Panduan & Optimasi Cara Jualan di Instagram

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
Hashtag Instagram

Cara Jualan di Instagram

Cara Jualan di Instagram – Di era sekarang yang serba digital, banyak orang mulai memutar otak untuk berjualan online khususnya di sosial media. Diantara banyak platform sosial media, Instagram adalah salah satu platform yang paling banyak digandrungi. Tidak heran bahwa semua kalangan mulai dari remaja hingga orang dewasa memilih untuk jualan di Instagram. Namun beberapa orang mungkin masih belum tahu bagaimana jualan di Instagram tanpa iklan  dan bagaimana step yang tepat yang harus dilakukan untuk mulai jualan di Instagram.

Berikut kami berikan panduan beserta tips untuk jualan di Instagram bagi pemula:

Cara Membuat Akun untuk Jualan di Instagram

Daftar Akun Instagram

Apabila Anda ingin jualan di Instagram, langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu membuat akun instagram untuk berjualan. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menginstal aplikasi Instagram melalui App Store atau Play Store. Selain itu Anda juga bisa mendaftar akun Instagram melalui situs resmi Instagram. Anda bisa klik daftar lalu mengisi data yang diperlukan.

Opsi lain yang bisa Anda gunakan untuk mendaftar akun Instagram ialah dengan mengkoneksikan login akun Instagram dengan akun Facebook yang sudah Anda miliki sebelumnya. Apabila Anda memilih opsi ini, maka untuk kedepannya Anda bisa login menggunakan akun Facebook yang sudah Anda daftarkan.

Cara Mengubah Akun Instagram ke Bisnis

Untuk jualan di Instagram, kami sarankan untuk memilih akun Bisnis daripada akun Personal. Kenapa? Karena dengan menggunakan akun bisnis akan ada beberapa fitur tambahan yang akan bermanfaat untuk jualan di Instagram. Yang mana fitur-fitur ini umumnya tidak ada di akun personal.

Apabila akun Instagram sudah terbuat, selanjutnya Anda lanjut ke cara membuat akun Instagram Bisnis. Masuk ke menu Profil akun Anda, lalu pilih Setting yang ada di menu pojok kanan atas halaman profil Instagram. Setelah itu pilih Account.

Cara Mengubah Akun Instagram ke Bisnis

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengubah akun Anda ke akun Instagram bisnis. Langkah ini dilakukan dengan meng-klik menu Switch to Profesional Account dan klik Continue. Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data yang berkaitan dengan bisnis yang Anda jalankan.

Cara Memverifikasi Akun untuk Jualan di Instagram

Cara Memverifikasi Akun Instagram

Setelah Anda merubah akun Anda ke Bisnis, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memverifikasi akun Instagram. Anda akan diminta untuk memasukkan email dan No. Telepon yang Anda gunakan untuk jualan di Instagram. Informasi ini sangat penting untuk kelangsungan aktivitas Anda di Instagram serta berfungsi untuk memudahkan calon pembeli untuk menghubungi Anda saat akan melakukan transaksi.

Baca Juga : 7 Cara Dapat Uang dari Instagram

Cara Menghubungkan Akun Instagram dengan Facebook

Cara Mengkoneksikan Akun Instagram ke Facebook

Instagram menyarankan agar Anda menyambungkan akun Instagram Bisnis Anda ke laman Facebook. Cara ini bisa menambah market Anda saat jualan di Instagram. Apabila Anda menyambungkan akun Anda ke Facebook, maka saat Anda membuat postingan di Instagram secara otomatis juga akan ada postingan baru di akun Facebook Anda. Namun apabila Anda belum punya akun Facebook dan ingin melewati step ini, Anda bisa pilih skip untuk lanjut ke step selanjutnya.

Cara Membuat Postingan Menarik untuk Jualan di Instagram

Membuat Postingan Instagram yang Menarik

Dapatkan 500 Premium Instagram Banner di sini !

Apabila Anda ingin jago jualan di Instagram, itu berarti Anda harus memikirkan konten apa yang akan Anda posting. Di Instagram, konten bisa diibaratkan sebagai barang jualan Anda. Karena semua calon customer pasti melihat barang yang Anda jual dari konten yang Anda post.

Buat konten Instagram yang menarik yang bisa menarik interst dari audiens Anda. Anda tidak harus selalu meposting jualan Anda, melainkan bisa Anda sisipi dengan konten edukatif yang masih selingkup dengan bisnis Anda. Ini merupakan strategi yang sudah banyak digunakan oleh pebisnis online diluar sana untuk mendatangkan banyak audiens.

Sebagai contoh : Anda menjual produk fashion.

Selain baju, celana, rok, atau produk fashion lain yang Anda jual, Anda bisa memasukkan konten edukatif, seperti : Bagaimana cara mix and match baju, Inspirasi OOTD hari ini, dll. Konten bermanfaat tersebut akan menarik minat audiens tetang fashion dan audiens tersebut bisa dijadikan sebagai market Anda.

Cara Memanfaatkan InstaStory untuk Jualan di Instagram

Memanfaatkan fitur Story Instagram

Insta story adalah salah satu fitur Instagram yang memungkin Anda untuk berbagi konten baik foto maupun video yang kemudian akan hilang setelah 24 jam sejak konten tersebut diupload. Fitur ini tentu dapat Anda manfaatkan untuk berinteraksi dengan audiens Anda sekaligus untuk membangun awareness tentang bisnis yang Anda miliki.

Lalu bagaimana cara untuk bisa memaksimalkan Insta Story?

  • Buat IG story yang ringkas, padat, dan jelas agar bisa berinteraksi dengan viewers melalui Direct Message (DM)
  • Gunakan konten video atau audio – Menurut penelitian, sekitar 70 persen pengguna Instagram akan melihat IG story pada kondisi suara aktif. Oleh karena itu, ini dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk yang Anda jual.
  • Manfaatkan tools – tools yang disediakan IG story – Instagram sudah menyediakan banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk membuat tampilan konten Anda lebih menarik. Anda bisa memilih jenis font yang ingin digunakan, memilih warna yang pas, menggunakan filter, sticker, dan tools editing lainnya di IG story

Cara Membuat Highlight untuk Mengoptimasi Akun Jualan di Instagram

Menggunakan fitur Highlight Instagram

Instagram memiliki fitur terbaru yang sangat ampuh untuk jualan online lewat instagram, yaitu Highlight. Dikarenakan fitur highlight terletak tepat dibawah bio Instagram Anda, maka Anda bisa memasukkan informasi-informasi bermanfaat di highlight Instagram. Gunakan highlight untuk membuat katalog yang manarik. Pilihlah cover desain yang menarik agar menarik minat audiens. Selain itu, apabila followers Anda sudah mencapai 10 ribu pengguna, Anda juga bisa memanfaatkan fitur swipe up untuk mendatangkan traffic dan meningkatkan penjualan Anda.

Cara Memanfaatkan IG TV untuk Meningkatkan Traffic Jualan di Instagram

Memanfaatkan IG TV di Instagram

Selain fitur-fitur diatas, ada satu lagi fitur Instagram yang bisa Anda gunakan sebagai media marketing bisnis Anda. IG TV merupakan fitur Instagram yang memungkin Anda untuk meng-upload video dalam jangka waktu yang relatif lama. Siapkan konten-konten menarik untuk mengisi IG TV Anda serta pelajari cara kerja IG TV itu sendiri. Konten serta cara kerja yang tepat akan menjadi strategi pemasaran yang tepat.

Tips dan Trick untuk Mendatangkan Omset lewat Jualan di Instagram Tanpa Iklan

Memasang Hashtag Instagram Populer

Selain informasi-informasi diatas, kami memiliki beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendatangkan traffic sekaligus meningkatkan jualan Anda di Instagram.

  1. Manfaatkan fitur hashtag

Hashtag atau tagar digunakan untuk mengelompokkan beberapa postingan sejenis sesuai dengan nama tagar yang digunakan. Penggunaan tagar adalah cara yang tepat untuk memudahkan audiens menemukan akun serta bisnis Anda dalam kurun waktu yang lumayan cepat. Misalkan Anda jualan pakaian bayi lewat Instagram, lalu Anda menggunakan #pakaianbayi maka apabila ada user yang mencari tagar tersebut maka bisnis Anda akan tertampil di antara postingan-postingan serupa lainnya.

  1. Pelajari fitur Insight di akun bisnis Anda

Instagram menyediakan fitur insight pada akun Instagram bisnis. Anda bisa mempelajari data yang mucul dari insight tersebut, lihat mana postingan yang mendatangkan traffic paling banyak dan maksimalkan konten serupa. Data ini akan membantu Anda untuk menemukan bagaimana karakteristik pelanggan Anda dan bagaimana Anda harus menyenangkan mereka melalui konten-konten yang pas.

Demikian informasi mengenai cara mengoptimasi jualan akun instagram untuk online shop ataupun bisnis online anda. Ada komen atau diskusi ? Silakan langsung tulis di kolom bawah ya… Semoga Bermanfaat…!

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]

Cara Instan “Gali Jutaan Data Konsumen Potensial Dari Instagram” Hanya Dalam Hitungan Menit

Dapatkan Jutaan Data Follower, No Telp, Email berdasarkan Hastag & Following

Semuanya Serba OTOMATIS !

%d blogger menyukai ini: