Panduan Cara Beriklan di Facebook Ads

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
cara pasang iklan di Facebook Ads

Cara pasang iklan di Facebook AdsMenurut sebuah lembaga survey, dari sekian negara berkembang, masyarakat Indonesia merupakan salah satu pengguna Facebook terbesar di dunia. Pemakaiannya yang mudah dan simpel menjadikan siapapun dapat mengakses. Baik orang dewasa maupun anak-anak.

Aplikasi tersebut ternyata tak hanya digunakan untuk menampilkan sebuah foto atau video saja, dengan maksud agar dilihat seseorang. Kini, dengan adanya Facebook Ads, siapapun bisa menampilkan iklan fans page nya. Halaman tersebut dapat diikuti oleh pengguna lainnya.

Fans page tersebut bisa berupa sebuah produk yang ingin dijual, bisnis, layanan jasa, dan lainnya. Pengguna akan mendapat kemudahan untuk menyusun iklan sendiri sesuai keinginan. Ada tiga tahap dalam memasarkan, memilih target, model, serta harga hingga jadwal.

Apa itu Facebook Ads

cara pasang iklan di Facebook Ads

Facebook Ads merupakan sebuah fitur khusus untuk memasarkan fans page yang telah dibuat. Nantinya halaman tersebut dapat digunakan beriklan atas produk atau layanan yang ditawarkan. Medianya bisa berupa foto atau video dimana dapat dilihat oleh audience.

Layanan iklan ini berbayar yang khusus ditujukan kepada pelaku bisnis, jasa, juga siapapun yang mau mempromosikan produknya. Cara Facebook Ads tertarget lainnya yaitu adanya Facebook Adverts Manager, sehingga dengan begitu segala informasi audience sudah terpasang.

Panduan Cara Membuat Halaman Fans Page Di Facebook

Cara Membuat Halaman Facebook Fan Page

Sebelum memutuskan untuk membuat fans page, langkah awal Anda harus mengetahui cara membuat Facebook Ads terlebih dahulu. Sebab fitur tersebut terdapat di dalamnya. Berikut beberapa tahap pada aplikasi tersebut:

  • Buka smartphone Anda terlebih dahulu
  • Jika sudah, buka aplikasi Facebook di smartphone
  • Pilih jenis halaman dalam Facebook pages
  • Anda bisa memilih bisnis sesuai dengan passion
  • Setelah itu, pilih kategori yang di inginkan
  • Anda dapat memasukkan nama bisnis atau perusahaan
  • Kemudian lengkapi data diri Anda dengan jelas
  • Anda bisa menampilkan nomor telepon hingga alamat perusahaan
  • Atur untuk menampilkan atau tidak informasi tersebut
  • Selanjutnya, masukkan foto profil sesuai perusahaan
  • Unggah foto atas nama bisnis Anda tersebut
  • Kemudian, masukkan foto sampul pada fans page
  • Atur posisi foto tersebut agar jelas
  • Kini Anda sudah memiliki halaman di Facebook
  • Selesai

Panduan Membuat Iklan Di Facebook Ads

Cara Beriklan di Facebook Ads

Ketika sudah membuat fans page di Facebook, berlanjut ke tahap selanjutnya yaitu tips membuat serta cara pasang iklan di Facebook Ads. Supaya perusahaan yang Anda miliki segera diketahui banyak masyarakat umum. Berikut beberapa langkah untuk diikuti.

  1. Buka Fitur Facebook Ads Dahulu

Untuk mengetahui cara beriklan di Facebook Ads, Anda harus memiliki aplikasi tersebut, kemudian buka laman pada smartphone. Usahakan sudah login pada akun yang telah dibuat. Supaya jelas aksesnya.

  1. Pilih Cara Membuat Iklan Terpandu

Tahap selanjutnya yaitu buka menu tindakan (kampanye), kemudian klik pilihan Buat Iklan. Aplikasi Facebook nantinya akan menawarkan dua opsi untuk membuatnya. Anda diharuskan memilih salah satu dari kedua jenis tersebut.

Kedua pilihan tersebut yaitu pembuatan iklan cepat dan terpandu. Agar proses pembuatannya bisa berjalan lancar, sebaiknya Anda memilih yang terakhir. Alasannya, karena nanti hasil yang diperoleh akan lebih spesifik.

  1. Menentukan Tujuan Iklan Facebook Ads

Panduan beriklan menggunakan Facebook Ads selanjutnya yaitu Anda harus menentukan tujuan iklan tersebut nantinya akan dicapai. Aplikasi ini telah menyediakan beberapa maksud yang telah dibagi ke dalam beberapa kategori berbeda.

Kategori awal yaitu Kesadaran, disini juga mempunyai dua percabangan lagi. Pertama merk, bertujuan meningkatkan tanda perusahaan serta menjaring orang-orang agar tertarik. kedua jangkaun, menampilkan iklan yang sesuai menurut perkiraan biaya Anda.

Kategori selanjutnya yaitu pertimbangan. Tujuan yang perlu diperhatikan adalah tentang pemasangan aplikasi, interaksi, pembuatan prospek, pesan, serta penayangan video. Pilihan terakhir ini Anda harus membuat sebuah konten agar dilihat banyak orang.

  1. Pilih Tujuan Iklan Anda

Setelah menentukan pilihan seperti poin sebelumnya, Anda dapat klik pada tujuan iklan yang paling sesuai menurut masing-masing pengguna. Pikirkan secara matang dahulu ketika memutuskan hal ini. Agar nantinya mudah dalam proses serta langkah selanjutnya.

  1. Memilih Jenis Iklan di Facebook

Cara membuat facebook ads

Selanjutnya, Anda harus memilih jenis iklan yang akan ditampilkan di fans page. Aplikasi ini menyediakan dua pilihan jenis, pertama Pengoptimalan Anggaran dan Uji Split. Nantinya pengguna harus menentukan salah satu, tidak bisa keduanya.

  1. Buat Nama Iklan Lalu Tujuan Trafik

Langkah seterusnya yaitu Anda harus menulis sebuah nama iklan yang nantinya bisa dikontrol performanya pada Facebook Ads. Setelah itu, tentukan tujuan trafik ingin dibawa ke arah mana. Misalnya di Messenger, Aplikasi, WhatsApp, atau Website.

  1. Menampilkan Sebuah Promo

Bila Anda saat itu sedang mengadakan sebuah promo pada bisnis yang dikelola, tandai pilihan tersebut agar dapat ditampilkan di halaman utama. Dengan begitu, produk atau usaha bisa diketahui serta membuat siapapun melihatnya merasa tertarik.

  1. Menentukan Target Audience

cara menentukan target audience Facebook Ads

Selanjutnya yaitu, harus mengetahui cara menentukan target audience Facebook Ads. Anda dapat menentukan sesuai spesifikasi pengguna lain melalui beberapa faktor. Seperti lokasi, pemirsa utama, jenis kelamin, umur, bahasa, penargetan terperinci, serta koneksi.

  1. Menentukan Penempatan Iklan

Tahap selanjutnya yaitu menentukan lokasi iklan yang akan ditunjukkan. Anda dapat memilih jenis Penempatan Otomatis. Opsi ini dinilai sangat baik sebab Facebook pasti akan memunculkan berita pada tempat yang mempunyai kemampuan paling bagus.

  1. Menentukan Anggaran Iklan di Facebook

Cara menentukan budget iklan facebook ads

Berikutnya yaitu cara pembayaran Facebook Ads. Pada tahap ini, Anda dapat melakukannya dengan melalui kartu debit atau kredit. Jika sudah selesai prosesnya, pihak aplikasi akan segera mengoreksi iklan tersebut, nantinya akan ditampilkan bila syarat terpenuhi.

Selanjutnya untuk mengetahui cara isi saldo Facebook Ads, bisa melalui menu metode pembayaran dan tagihan. Kemudian pilih tambahkan uang. Lalu masukkan nomor kartu kredit, masa berlaku serta tiga angka keamanan.

Ukuran Gambar Facebook Ads

ukuran gambar iklan Facebook Ads

Setelah mengetahui berbagai langkah di atas, selanjutnya hal paling penting adalah menentukan ukuran gambar iklan Facebook Ads. Mengapa demikian, karena setiap bentuk iklan memerlukan ketentuan berbeda-beda. Berikut beberapa pilihan agar disesuaikan.

  1. Single Image (Gambar Tunggal)
  • Ukuran gambarnya kurang lebih 1,200 x 628 pixels
  • Ukuran Instagram dan Facebook Stories sekitar 1,080 x 1,920 pixels
  • Untuk rasio gambar 9:16 hingga 16:9 (cropped 1.91:1 bila terdapat tautan)
  1. Karosel (Carousel)
  • Gambar berukuran: 1,080 x 1,080 pixels (maksimal 30 MB)
  • Sedang rasio gambar: 1:1 (secara persegi)
  1. Tayangan Slide (Slideshow)
  • Gambar berukuran: 1,280 x 720 pixels
  • Gambar dengan rasio: 16:9, 1:1, atau 2:3
  • Video dengan format: .mps4 atau .mov tipe file
  1. Video Tunggal (Single Video)
  • Format video: .mov, .mp4 dan .gif
  • Untuk resolusinya: minimal 600 pixels width (pilih paling tinggi sesuai file dan rasio)
  • Aspek rasio: 9:16 sampai 16:9 (sesuaikan penempatan iklan)
  • Durasi video (Instagram): 1 hingga 60 detik
  • Durasi video (Facebook): 1 hingga 240 detik
  • Ukuran file: maksimal mencapai 4 GB
  • Ukuran panjang video untuk Facebook dan Instagram: 1 hingga 15 detik

Itulah beberapa langkah cara beriklan di Facebook Ads. Memaksimalkan penggunaan aplikasi yang Anda miliki, agar nantinya dapat menguntungkan diri sendiri bahkan orang lain, apalagi bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]

New Facebook Ads Strategy

Bagaimana Membuat Calon Costumer Langsung Memilih Produk Anda, Tanpa Melihat Produk Dari Kompetitor Lagi

GRATIS BONUS : 7 Video Study Kasus Strategy Beriklan di Facebook Ads & masih ada lainnya

%d blogger menyukai ini: