5 Manfaat Website & Cara Membuatnya untuk Pemula

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
5 Manfaat Website dan Cara Membuatnya

Sebelum membahas keuntungan / manfaat website, kita perlu tahu dulu apa itu website dan jenis-jenisnya. Kita sudah sangat sering mendengar istilah website atau situs, namun mungkin masih banyak di antara kita yang belum tahu apa itu website.

Website adalah kumpulan halaman yang berisi informasi dan bisa diakses dari mana saja menggunakan nama domain tertentu via jaringan internet (online). Halaman apapun yang Anda akses secara online itulah yang namanya website atau situs web.

Misalnya Ratakan.com, Google.com, Facebook.com, Bukalapak.com, dan semisalnya. Dari contoh-contoh tersebut kita bisa simpulkan bahwa website itu sifatnya global, mencakup toko online, ecommerce, sosial media, situs company profile perusahaan, dan website personal.

Jadi, jenis-jenis website meliputi website perusahaan, website personal, website toko online, website marketplace, dan website sosial media.

Baca Juga : Cara Membuat Toko Online Gratis di Facebook

Nah, sekarang kita akan membahas tentang manfaat / keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan meiliki website.

5 Manfaat / Keuntungan Memiliki Website

1. Membangun Personal Branding

Di era digital sekarang, membangun personal branding bisa dengan mudah Anda lakukan menggunakan website. Anda bisa mengisi website dengan konten-konten yang bermanfaat dan mengandung wawasan ilmu pengetahuan.

Misalnya jika Anda seorang pengusaha dan expert di dunia bisnis, Anda bisa mengisi website dengan konten-konten seputar bisnis dan tips sukses menjadi seorang pengusaha.

Contoh lain misalnya jika Anda seorang desainer grafis, Anda bisa sharing-sharing seputar tips dan trik desain grafis via website. Konten yang Anda bagikan di website menunjukkan bahwa Anda expert / ahli di bidang tersebut.

Dengan begitu, orang yang berkunjung ke website Anda akan makin percaya kepada Anda. Kredibilitas Anda makin meningkat dengan adanya website. Di sinilah personal branding Anda akan terbangun.

Baca Juga : Rahasia Membangun Personal Branding Bisnis di Internet

2. Membangun Database

Dengan websiste, Anda bisa dengan mudah mendapatkan database untuk mengembangkan bisnis. Caranya dengan memasang form optin / form subscribe di website yang Anda miliki. Berikan penawaran yang menarik, agar orang mau subscribe di website Anda dengan sukarela.

Database menjadi hal yang begitu penting di zaman serba online seperti sekarang. Ketika Anda memiliki database, misalnya database email, maka Anda seperti memiliki sesuatu yang begitu bernilai.

Mengapa Bernilai?

Karena dengan database Anda bisa mendatangkan uang yang banyak, tergantung seberapa besar database yang Anda miliki. Caranya dengan mengelola database tersebut dengan konten-konten edukasi dan selingi dengan promosi produk.

Baca Juga : Strategi Sukses Membangun Database Email dan Email Marketing

3. Menghasilkan Uang

Dengan website Anda juga bisa mendapatkan uang dengan berbagai cara, seperti Google AdSense, Buka Space Iklan, Jualan Produk, Promosi Produk Affiliate, dll.

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan uang dari website adalah dengan berbisnis produk affiliate. Istilah kerennya disebut dengan Affiliate Marketing.

Dengan bisnis ini, Anda cukup mempromosikan produk secara online di website Anda menggunakan link affiliate. Nanti, ketika ada orang yang mengklik link affiliate produk yang Anda promosikan dan akhirnya membeli, maka Anda akan mendapatkan komisi. Mudah bukan?

Nah, Bagaimana Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing Ini?

Caranya sangat mudah, Anda cukup join Ratakan, pilih produk yang mau Anda promosikan, ambil link affiliate produk tersebut, dan promosikan di website Anda.

JOIN AFFILIATE RATAKAN DI SINI, GRATIS!

Butuh Panduan Bisnis Affiliate Marketing? Pelajari tutorial lengkapnya DI SINI!

4. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Setiap perusahaan-perusahaan besar hampir bisa dipastikan memiliki website company profile. Website company profil ini sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

Dengan memiliki website, orang akan menilai bahwa bisnis Anda merupakan bisnis yang profesional, perusahaan yang kredibel (dapat dipercaya).

Sebaliknya ketika bisnis Anda tidak memiliki website, maka orang akan menilai bahwa bisnis Anda kurang profesional, tidak update teknologi.

Karena itu, bagi Anda yang memiliki bisnis atau perusahaan, website menjadi suatu keharusan di era digital. Selain untuk meningkatkan kredibilitas, website juga membuat bisnis Anda mudah ditemukan secara online dari mana saja.

5. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Ketika menggunakan website toko online, Anda bisa jualan banyak produk dan menjangkau pasar yang lebih luas, bahkan jangkauannya tidak terbatas.

Display produk Anda bisa ditemukan dan dilihat kapan saja dan dari mana saja. Jual beli pun menjadi lebih mudah dan cepat menggunakan website toko online.

Baca Juga : Tips Sederhana Membuat Website Masuk Halaman Pertama Google

Nah, Bagaimana Caranya Membuat Website dan Toko Online? Khususnya untuk Pemula?

Bagi Anda yang masih awam dengan dunia online dan dunia website, membuat website atau toko online tentu menjadi masalah besar. Apalagi kalau harus menggunakan teknik coding / pemrograman komputer yang rumit.

Namun, sekarang Anda tidak perlu bingung, membuat website ternyata sangat mudah. Ya, sangat mudah, karena Anda tidak perlu lagi coding-codingan yang bikin bingung.

Berikut ini ada paket tutorial pembuatan website maupun toko online yang super lengkap. Paket tutorial ini sangat cocok untuk orang awam atau Anda yang masih Pemula dan belum tahu menahu tentang dunia website. Yuk, intip tutorialnya sekarang!

Jago Bikin Web

Jago Bikin Web merupakan kursus online belajar membuat website, landing page, dan toko online secara mandiri untuk Pemula tanpa perlu belajar coding yang bikin pusing.

Baca Juga : Bikin Website Resep Masakan Secara Otomatis, Ini Triknya

Kursus online ini dikemas dalam bentuk video yang bisa Anda akses kapanpun dan dari manapun. Materi yang dibahas sangat lengkap yang terbagi ke dalam 7 modul, yaitu :

Modul 1 : Mengenal WordPress, Hosting dan Domain
Modul 2 : Membuat Web Pribadi / Blog
Modul 3 : Tips dan Trik WordPress
Modul 4 : Membuat Web Company Profile / Profil Usaha
Modul 5 : Elementor Page Builder
Modul 6 : Membuat Web Landing Page
Modul 7 : Membuat Web Toko Online

Website di era digital sangat penting sebagai media untuk membangun branding, asset digital, dan menjangkau target market tanpa batas.

Kini Anda bisa membuat website maupun toko online sendiri dengan belajar di Jago Bikin Web ini. Tidak perlu lagi meminta bantuan ke jasa pembuatan website yang mahal.

DAPATKAN AKSES JAGO BIKIN WEB DI SINI!

 

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
  • Artikelnya bermanfaat bangat,khususnya buat Saya yang pemula.
    Terimakasih….

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]