Tips Memilih Bisnis Waralaba Minuman

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
Keuntungan Bisnis Franchise Minuman

Bisnis Waralaba Minuman – Waralaba atau dalam istilah asingnya disebut franchise merupakan satu dari sekian banyak usaha yang banyak diminati oleh anak-anak muda dari generasi milenial serta business-man pemula dalam rangka menjajal peruntungan di dunia bisnis. Salah satunya adalah waralaminuman kekinian.

Ada alasan kenapa banyak yang ingin menjajal bisnis waralaba. Salah satunya adalah karena tidak memerlukan banyak ide dan kreativitas, hanya membutuhkan modal uang saja. Bisa dibilang, Anda tak perlu bersusah payah memikirkan branding, resep atau racikan hingga sistem manajemennya.

Beberapa tahun belakangan ini franchise minuman viral dan kekinian seperti thai tea, bubble drink (bobba), kopi, hingga susu segar memang sudah menunjukkan geliatnya di pasar, rasanya yang enak membuatnya laris manis. Sehingga banyak orang juga ingin mencoba bisnis tersebut.

Apa Pengertian Waralaba / Franchise ?

Apa Pengertian Franchise Waralaba

Simpelnya, waralaba merupakan bisnis ‘meminjam’ hak usaha bisa berupa produk, layanan maupun jasa yang melibatkan franchisor (pemilik dan pemberi hak usaha) dengan franchisee (penerima hak) menggunakan suatu kontrak kerja atau perjanjian.

Keuntungan Bisnis Franchise Minuman

Cara Memilih Usaha Franchise yang Laris

Dari sejak munculnya restoran cepat saji dari Amerika ke Indonesia sekitar tahun 1980-an sampai sekarang, bisnis waralaba kuliner memang sangat menjanjikan. Berikut beberapa keuntungan yang bisa diperoleh jika Anda memilih bisnis minuman dengan sistem franchise

1. Tidak Repot Memikirkan Konsep Bisnis

Dengan memilih bisnis waralaba minuman murah, Anda tidak perlu memikirkan bagaimana konsepnya, proposalnya hingga teknik atau strategi marketingnya. Sehingga bisa dibilang dari segi perencanaan, memakan waktu lebih singkat untuk memulainya.

Anda hanya tinggal menjalankan sistem yang ditentukan oleh pihak franchisor sesuai dengan perjanjian. Biasanya, hanya butuh menyediakan tempat strategis saja sebagai lokasi usaha. Sedangkan semua kebutuhan untuk beroperasi, disediakan oleh pemilik hak waralaba.

2. Memiliki Mitra Kerja yang Terpercaya, Profesional

Setelah perjanjian dilaksanakan, pihak franchisor secara otomatis adalah mitra franchisee dalam berbisnis. Dengan memilih bisnis waralaba minuman terlaris, maka itu adalah pilihan terbaik untuk memulai usaha karena artinya Anda menemukan partner yang profesional.
Dengan adanya mitra bisnis yang profesional, segala kebutuhan selama usaha tidak perlu dipikirkan. Termasuk masalah branding, karena jika merk waralaba tersebut sudah terkenal dan memiliki reputasi baik di pasaran maka hanya butuh lokasi strategis saja. Pelanggan akan mencari sendiri.

3. Risiko Lebih Kecil

Selain karena tidak perlu repot-repot memikirkan konsep, branding, serta keperluan lainnya untuk menjalankan usaha, Anda pun juga dapat terhindar dari risiko kerugian yang besar jika memilih usaha waralaba dengan harga terjangkau. Lebih murah dibandingkan bila membangun sendiri.

Bisnis waralaba minuman modal kecil akan sangat menguntungkan jika dikelola dengan baik dari segi pemilihan lokasi hingga SDM-nya (karyawan). Sehingga risiko kerugian pun juga semakin rendah dan justru akan mendapatkan keuntungan berlipat ke depannya.

4. Mendapatkan Dukungan Penuh

Masih ada kaitannya dengan poin nomer 2, dengan memilih mitra bisnis waralaba minuman yang profesional, terpercaya serta memiliki reputasi bagus di pasar, maka sama saja Anda akan mendapatkan dukungan penuh dari mereka.

Dukungan yang dimaksud adalah semacam bimbingan untuk mengoperasikan usaha. Bisa berupa bagaimana cara meracik resep yang baik, pelatihan skill bagi karyawan, hingga solusi ketika Anda menghadapi permasalahan dalam bisnis, termasuk urusan strategi pemasaran.

Penting untuk waralaba : Cara Foto Produk dengan Smartphone

5. Gratis Media Promosi

Beberapa pihak pewaralaba membebaskan franchisee untuk mempromosikan usahanya sendiri, namun ada juga yang justru membantu mereka dalam masalah iklan, promosi dan sebagainya melalui media sosial, secara langsung, atau melalui media-media publikasi lainnya.
Tentu ini masih berkaitan dengan branding dan reputasi dari si franchisor itu sendiri. Biasanya, mereka sudah memiliki akun media sosial dan cara promosinya sendiri, jadi Anda tidak perlu susah-susah membuat akun sendiri untuk mencari followers atau subscribers.

6. Kemudahan dalam Manajemen Finansial

Karena dalam usaha waralaba, tidak perlu memikirkan masalah konsep, strategi, promosi dan sebagainya maka akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan. Modal yang disetorkan pada pihak pemberi hak franchise sudah termasuk untuk semua hal tersebut.

Selain itu, ketika ada orang yang ingin menanamkan saham (modal) pada bisnis Anda (bagi hasil), maka mereka cenderung tertarik atau percaya pada usaha dengan pamor baik. Akan berbeda halnya jika Anda memulainya dari awal karena membangun kepercayaan itu bukan perkara mudah.

Cara Memilih Usaha Franchise yang Laris

Keuntungan Bisnis Franchise Minuman

Menjalankan usaha apapun, termasuk waralaba sebenarnya gampang-gampang susah. Tentu ketika Anda berkeinginan untuk memulai bisnis apa saja bidangnya, maka yang harus Anda lakukan adalah mengetahui tips-tips dalam pemilihannya sehingga tidak membuat uang jadi sia-sia.

1. Memiliki Kredibilitas dan Profesionalitas yang Sudah Teruji

Saat ini ada banyak sekali bisnis waralaba minuman, dari yang sudah puluhan tahun ada seperti es teler, kopi, teh, susu hingga aneka jenis beverages kekinian seperti thai tea, bobba drink dan sebagainya.

Tentu Anda tidak boleh asal-asalan dalam memilih bisnis waralaba minuman murah. Pilihlah yang sudah profesional dan kredibilitasnya teruji mulai dari penawaran, branding hingga promosinya. Hal ini sangat berguna untuk menghindari risiko kerugian terlalu besar.

2. Pastikan Bisnis Tersebut Memiliki Izin Legal

Legalitas suatu badan usaha merupakan hal yang sangat penting karena berkaitan hukum negara. Jika Anda tidak mau berurusan dengan pihak berwajib suatu hari nanti, maka jangan sampai asal dalam memilih usaha franchise yang tepat.

Jadi meskipun waralaba tersebut modalnya kecil, ataupun besar, legalitasnya tetap perlu dipertanyakan. Pilihlah usaha yang sudah memiliki ijin dari dinas terkait, DINKOP & UMKM sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan menghindarkan Anda dari masalah hukum.

3. Cari Informasi Mendalam

Tak kenal maka tak sayang, pepatah tersebut juga berlaku ketika Anda memilih usaha waralaba. Hal ini berhubungan dengan banyak hal, mulai dari bagaimana reputasi atau pamornya di masyarakat awam maupun di kalangan pebisnis, legalitasnya hingga strategi pemasarannya.

Carilah informasi yang mendalam terkait franchisor mulai dari siapa pemiliknya, kapan mulai berdiri, bagaimana sistemnya dan lain-lain. Anda bisa mencarinya melalui internet, dapat juga dengan mengoleksi brosur ketika mengunjungi outlet maupun pameran bisnis. Jadi ada perbandingannya.

Cara Promosi : Cara Berjualan Laris di Facebook Marketplace

4. Pilihlah Lokasi yang Strategis

Memiliki usaha minuman yang kekinian dan laris manis di pasaran bukan berarti nasib Anda akan sama dengan outlet lainnya. Untuk itu, diperlukan pemilihan lokasi strategis untuk menempatkannya serta pemilihan SDM terbaik.

Beberapa lokasi usaha yang cocok untuk usaha waralaba minuman di antaranya adalah sekolah atau kampus, perkantoran hingga pinggir jalan raya sehingga mudah dijangkau orang. Bisa juga dengan membuka stand atau outlet dekat pusat keramaian.

Demikian sekelumit informasi mengenai bisnis waralaba minuman yang ada saat ini. Diharapkan dapat menghilangkan keraguan Anda untuk memilih usaha tersebut. Tentunya, keberhasilan yang akan diperoleh tergantung pada ikhtiar diri sendiri. Pastikan semangat dan jangan mudah menyerah.

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]

%d blogger menyukai ini: