memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis

 

Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis – Hidup di zaman yang serba teknologi ini memungkinkan apapun yang dilakukan menjadi lebih mudah dan cepat. Jika dulu orang hanya berkomunikasi secara langsung, maka dengan ditemukannya berbagai macam alat elektronik membuat komunikasi semakin mudah dan cepat.

Apalagi dengan adanya internet, hadirnya sosial media, dan munculnya berbagai aplikasi mobile communication, seakan tidak ada lagi batasan ruang dan waktu. Semuanya serba online, serba mudah dan cepat. Saat ini sebagian besar orang, mungkin termasuk Anda cenderung berkomunikasi melalui media sosial yang seakan menjadi kebutuhan primer.

Kapanpun dan di manapun berada, banyak orang yang tidak bisa lepas dari gadget dan sosial media. Hal tersebut kini juga menguntungkan bagi para pelaku bisnis. Anda bisa dengan mudah mempromosikan barang dagangannya melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan juga Instagram.

Salah satu cara pemasaran online yang sangat efektif saat ini adalah menggunakan Instagram. Media sosial ini awalnya diciptakan hanya untuk meng-upload gambar-gambar saja. Namun seiring berjalannya waktu, Instagram terus berinovasi dengan meluncurkan fitur-fitur baru yang sangat mendukung untuk bisnis.

Misalnya Instagram Story, Posting 10 Foto Sekaligus, Siaran Langsung, IG TV, dll. Ditambah lagi, saat ini Anda juga bisa membuat akun Instagram Bisnis dengan fitur-fitur yang tentu sangat bermanfaat untuk berjualan di Instagram. Dengan segudang fitur tersebut, pengguna Instagram semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Ribuan Follower Tertarget dan Meningkatkan Omset Jualan di Instagram

Hingga saat ini tercatat lebih dari 400 juta pengguna aktif menggunakan Instagram di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri hingga pertengahan 2019 pengguna Instagram tercatat kisaran 59 juta. Angka yang sangat fantastis.

Besarnya pengguna Instagram tersebut di Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial untuk berjualan. Sangat rugi jika Anda tidak memanfaatkan kesempatan emas ini untuk berbisnis online.

Nah, Bagaimana Cara Memanfaatkan Instagram untuk Berbisnis? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

10 Cara Memaksimalkan Instagram untuk Bisnis

1. Mengunggah Foto dengan Kualitas yang Bagus

Teruslah mengunggah foto-foto dan juga aneka informasi mengenai sesuatu atau hasil karya yang ingin Anda jual. Hal ini untuk menjaga agar followers tetap melirik bisnis Anda. Lakukanlah setiap waktu karena hasil karya Anda dapat lebih mudah dikenal dan terus diingat oleh para followers Anda di Instagram.

Selain jumlah foto, perhatikan juga kualitas foto yang akan Anda unggah. Pastikan foto yang Anda unggah kualitas gambarnya bagus, tidak buram, agar para followers Anda nyaman melihat postingan Anda.

2. Menggunakan Hashtag yang Relevan

Setiap kali Anda mengunggah foto-foto ke dalam akun Instagram, jangan lupa untuk menggunakan hashtag (#). Agar bisa mengundang rasa penasaran dari para followers Anda, maka gunakanlah hastag yang unik.

Memperbanyak hashtag juga bisa membuat postingan Anda jadi trending topic. Penggunaan hashtag merupakan cara agar postingan (foto) Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain.

Cobalah untuk mencari hashtag yang relevan dengan jualan Anda, namun juga trending (populer) di instagram. Anda bisa memanfaatkan beberapa tool online untuk mencari hashtag yang sedang populer, agar foto Anda bisa muncul lebih sering dan diakses oleh banyak orang.

Baca Juga : Strategi Paling Dasar Membangun Email List & Email Marketing yang Sukses

3. Strategi Promosi yang Menarik Interaksi

Beberapa strategi promosi di Instagram yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan memberikan diskon atau pun barang gratis (Give Away) kepada para followers. Anda bisa mencoba strategi Give Away terlebih dahulu.

Mintalah followers Anda untuk mengunggah foto karya Anda atau repost postingan Anda dengan menandai / tag beberapa akun teman dari para followers Anda. Followers dengan interaksi terbaik di postingan Give Away tersebut, akan mendapatkan hadiah.

Dengan cara itu maka akan mengundang rasa ingin tahu dari orang-orang yang belum tahu tentang bisnis Anda. Semakin banyak orang yang datang ke akun Anda, maka bisnis Anda bisa makin dikenal banyak orang.

4. Gunakan Logo Brand Anda di Foto Profil

Agar brand bisnis Anda bisa mudah dikenal dan diingat banyak orang, pasang logo brand Anda di foto profil IG. Setiap kali orang berkunjung ke akun IG Anda, mereka akan langsung melihat logo brand Anda. Semakin banyak yang berkunjung, maka brand Anda akan semakin banyak dikenal orang.

5.Follow Banyak Akun Lain Lebih Dulu

Banyak orang yang enggan untuk memfollow lebih dulu. Namun ketika kita bicara tentang bisnis pada umumnya, jangan pernah sungkan. Anda dapat berinisiatif untuk follow calon pelanggan terlebih dahulu. Sehingga mereka bisa mencari tahu siapa kita dari foto-foto milik kita ketika kita memfollow mereka. Harapannya mereka bisa follow balik akun kita dan menjadi followers setia.

Baca Juga : Cara Mudah dan Cepat Follow & Unfollow Ratusan Akun Secara Otomatis

6. Gunakan Nama Akun IG yang Menarik dan Mudah Diingat

Ketika Anda memilih nama akun untuk berbisnis melalui sosial media seperti Instagram, maka Anda perlu memperhatikan pemilihan nama akun Anda. Gunakan nama akun yang mudah diingat dan menarik. Jangan gunakan nama yang terlalu panjang atau menggunakan karakter yang susah diingat.

Karena ketika orang tertarik dengan produk Anda, mereka akan mengingat nama akun IG Anda lebih dulu. Baru kemudian memilih produk yang mereka cari dan akhirnya membeli.

7. Rutin dan Konsisten dalam Memposting

Pelihara followers Anda dengan memposting secara rutin dan konsisten setiap hari. Misalnya rutin posting 5 kali dalam sehari dengan variasi konten. Ada konten edukasi, quote, motivasi, kuis, dan konten promosi.

Jangan melulu posting jualan produk. Sebab, orang akan merasa jenuh kalau dijejali dengan konten penawaran secara terus menerus.  Dengan begitu, followers Anda akan tetap setia menjadi pengikut Anda dan bahkan selalu menanti konten-konten terbaru Anda.

8. Aktif dan Responsif Terhadap Customer / Followers

Aktif dan responsif merupakan syarat utama yang harus Anda miliki jika Anda ingin menarik minat banyak orang. Ketika ada pertanyaan atau komentar pada postingan Anda, maka Anda harus cepat-cepat menangggapi dengan ramah.

Orang akan merasa senang ketika pertanyaannya dijawab atau komentarnya ditanggapi. Sebaliknya, orang akan merasa tidak dihargai ketika pertanyaannya tidak dijawab atau komentarnya tidak ditanggapi.

Karena itu, responsif itu sangat penting. Jangan biarkan para followers Anda lari hanya karena Anda kurang responsif terhadap pertanyaan atau komentar mereka. Begitu juga ketika ada calon customer yang nanya via DM, harus segera ditanggapi.

Baca Juga : Tips Powerful Menjalankan Bisnis Dropship yang Profit Tebel

9. Menggunakan SFS (Shoutout for Shoutout)

SFS adalah suatu kondisi dimana sesama online shop saling mempromosikan satu sama lain. Dengan demikian followers suatu online shop akan memperoleh informasi mengenai online shop terpercaya lainnya melalui publikasi yang dilakukan si online shop pertama tersebut.

Cara ini memang sangat hemat dan mudah serta dapat mempererat hubungan antar pemilik online shop. Cara ini juga dapat meningkatkan follower Anda. Bila follower Anda banyak, maka pembeli Anda pun akan bertambah banyak. Dan yang terpenting kalian terpercaya oleh customer.

10. Share Testimoni

Tujuan dari share testimoni adalah untuk meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) dari para calon customer. Anda bisa share foto-foto testimoni dari pelanggan yang telah menerima barang Anda. Misalnya foto screenshoot chat WhatsApp, DM Instagram, chat Facebook, dll.

Semakin banyak real testimoni yang Anda share di IG, maka makin memancing orang untuk menggunakan produk Anda. Pastikan testimoni yang Anda share benar-benar testimoni dari pelanggan Anda, bukan hoax atau bikinan sendiri.

Beberapa cara diatas dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan usaha / produk Anda di Instagram agar lebih dikenal oleh banyak orang dan semakin berkembang. Cara tersebut sebenarnya simpel, namun ketika Anda lakukan dengan baik bisa berdampak luar biasa pada bisnis Anda.

Caranya mudah dan simpel bukan? Semoga informasi singkat yang mengangkat tips sukses Cara memaksimalkan bisnis online melaui instagram ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi Anda.  Maju terus Bisnis Online Indonesia dan salam sukses!

Baca Juga : Tips Cerdas Bisnis Produk “Gaib” yang Sukses dan Menghasilkan Profit Besar

There are currently no comments.

Strategi Dahsyat Menghasilkan Income Milyaran Rupiah Dari Youtube

Kumpulan metode yang sudah dijalankan selama lebih dari 5 tahun mengelola channel Youtube & sudah terbukti menghasilkan Milyaran rupiah

Dipandu Langsung Oleh Pakarnya

%d blogger menyukai ini: