Cara Jualan Online di Marketplace

Cara Jualan di Marketplace – Di zaman sekarang yang semakin modern, rasanya hampir semua orang sudah menjadikan internet sebagai kebutuhan yang tidak bisa terlepas dari semua kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Terbukti dengan munculnya beberapa marketplace besar di Indonesia yang menjadikan banyak orang ingin memulai usaha online dengan cara jualan online di marketplace terbaik di Indonesia.

Sampai saat ini, tercatat sudah ada jutaan orang yang sudah berbelanja online dan jumlahnya akan terus meningkat. Maka dari itu, Anda harus segera mulai mengikuti trend yang ada atau Anda akan kalah saing dengan pesaing-pesaing Anda diluar sana yang sudah mulai untuk jualan online lebih dulu.

Jualan Online tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Di Indonesia sudah ada banyak platform yang bisa memfasilitasi Anda untuk berjualan online dengan mudah. Apakah Anda pernah mendengar kata Shopee, Bukalapak, Tokopedia, atau Lazada? Yaa, saya yakin pernah. Lalu mengapa Anda tidak coba untuk belajar cara jualan online di marketplace tersebut? Peluang dan kesempatan untuk jualan online sangatlah besar, apalagi dengan adanya marketplace terbaik di Indonesia yang saat ini sudah merajai market di Indonesia untuk segala jenis dan kategori barang atau produk.

Mengapa Harus Mulai dengan Cara Jualan di Marketplace ?

  1. Marketplace sudah menyediakan segala fasilitas yang Anda perlukan untuk jualan online, termasuk lapak untuk jualan.
  2. Marketplace memiliki market yang luas – Jika dibandingkan dengan jualan sendiri, Anda akan lebih cepat mendapatkan market apabila Anda membuka lapak di marketplace. Berbeda dengan membuka toko online sendiri yang mengharuskan Anda untuk membangun market secara mandiri.
  3. Semua sistem sudah terbentuk, seperti : sistem checkout, sistem pembayaran, dan lainnya.
  4. Mudah diakses menggunakan mobile dan desktop

Cara Jualan di Marketplace Shopee

Cara Jualan di Marketplace Shopee

Shopee adalah marketplace pertama yang bisa Anda jadikan untuk jualan online. Untuk Anda yang masih awam dengan jual beli online khususnya di Shopee, panduan cara jualan di marketplace Shopee ini bisa Anda pelajari dan terapkan.

  1. Cara Daftar Akun Shopee

Sebelum mendaftarkan akun Shopee, Anda bisa download apilkasi Shopee terlebih dahulu melalui App Store atau Play Store di smartphone Anda. Namun apabila Anda menggunakan komputer, Anda bisa membuka situs resmi Shopee di browser.

Shopee menyediakan beberapa opsi pendaftaran, seperti menggunakan No. Telepon, Facebook, Google, Apple, dan juga Line. Anda bisa memilih salah satu opsi yang disediakan. Pilihlah opsi yang paling mudah dan yang paling bisa Anda ingat.

Cara Daftar Akun Shopee

Setelah Anda sudah berhasil mendaftar akun Shopee, selanjutnya Anda akan diarahkan ke dashboard Shopee.

  1. Cara Buka Toko di Shopee dan mengupload produk yang ingin dijual

Cara Buka Toko Online di Shopee

Setelah Anda berhasil mendaftar akun Shopee, Anda bisa mulai berjualan dengan meng-klik menu “Jual” yang ada di pojok kiri atas tampilan akun Shopee Anda. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke Shopee Seller Centre. Di menu tersebut Anda bisa menyetting toko atau bisnis Anda sekaligus menambah produk-produk yang akan Anda jual. Anda masukkan detail produk Anda seperti nama produk, deskripsi, kategori, harga, dan lain-lain. Salah satu cara jualan di marketplace biar laris yang bisa meningkatkan penjualan Anda adalah dengan mengupload foto terbaik dari produk Anda.

  1. Selesaikan informasi yang ada pada Menu Setting Akun Shopee Anda

Melengkapi informasi di Settingan Shopee

Selain produk, Anda juga harus melengkapi informasi-informasi yang dibutuhkan agar memperlancar transaksi jual beli akun Shopee Anda. Informasi yang harus Anda lengkapi semacam : No. rekening, alamat toko, jasa pengiriman, dll. Untuk informasi lain yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan bisa Anda skip. Tahap ini bisa Anda lakukan sebelum ataupun sesudah menyetting toko beserta produk jualan Anda di Shopee.

Cara Jualan Online di Marketplace Tokopedia

Cara Jualan di Marketplace Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia. Anda bisa menggunakan platform ini untuk berjualan produk dengan kategori apa saja. Berikut kami berikan panduan mengenai cara jualan online di Tokopedia.

  1. Cara Daftar Akun Tokopedia

Cara Daftar Akun di Tokopedia

Untuk mendaftar akun Tokopedia, silakan Anda mendownload aplikasi Tokopedia atau langsung membuka website resmi Tokopedia. Setelah sampai ke Homepage Tokopedia, Anda bisa klik menu Daftar yang ada di pojok kanan atas halaman. Setelah Anda klik Daftar, akan muncul form untuk pendaftaran akun Tokopedia. Tokopedia menyediakan beberapa opsi untuk daftar akun, yaitu menggunakan : Facebook, Google, dan No. HP. Anda bisa memilih salah satu diantara beberapa opsi tersebut lalu klik Daftar

  1. Cara Verifikasi Nomor HP di Tokopedia

Cara Verifikasi No. HP di Tokopedia

Langkah selanjutnya ialah memverifikasi akun Tokopedia Anda. Langkah ini diperlukan untuk meningkatkan keamanan akun Anda sekaligus menjadi syarat untuk melakukan beberapa aktivitas di Tokopedia yang mewajibkan untuk memverifikasi Nomor Handphone terlebih dahulu. Apabila Anda baru saja melakukan pendaftaran akun Tokopedia, akan langsung muncul pop up seperti gambar diatas untuk memasukkan nomor handphone. Namun Anda juga bisa melengkapi nomor handphone Anda melalui menu Profil yang ada pada pojok kanan atas homepage Tokopedia. Selanjutnya Anda bisa memasukkan nomor handphone Anda lalu klik selanjutnya.

  1. Buka toko di Tokopedia dan mulai berjualan di marketplace Tokopedia

Cara Buka Toko Online di Tokopedia

Setelah Anda sudah berhasil membuat akun dan memverifikasi akun Tokopedia, selanjutnya Anda sudah bisa buka toko di Tokopedia dan mulai untuk berjualan. Anda bisa klik menu Toko > Buka Toko di dashboard akun Tokopedia Anda. Setelah itu Anda bisa memasukkan informasi-informasi terkait dengan toko Anda, misalkan nama toko dan juga alamat toko. Pada tahap ini Anda juga akan diminta untuk mengisi beberapa pertanyaan survey terkait pengalaman jualan Anda, agar Tokopedia bisa memberikan support yang lebih maksimal.

Cara Jualan Online di Marketplace BukaLapak

Cara Jualan di Marketplace Bukalapak

Selain Shopee dan Tokopedia, Bukalapak juga menjadi salah satu marketplace terbaik Indonesia yang bisa Anda jadikan tempat untuk membuka lapak atau toko jualan online. Bukalapak merupakan perusahaan e-commerce yang didirikan oleh Achmad Zaky dan kawan-kawan dimana marketplace ini sampai saat ini masih sangat berkembang pesat. Anda bisa mulai jualan online disini dan mulai menjual produk-produk dengan berbagai kategori.

Berikut adalah panduan untuk cara jualan online di Bukalapak yang bisa Anda pelajari dan Anda terapkan untuk jualan produk Anda.

  1. Cara Daftar Akun Bukalapak

Cara Daftar Akun di Bukalapak

Untuk bisa menikmati fitur-fitur yang disediakan oleh Bukalapak, maka Anda wajib memiliki akun Bukalapak telebih dahulu. Ini merupakan hal wajib sebelum Anda mulai untuk jualan dan melakukan aktivitas di Bukalapak.

Pertama, silakan Anda mendownload aplikasi Bukalapak melalui ponsel atau membuka situs resmi Bukalapak apabila Anda menggunakan PC.  Selanjutnya Anda bisa klik tombol Daftar yang ada di pojok kanan atas homepage Bukalapak.

Bukalapak menyediakan beberapa opsi untuk registrasi akun, Anda bisa daftar akun Bukalapak menggunakan email/No. HP, akun Facebook, atau akun Google. Selanjutnya Anda diminta untuk mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan. Pada tahap pendaftaran ini Anda juga akan diminta untuk mengisi sebuah username yang kedepannya akan jadi nama toko Anda.

  1. Cara Verifikasi Nomor Handphone di Bukalapak

Cara Verifikasi Nomor Handphone di Bukalapak

Setelah Anda berhasil daftar akun Bukalapak, Anda akan diarahkan ke Homepage Bukalapak. Anda perlu untuk memverifikasi nomor handphone Anda untuk bisa mulai berjualan. Silakan masuk ke menu Akun > Setting untuk melakukan verifikasi nomor handphone dan email (jika email Anda juga belum terverifikasi)

3.   Cara Jual Barang di Bukalapak

Cara Jual barang di Bukalapak

Anda bisa mulai jual barang dengan meng-klik menu “Jual Barang”. Disini Anda bisa input segala informasi terkait produk yang Anda jual, seperti : nama produk, stok, berat dan lain-lain. Jika informasi yang diberikan dirasa sudah cukup, Anda bisa klik jual.

There are currently no comments.

Strategi Dahsyat Menghasilkan Income Milyaran Rupiah Dari Youtube

Kumpulan metode yang sudah dijalankan selama lebih dari 5 tahun mengelola channel Youtube & sudah terbukti menghasilkan Milyaran rupiah

Dipandu Langsung Oleh Pakarnya

%d blogger menyukai ini: