Online Shop di WhatsApp – WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan / chatting paling populer di dunia dengan jumlah pengguna mencapai milyaran orang. Di Indonesia Whatsapp sudah seperti aplikasi “WAJIB” yang harus ada di ponsel, baik ponsel yang berbasis Android maupun iOS.

Berikut ini data pengguna WhatsApp hingga April 2019.

Dengan jumlah pengguna yang sangat besar di Indonesia, Whatsapp pun menjadi lahan yang menggiurkan untuk membangun bisnis. WhatsApp kini tidak hanya sebagai media untuk chatting saja, melainkan sudah berkembang menjadi tempat untuk jual beli secara online.

Melihat potensi yang begitu besar untuk berbisnis, WhatsApp pun kemudian merilis versi khusus yang lebih mendukung untuk bisnis, yaitu WhatsApp Bisnis. WA Bisnis ini memiliki fitur-fitur yang memudahkan untuk bisnis, seperti setting alamat toko, atur jam kerja, balas cepat, balasan otomatis, hingga statistik.

Baca Juga : Meski Platform Gratisan, Toko Online Ini Fiturnya Keren Abis

Fitur Terbaru : Katalog (Toko Online)

Pada bulan Oktober 2019, WhatsApp merilis fitur baru yang sangat bermanfaat bagi para pebisnis online. Fitur baru tersebut adalah KATALOG. Dengan fitur ini, Anda bisa membuat katalog produk yang berfungsi layaknya toko online.

Kerennya lagi, Anda bisa membangun toko online langsung di Whatsapp Bisnis secara Gratis menggunakan fitur Katalog ini. Tampilannya pun sangat menggoda dan elegan. Para pebisnis patut berterima kasih kepada Whatsapp yang sudah merilis fitur luar biasa ini.

Kini Anda bisa membuat toko online tanpa harus membeli domain dan sewa hosting yang mahal. Cukup gunakan fitur katalog di Whatsapp Bisnis saja, jualan jadi lebih mudah, cepat, dan nyaman.

Apalagi behavior (perilaku) orang Indonesia lebih suka membeli produk langgung kontak personal via WA, daripada via add to cart. Fitur Katalog ini benar-benar sangat menarik bagi para pebisnis online.

Baca Juga : Blak-Blakan, Strategi Dapat Omset 3 Jutaan Cuma Dalam 3 Hari

Nah, Anda Sudah Makin Penasaran Bagaimana Cara Bikin Toko Online Langsung di Whatsapp?

Jangan buru-buru, sabar dulu, hehe. Sebelum saya jelaskan tutorial cara membuatnya, pastikan fitur Katalog sudah tampil di Whatsapp Bisnis Anda. Silakan Anda update dulu aplikasi WA bisnisnya, agar fitur Katalog bisa aktif.

Cara Membuat Toko Online Keren Di Whatsapp Business

Oke, sekarang waktunya kita belajar cara membuat toko online di Whatsapp Bisnis. Yuk mulai!

1. Buka Setelan / Settings di WA Bisnis Anda

 

2. Masuk ke Setelan bisnis

3. Masuk Menu Katalog

4. Klik tanda Plus di bagian sudut kanan bawah untuk menambahkan produk baru

Baca Juga : Wow, Kurang Dari 10 Detik Langsung Masuk Rekening

5. Setelah form tambah produknya terbuka, silakan isi dengan data produk Anda.

Tambahkan gambar / foto produk, isi nama produk, harga, deskripsi, sampai dengan tautan / link produk. Jika Anda belum punya website atau link ke produk, bisa dikosongi. Harga juga bersifat opsional, bisa Anda kosongi.

6. Terkhir, klik tombol SIMPAN. Selesai! Lakukan cara yang sama untuk menambahkan produk baru lagi. Berikut ini contoh tampilan toko online / katalog yang sudah berisi beberapa produk.

 

Baca Juga : Cara Termudah Promosi di Youtube yang Terbukti Menghasilkan

Cara Membagikan / Promosi Produk

Selanjutnya, bagaimana cara membagikan atau promosi produknya? Berikut ini cara untuk mempromosikan produk ke akun personal atau grup WA :

1. Pilih Tujuan Promosi, Bisa Nomor Personal atau Grup WA
2. Klik Ikon Lampiran File, Kemudian Klik Ikon Katalog

3. Pilih Produk yang Mau Anda Bagikan.


4. Klik Ikon Kirim sehingga produk Anda akan terkirim ke nomor WA atau Grup WA tujuan.


5. Berikut ini tampilan produk yang dibagikan di akun WA tujuan.

6. Tampilan bila produknya dibuka

Baca Juga : Panduan Lengkap Cara Beriklan di Google Ads

Okey sobat Ratakaners, itulah langkah-langkah untuk membuat Katalog atau Toko Online langsung di Whatsapp sebagai salah satu topik belajar wa marketing.

Sekarang tinggal Anda praktekkan secara langsung dan optimalkan untuk mendukung bisnis Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa nantikan tips, trik, dan informasi penting lainnya hanya di Blog Ratakan. 😀

  • Artikel sangat bermanfaat bagi new bisnis seperti kami di bidang pakaian pria

  • Wow..keren, harus dibuat nih toko online wa nya, terima kasih gan infonya..

  • Nanti bisa dikembalikan lagi ke wa pribadi nggak mas?

  • halo gan, untuk promosinya gimana gan, cukup sekali atau harus di ulang2 .. ?

  • jika kita sudah upload, biasanya ditinjau dulu oleh pihak whatsapp. pertanyaan saya jika banyak produk yang tidak disetujui oleh pihak whatsapp apa akun wa akan disuspend atau yg lainnya? terima kasih

  • jika kita sudah upload, biasanya ditinjau dulu oleh pihak whatsapp. pertanyaan saya jika banyak produk yang tidak disetujui oleh pihak whatsapp apa akun wa akan disuspend atau yg lainnya? terima kasih atas jawabannya

  • Terimakasih infonya.
    Sangat penting dan menarik.
    Tolong lebih banyak lagi ulas tuntas soal WA Bisnis ini.
    Dengan lebih detil lagi cara-caranya.
    Terimakasih.
    Salam sukses.

  • Sip mantab, kebetulan HP saya ada 2 akun WA, ijin tak praktekkan posting produk digitalnya ratakan, makasih supportnya 🙂

  • Baru tahu saya ternyata ini gunanya WA bisnis. Makasih infonya.

  • buat katalog nya tidak bisa menggunakan whatsapp web ya om?

  • Mantabb dan legit penjelasannya. Anyway makasih banget Pak ilmunya yg gurih ini. Sangat bermanfaat. Salam sukses makin besar untuk Bapak. Tks

  • Kebetulan saya sudah buat, tp makasih sdh di infoin.

Strategi Dahsyat Menghasilkan Income Milyaran Rupiah Dari Youtube

Kumpulan metode yang sudah dijalankan selama lebih dari 5 tahun mengelola channel Youtube & sudah terbukti menghasilkan Milyaran rupiah

Dipandu Langsung Oleh Pakarnya

%d blogger menyukai ini: