Cara Membuat Blog Di WordPress Untuk Pemula

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
blog wordpress

Cara Membuat Blog di WordPress

Cara membuat blog di wordpress – Platform WordPress ini memang banyak digunakan oleh pebisnis untuk memulai dan mengembangkan usahanya. Namun siapa sangka, ada banyak tips dapat dilakukan agar upaya ini berjalan sesuai ekspektasi. Pertama-tama, Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat akun WordPress.

WordPress yang dipilih oleh banyak orang untuk mengembangkan blognya memang menjadi suatu tren dalam berbagai informasi hingga saat ini. Hal ini dimanfaatkan bagi kebanyakan blogger dalam meraup keuntungan. Konten di dalamnya dapat disesuaikan berdasarkan kemampuan dan keahlian.

Misalnya jika Anda memiliki keahlian dan ketertarikan dalam bidang kecantikan atau skincare, maka bisa membangun blog dengan tema tersebut. Pekerjaan yang dilakukan sesuai hobi ini harapannya dapat menyenangkan diri sendiri sekaligus untuk mencari keuntungan dari WordPress tersebut. Oleh karena itu, anda perlu mengetahu cara membuat blog dengan wordpress dengan baik dan benar

Membuat Website dengan WordPress

Cara Membuat Blog Gratis WordPress

WordPress in merupakan salah satu CMS yang akan memudahkan seseorang untuk mengelola blog dan website mereka. Sebelum adanya platform ini, dulunya orang-orang pun akan kesulitan dalam melakukannya. Hal ini menjadi penyebab mengapa awalnya tidak menarik perhatian blogger.

Versi pertama yang ada yakni WordPress.com dimana Anda bisa mengaksesnya secara gratis. Pengguna tidak perlu mempunyai domain atau layanan hosting terlebih dahulu lantaran semuanya sudah disediakan dengan lengkap asal para user ini selalu menaati segala peraturan saat memakainya.

Sementara versi kedua yakni ada WordPress.org merupakan versi lengkap dari sebelumnya. Anda akan diberikan keleluasaan pada saat pengelolaan website melalui fitur yang tersedia. Beberapa menu mulai dari forum, themes, support hingga ketersediaan plugin sudah sangat mendukung pemakaian.

Baca Juga : Tutorial WordPress untuk Pemula

Panduan Cara Membuat Blog dengan WordPress

Panduan Membuat Blog Gratis di WordPress

Bagi para blogger yang sudah ahli tentu merasa jika membuat blog melalui WordPress menjadi sesuatu sangat mudah. Lain halnya jika pemula masih pertama kali mencobanya, pastinya akan menjumpai banyak kesulitan. Lantas bagaimana cara panduan pembuatannya? Berikut ulasannya:

1. Lakukan Instalasi CMS WordPress

Tentunya, Anda harus menginstall WordPress terlebih dahulu sebelum bisa membuat akun. Gunakan layanan hosting tertentu dan mintalah fitur untuk melakukan instalasi WordPress secara otomatis. Lanjutkan dengan login ke member area kemudian pilihlah menu hosting & domain di sisi kiri atas.

Pilih pada hosting yang akan diinstall menggunakan website WordPress. Lakukan instalasi dengan klik pada menu Install. Isilah data sesuai kolom tersedia mulai dari judul dan deskripsi website, admin user sampai kata sandi penggunanya. Selanjutnya web sudah siap untuk digunakan.

2. Kelola Dashboard WordPress

Anda perlu mengelola bagian dashboard setelah berhasil mendaftarkan akun WordPress. Setiap pengguna berkesempatan untuk mengatur segala tampilan dan aturan di dalam website dengan mudah mulai dari penggantian tema, penambahan plugin dan halaman sampai penerbitan blogspot.

Caranya, tambahkan wp-admin di belakang domain. Masukkan username dan kata sandi yang sudah dibuat sebelumnya. Tampilan dashboard akan terbagi menjadi tiga yakni toolbar, navigasi dan area kerja. Bagian ketiga ada empat hal utama seperti at a glance, activity, quick draft dan wordpress news.

3. Memasang Tema WordPress

Bagi Anda yang sudah paham dengan bagian menu dari dashboard WordPress, maka selanjutnya bisa memasang temanya. Klik pada bagian menu navigasi dan Appearance. Carilah tampilan dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian agar hasilnya sesuai dengan keinginan masing-masing.

Cara lainnya pun Anda juga bisa mengunggahnya sendiri dari hasil unduhan website lain. Klik pada menu Upload Theme dan pilihlah file yang akan diunggah. Lakukan hal ini agar tampilan website sesuai dengan karakter pemiliknya. Perhatikan juga pemilihannya agar tidak terlihat terlalu berlebihan.

4. Lakukan Install Plugin

Anda juga perlu melakukan instalasi beberapa plugin yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja selama pengelolaan WordPress. Pilihannya pun sangat beragam pada CMS ini sehingga blogger hanya tinggal menyesuaikannya saja. Tipsnya yakni pilihlah beberapa saja asalkan memang dibutuhkan.

Pertama yakni Google XML Sitemaps untuk membuat sitemap pada website dengan harapan mesin pencarian bisa lebih mudah melakukan fungsi crawl konten di web Anda. Kedua ada juga Yeast SEO yang menawarkan fitur serta pilihan dalam melakukan optimasi secara lebih mudah.

5. Mulailah untuk Mengunggah Artikel

Tentu saja, Anda harus memulai untuk mengunggah artikel pada halaman WordPress setelah mempelajari beberapa tips cara membuat blog di wordpress bagi pemula ini. Caranya yakni klik pada Add New lalu tekan tombol Posts atau pilih New kemudian Post di bagian toolbar sisi atas. Tunggu sampai muncul editor blog.

Ketikkan judul artikel terlebih dahulu. Selanjutnya masukkan konten pada kolom yang tersedia. Klik di bagian menu toolbar jika ingin mengedit atau memformat teks. Beberapa opsi pada meta box yakni publish untuk mengubah status, categories saat Anda ingin menentukan kategori postingan dan lainnya

6. Buatlah Beberapa Halaman

Halaman WordPress adalah konten yang tidak akan berubah atau biasa disebut dengan istilah statis. Umumnya berisikan informasi seperti about us atau contact us. Anda pun harus membuatnya demi kepentingan info pribadi dari masing-masing penulis sehingga pengunjung dapat mengetahuinya.

Caranya klik menu Pages di navigasi WordPress. Lanjutkan dengan menekan opsi Add New. Kenali beberapa fitur di dalamnya selain tags dan categories seperti Page Attributes untuk mengubah urutan halaman serta Parent Page jika Anda ingin menyatukan halaman sekaligus sehingga terlihat lebih rapi.

Cara Optimasi Blog WordPress

Cara Optimasi Website menggunakan SEO

Cara membuat akun WordPress tidak berhenti sampai situ saja. Anda pun harus melakukan beberapa langkah optimasi demi memaksimalkan kinerjanya. Harapannya agar artikel mampu berada di posisi teratas dengan banyaknya kunjungan dari pengguna internet.

Patut Dibaca : Cara Promosi Website Menggunakan Google Ads

1. Lakukan Instalasi Beberapa Caching

Lagi-lagi, Anda memang perlu untuk menginstall beberapa plugin pada akun WordPress masing-masing. Tidak hanya berfungsi dalam meningkatkan SEO website saja, namun juga harus mencakup fungsi lainnya seperti cacing satu ini dimana sangat berkaitan dengan kepuasan pengunjung web.

Plugin caching ini memiliki fungsi untuk membuat halaman statis dari website Anda dan mengirimkannya sehingga web tidak memerlukan waktu loading yang lama. Tentunya hal ini bertujuan agar para pengunjung bisa membaca artikel tanpa harus banyak menunggu.

2. Pastikan gambar yang Digunakan sudah Maksimal

Cara Desain Blog yang Keren dan Menarik

Penulisan artikel di dalam website tentu tidak akan jauh-jauh dari adanya gambar. Anda pun pasti sudah mengetahui mengenai hal ini. Jadi setiap pemilik akun WordPress harus memastikan lagi jika foto atau ilustrasi yang digunakan sudah teroptimasi dengan baik.
Perlu Anda ketahui bahwa optimasi gambar yang dilakukan nyatanya akan membantu website mampu loading lebih cepat. Pasalnya foto atau ilustrasi tersebut diunggah dalam ukuran lebih kecil namun tetap memiliki kualitas sama.

Demikian ulasan mengenai cara membuat akun WordPress sekaligus untuk melakukan optimasi selama Anda mengelolanya. Sebenarnya masih banyak langkah mengoptimasi yang lain dimana sebagai pemilik blog harus selalu belajar agar selalu maksimal saat menjadi blogger. Namun pastikan juga memiliki sebuah strategi yang jitu.

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]

%d blogger menyukai ini: