. Lanjutkan dengan memasang foto toko serta mengisi bio secara lengkap. Jangan lupa hubungkan link website.

Cara Membuat Konten Video Tiktok

cara jualan di Tiktok

Sebelum memutuskan untuk menjadikan Tiktok sebagai sarana promosi, alangkah lebih baik jika mengetahui berapa efektivitas media ini menjadi media pemasaran sebuah produk. Pastikan agar selalu meningkatkan brand awareness dengan memahami karakter penggunaannya.

1. Menggunakan Hashtag yang Relevan dengan Produk

Cara promosi lewat Tiktok pertama yang perlu Anda lakukan yakni dengan menggunakan hashtag. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan bisnis secara online. Jadi perlu diketahui bahwa konten video ini bergantung pada penggunaan tagar ketika pengguna sedang melakukan pencarian.

Penggunaan hashtag memungkinkan Anda untuk mengetahui siapa saja pesaing dalam produk yang serupa. Hindari menggunakan tagar bersifat populer dan umum namun tetap pastikan jika pemilihannya selalu spesifik pada sebuah merk.

2. Mengikuti Tren Tiktok

Anda perlu mencari tahu apa sebenarnya tren yang sedang ada di dalam Tiktok. Umumnya hal ini bisa berubah dalam waktu singkat sehingga dituntut agar selalu update mengetahui perkembangannya. Jadikan setiap konten populer sebagai inspirasi untuk membuat hal serupa namun berbeda tema.

Anda perlu melakukan adaptasi pada bisnis yang sedang dijalankan dengan konten populer tersebut. Bisa dikatakan perlu membuat trend atau bahkan versi terbaru agar terlihat unik dan khas. Pastikan agar calon pelanggan memang menyukainya.

3. Melakukan Kolaborasi Bersama Influencer Tiktok

Anda perlu membangun hubungan yang baik bersama beberapa influencer di Tiktok agar mendapatkan banyak audience dari jutaan follower mereka. Tentu saja hal ini akan memiliki pengaruh positif terhadap penjualan bisnis secara online tersebut asalkan tetap membuat konten positif dan berkualitas.

Anda bisa meminta tolong para influencer untuk share atau membuat review dari produk dan jasa yang sedang dijalankan. Jangan lupa menyesuaikan target pasar dengan para followers-nya agar penjualan pun bersifat spesifik dan tidak salah sasaran.

4. Mengajak Penonton untuk Meninggalkan Komentar pada Postingan

Kehadiran akan akun Tiktok Anda bisa membuat pengguna Tiktok merasa jika account benar-benar ada dan masih aktif. Hal ini dapat memberikan kemungkinan tinggi bagi mereka untuk mengecek postingan sehingga tertarik melakukan pembelian.

Jangan lupa untuk membiarkan mereka dalam memberikan komentar pada postingan Anda. Semakin banyak interaksi yang dilakukan oleh pengguna Tiktok maka bisa berpengaruh positif pada citra brand bisnis online tersebut selama menerapkan cara jualan di Tiktok..

5. Sering untuk Mengunggah Konten Berupa Video

Tidak hanya mementingkan interaksi bersama target pasar, Anda pun juga bisa berupaya meningkatkan penjualan bisnis online di Tiktok dengan sering-sering mengunggah konten terutama dalam bentuk video dan bukan kumpulan dari beberapa foto dijadikan sau.

Konten yang semakin banyak diunggah maka kian sering juga Anda menggunakan hashtag serupa. Hal ini tentunya akan membuat pencarian dari pengguna menjadi lebih mudah. Setidaknya unggahlah dua buah unggahan setiap harinya dan jangan lupa untuk melakukan editing terlebih dahulu.

Lihat Juga : Video Panduan Praktis Jualan Di TikTok

Manfaat Tiktok untuk Bisnis Online

Cara promosi lewat Tiktok

Nyatanya sudah banyak orang yang mengakui bahwa aplikasi ini sangat berpengaruh positif terhadap penjualan bisnis online. Mereka telah membuktikan bahwa cara berjualan di Tiktok ini akan memberikan beberapa kelebihan selama Anda menggunakannya untuk mempromosikan barang.

1. Menggunakan Video Berdurasi Pendek

Ini artinya Anda tidak perlu mengeluarkan effort banyak dalam mengunggah video ke akun Tiktok bisnis. Lain halnya jika durasi tanpa memiliki batas maksimal maka pemiliki usaha sudah dijamin merasa kebingungan pada saat membuatnya terutama jika masih pemula dalam dunia bisnis.

Panjang durasi video Tiktok hanya sekitar 15 detik saja. Waktu yang singkat ini membuat pengguna tidak perlu mengeluarkan banyak kuota untuk mengaksesnya. Hal ini memungkinkan mereka akan melihat semua postingan Anda.

2. Menyediakan Banyak Filter dan Musik

Banyak orang masih saja kebingungan pada saat membuat sebuah video promosi lantaran tidak memiliki kemampuan editing yang mumpuni. Lain halnya jika Anda menjatuhkan pilihan pada Tiktok dimana aplikasi ini telah menyediakan banyak filter sehingga membuat efek visualisasi lebih menarik.

Tidak hanya mengutamakan filter saja, Anda juga bisa menggunakan pilihan musik yang ada selama membuat video promosi. Harapannya konten akan jauh terlihat lebih bervariasi dan hidup meskipun dijadikan sebagai sarana mempromosikan barang ataupun produk kepada pengguna platform tersebut.

Anda bisa mengikuti beberapa cara promosi di Tiktok di atas jika ingin memanfaatkan platform kekinian satu ini sebagai sarana pemasaran. Jangan lupa untuk menggunakan fitur yang tersedia demi mengoptimalkan dalam menarik target pasar mulai dari penggunaan filter dan background music.

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]