Panduan Lengkap Cara Jualan di Facebook Marketplace

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
Cara Jualan di Facebook Marketplace

Cara Jualan di Facebook Marketplace

Cara Jualan di Facebook Marketplace – Di era digital yang semakin canggih, kita dituntut untuk selalu bisa mengikuti teknologi yang ada. Kalau tidak, bisa-bisa kita kalah saing dengan mereka yang sudah lebih dulu melek teknologi dengan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin untuk segala aktivitas khususnya untuk berbisnis.

Di Indonesia sendiri ada banyak platform gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk berbisnis, salah satunya dengan cara jualan online di Facebook Marketplace. Yaaa, Facebook merupakan salah satu situs paling besar di Indonesia bahkan di dunia. Disini Anda harus pintar memanfaatkan peluang yang ada tersebut.

Facebook Marketplace merupakan salah satu fitur yang disediakan Facebook yang mana bisa menjadi jembatan untuk mempromosikan produk-produk yang ingin Anda jual di Facebook. Banyak pengusaha online diluar sana yang sudah lebih dulu berhasil dengan cara sukses jualan di Facebook Marketplace. Sekarang giliran Anda untuk mengikuti jejak mereka dan mendapatkan profit yang tinggi.

Hal yang Harus Dipersiapkan agar Sukses Jualan Online di Facebook Marketplace

Syarat Jualan di Facebook Marketplace

Agar bisa berhasil, Anda harus menerapkan cara sukses jualan di marketplace facebook. Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan dan perhatikan, diantaranya:

  1. Punya Akun Facebook

Sebelum Anda memutuskan untuk berjualan di Facebook Marketplace, hal pertama yang wajib Anda miliki tentu adalah akun Facebook. Tanpa memiliki akun Facebook Anda tidak akan bisa mengakses segala fitur yang ada di Facebook terutama fitur Facebook Marketplace. Maka dari itu Anda perlu melakukan daftar akun Facebook melalui aplikasi Facebook yang bisa Anda download di play store atau bisa juga melalui situs resmi Facebook.

  1. Pastikan Produk yang Anda jual Berkualitas Bagus

Dalam transaksi jual beli, kualitas produk adalah salah satu poin penting yang mempengaruhi kepuasaan pembeli. Anda sebagai penjual harus selalu memastikan bahwa Anda tidak menjual produk abal-abal. Dengan begitu pembeli yang melakukan transaksi di lapak Anda akan merasa puas dan berpeluang untuk melakukan transaksi lagi.

  1. Strategi Marketing yang Tepat

Mungkin Anda pernah merasa dan terpikir mengapa produk jualan Anda sepi pembeli padahal produk yang Anda jual jelas berkualitas dan memiliki harga yang bersaing dengan produk serupa lainnya. Itu bisa saja terjadi karena kurangnya promosi pada produk yang Anda jual. Maka dari itu Anda perlu mempelajari cara promosi jualan di marketplace facebook dan mencari mana strategi yang paling tepat. Strategi promosi yang tepat akan mendatangkan banyak audiens untuk tahu produk yang Anda jual. Anda bisa berpromosi menggunakan konten-konten menarik, atau jika ingin lebih cepat dan efektif Anda bisa memasang iklan di Facebook.

Baca Ini : Strategi Baru Facebook Ads

Tutorial Cara Jualan di Facebook Marketplace

Tutorial Cara Jualan Online di Facebook Marketplace

  1. Login ke Akun Facebook

Login ke Akun Facebook

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke akun Facebook Anda, bisa menggunakan smartphone ataupun PC. Sebelum mulai jualan online di Facebook Marketplace, pastikan akun Facebook Anda sudah terverifikasi untuk memperlancar segala aktivitas yang Anda lakukan nantinya.

  1. Masuk ke Menu Marketplace untuk Mulai Jualan Online di Facebook Marketplace

Menu Marketplace di Facebook Marketplace

Langkah berikutnya yaitu dengan meng-klik fitur Marketplace yang terletak di bagian kiri halaman dashboard Facebook. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman marketplace Facebook. Disini Anda bisa melihat banyak produk yang dijual di Facebook Marketplace berdasarkan kategori produk, harga, dan wilayah sekitar Anda. Apabila Anda mengupload produk Anda di Facebook Marketplace, produk tersebut juga akan muncul di Facebook Marketplace dan bisa dijangkau oleh banyak audiens.

  1. Klik Jual Barang untuk mulai Jualan Online di Facebook Marketplace

Cara Jual Barang di Facebook Marketplace

Di bagian kiri halaman marketplace Facebook, Anda bisa melihat menu Jual Barang yang diberi tanda plus (+). Anda bisa klik menu tersebut untuk mulai mengupload jualan Anda di Facebook Marketplace. Sebelum lanjut ke tahap selanjutnya, siapkan foto terbaik dari produk Anda terlebih dahulu yang menjadi cover produk nantinya. Foto produk sangat mempengaruhi audiens untuk membeli produk Anda atau tidak. Pastikan Anda menggunakan foto terbaik untuk menarik interest audiens Anda.

4.   Tentukan Jenis Produk Jualan Online di Facebook Marketplace

Pilih Jenis Produk untuk Jualan di Facebook Marketplace

Di tahap ini Anda bisa menentukan jenis produk Anda secara umum, apakah itu berbentuk barang, kendaraan, rumah, atau yang lain. Pilih jenis produk yang sesuai dengan jualan Anda. Misalkan Anda akan menjual poduk-produk fashion, itu berarti Anda memilih yang “Barang Dijual”.

5.   Mengupload Produk Jualan Online di Facebook Marketplace

Upload Barang di Facebook Marketplace

Di tahap ini Anda diminta untuk memasukkan informasi berkaitan dengan produk jualan Anda sekaligus mengupload foto-foto terbaik dari produk Anda. Anda bisa mengupload foto terbaik dari produk Anda dengan jumlah maksimal 10 foto. Selain foto, ada beberapa hal yang perlu Anda isi, misalkan:

  • Judul – Beri judul produk dengan kata yang mungkin dicari banyak orang yang masih berkaitan dengan produk jualan Anda.
  • Harga – Pada kolom ini Anda diminta untuk memasukkan harga produk. Untuk mendapatkan interest pelanggan, masukkan harga yang ideal. Dengan arti harga tidak terlalu mahal namun juga tidak terlalu murah. Sesuaikan harga dengan kualitas produk yang Anda jual.
  • Kategori Produk – Facebook telah menyediakan beberapa kategori produk. Anda bisa memilih kategori yang sesuai dengan produk Anda.
  • Kondisi – Pada kolom kondisi Anda diminta memasukkan kondisi produk yang Anda jual, apakah produk itu baru atau sudah bekas. Apabila Anda menjual produk-produk yang baru itu berarti Anda bisa memilih kondisi produk “Baru”
  • Keterangan – Isi keterangan dengan deskripsi yang menggambarkan produk Anda. Informasi ini yang kurang lebih akan menjadi bahan pertimbangan pembeli untuk membeli produk Anda
  • Lokasi – Anda bisa menyetting dan mengganti sesuai dengan lokasi yang Anda mau. Namun Facebook akan menyarankan agar lokasi bisa sesuai dengan tempat yang saat ini Anda tempati. Misalkan pada saat Anda upload produk Anda sedang berada di wilayah Jogja, itu berarti Facebook akan secara otomatis menyetting lokasi Jogja.

Setelah informasi-informasi tersebut sudah Anda isi dengan benar, Anda bisa klik menu “Terbitkan” yang ada pada bagian paling bawah form. Tunggu sampai muncul notifikasi bahwa produk Anda sudah berhasil terupload di Facebook Marketplace.

6.   Cara Promosikan Barang di Facebook Marketplace

Pasang Iklan di Facebook Marketplace Ads

Setelah Anda berhasil mengupload jualan Anda, Facebook akan menyarankan untuk bisa mempromosikan produk yang Anda jual lewat Facebook. Namun di tahap ini kemungkinan Anda harus mengeluarkan budget untuk memasang iklan di Facebook. Apabila Anda memiliki budget lebih untuk promosi iklan, Anda bisa menggunakan layanan ini. Namun apabila dana yang Anda miliki sudah minim dan pas, maka Anda bisa menggunakan strategi promosi yang lain yang tidak harus mengeluarkan banyak dana. Anda bisa coba dengan berpromosi di akun Facebook Anda melalui konten-konten menarik terkait jualan Anda.

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]

%d blogger menyukai ini: